7+ Cara Mengatasi Sayangnya, Telegram Telah Berhenti

Sayangnya, Telegram Telah Berhenti
Ada beberapa masalah Telegram yang sering muncul. Contohnya seperti Sayangnya, Telegram telah Berhenti atau Unfortunately Telegram has Stopped.

Jika kamu klik OK, nantinya aplikasi Telegram akan otomatis tertutup. Umumnya, masalah ini bisa terjadi lebih dari sekali. Sehingga sangat mengganggu ketika kamu sedang menggunakan aplikasi tersebut.

Namun kamu tidak perlu terlalu khawatir. Karena di sini saya akan menjelaskan dengan lengkap cara mengatasi Sayangnya, Telegram telah berhenti.

Contents

Penyebab Error Sayangnya, Telegram Telah Berhenti

Penyebab Sayangnya, Telegram Telah Berhenti

Secara umum, masalah Telegram
error tersebut disebabkan oleh beberapa hal. Sehingga pesan Sayangnya, Telegram telah berhenti bisa terus muncul di HP kamu.

Ini dia beberapa penyebabnya:

  • Pemakaian RAM yang berlebihan
  • Ruang kosong memori penyimpanan internal tersisa sedikit
  • Cache aplikasi Telegram penuh
  • Koneksi internet kurang memadai
  • Sudah lama tidak update aplikasi Telegram
  • Ada masalah pada sistem HP kamu

Baca Juga: Cara Mengatasi Tidak Bisa Video Call Di Line

Cara Mengatasi Sayangnya, Telegram Telah Berhenti

Mengingat penyebabnya bermacam-macam, maka cara mengatasinya juga berbeda. Tergantung dari apa penyebabnya.

Berikut akan saya jelaskan beberapa cara mengatasi Sayangnya, Telegram Telah Berhenti:

1. Restart HP

Restart HP

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah
Restart HP lebih dulu. Karena terkadang sistem HP yang kita gunakan bisa mengalami error. Sehingga membuat beberapa aplikasi berjalan tidak normal, termasuk Telegram.

Nah, oleh karena itu kamu bisa coba restart HP. Setelah di restart, kamu bisa tunggu beberapa saat. Lalu coba buka aplikasi Telegram kembali.

2. Tutup Semua Aplikasi

Tutup Semua Aplikasi

Terkadang kita senang melakukan multi-tasking atau membuka beberapa aplikasi di satu waktu. Aktivitas ini sebenarnya kurang disarankan, karena bisa membebani RAM HP kamu.

Belum lagi, jika ada aplikasi yang berjalan di latar belakang. Maka ruang kosong tersisa di RAM HP kamu akan semakin sedikit. Dan hal inilah yang membuat munculnya error tersebut.

Jadi, sebaiknya kurangi aktivitas multi-tasking dan coba Tutup Semua aplikasi berjalan.

3. Update Aplikasi Telegram

Update Aplikasi Telegram

Umumnya aplikasi yang terpasang harus mendapatkan update versi rutin. Hal ini untuk meminimalisir adanya error dari fitur yang malfungsi.

Oleh karena itu, kamu bisa cek apakah ada versi terbaru dari Telegram atau tidak. Jika sudah ada, maka kamu dapat melakukan Update aplikasi Telegram dulu.

Baca Juga: Cara Mengatasi DM Instagram Error

4. Periksa Ruang Kosong Di Memori Internal

Sisakan Ruang Kosong Memori Internal

Selain RAM, ruang kosong di memori internal juga wajib kamu perhatikan. Karena kalau sudah semakin sedikit, umumnya akan membuat beberapa fungsi aplikasi menjadi tidak berfungsi.

Supaya bisa mengosongkan ruang di memori internal, kamu bisa menghapus beberapa data tidak terpakai. Misalnya seperti foto, video atau file dokumen yang sudah usang.

Atau alternatif lainnya, kamu bisa backup beberapa data tersebut ke PC / Harddisk / cloud storage.

5. Hapus Cache Telegram

Cache berfungsi untuk menyimpan data aplikasi. Sehingga begitu kamu membuka aplikasi tersebut, proses load-nya akan lebih cepat.

Namun, semakin menumpuk cache aplikasi bisa membuat masalah yang dapat muncul. Contohnya seperti masalah Sayangnya, Telegram Telah Berhenti tersebut.

Jadi, disarankan untuk membersihkan cache aplikasi secara rutin. Berikut ini cara hapus cache Telegram:

1. Jalankan Pengaturan dan pilih Aplikasi.

Buka Pengaturan Aplikasi

2. Cari aplikasi Telegram » ketuk menu Penyimpanan.

Buka Penyimpanan Telegram

3. Tekan Hapus Memori untuk membersihkan cache Telegram.

Hapus Cache Telegram

4. Selesai.

6. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Pastikan Koneksi Internet Lancar

Supaya bisa berkomunikasi di Telegram, kamu harus menggunakan internet yang stabil. Jika tidak, biasanya fitur-fitur di Telegram jadi tidak bisa kamu gunakan.

Bahkan bisa saja muncul error seperti masalah di atas. Maka dari itu, sekarang kamu bisa cek dulu koneksi internet yang dipakai. Jika kurang stabil, kamu bisa ganti ke provider lainnya lebih dulu.

7. Instal Ulang Telegram

Instal Ulang Telegram

Terakhir, kamu bisa melakukan instal ulang aplikasi Telegram jika error tersebut terus muncul. Kenapa harus instal ulang? Karena ada kemungkinan terdapat data korup di aplikasi tersebut yang terpasang di HP kamu.

Maka dari itu untuk mengganti data korup, kamu harus melakukan instal ulang. Setelah instal ulang, nantinya aplikasi Telegram bisa berjalan normal kembali.

Akhir Kata

Silahkan coba beberapa cara mengatasi Sayangnya, Telegram Telah Berhenti di atas. Jika masih muncul, kamu bisa tanyakan ke saya melalui kolom komentar.

Atau ada yang mau sharing terkait cara mengatasi di atas, juga boleh kirim lewat komentar di bawah ya. Sekian dari saya, Terimakasih!

Kenapa aplikasi sering berhenti sendiri?

Sama seperti penyebab Sayangnya, Telegram Telah Berhenti. Umumnya disebabkan karena pemakaian RAM berlebihan, sedikitnya ruang kosong memori penyimpanan internal, cache menumpuk, internet tidak stabil dan lainnya.

Apakah perlu menghapus data tersimpan di cloud storage Telegram jika mengalami error tersebut?

Tidak harus. Namun kalau ada data tersimpan di cloud storage Telegram yang tidak terpakai, disarankan untuk dihapus saja.

Adakah saran untuk menghindari Sayangnya, Telegram Telah Berhenti di lain waktu?

Kamu bisa mengosongkan memori internal, seperti menghapus data dan aplikasi tidak terpakai. Juga tidak melakukan multi-tasking supaya kapasitas RAM tetap terjaga. Selalu bersihkan cache Telegram juga secara rutin.

 

Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.

20 komentar

  1. Akhirnya ketemu juga solusi buat masalah telegram yang kadang ada masalah. Next bisa diaplikasikan nih kak. Thanks ya
  2. Bisa ini dicoba caranya kakak. Beberapa waktu lalu IGku juga kaya gini, apa solusinya juga bisa diterapin di IG ya kak? ❤️
  3. Masalah umum sih, gadget yang lawas, memory ram terbatas, cache yang berlebihan, tidak update membuat aplikasi bermasalah.
  4. Terima kasih sharing tips nya ya.. Saya bukan pengguna telegram sih, tapi tulisan ini bisa jadi rujukan bila suatu saat nanti menggunakannya dan menemui masalah ini..
  5. jarang sih saya ketemu masalah sayangnya ini. mungkin karena memang kurang aktif di telegram kali ya. makasih infonya kak
  6. Alhamdulillah aku belum pernah menjumpai ini meskipun dulu hp juga sempat penuh. Soalnya, meskipun sama-sama banyak grup dan channel baik telegram maupun WA, namun aku menghapus berkala pesan-pesan yg kiranya tak penting
  7. Terimakasih informasinya. Saya punya masalah nih no yg saya pakai, tiba-tiba terdeteksi instal telegram, padahal saya gak melakukan. Bagaimana cara ngambil telegram yang menggunakan no hp saya itu?

    Terimakasih
  8. cache tiap aplikasi itu memang memberatkan ya, jadi bayangan kalo tiap aplikasi ada cache nya dan ga dibersihin berkala, kaya apa beratnya tu hape, dan kita cuma nyalah-nyalahin hapenya lemot, padahal kita yang ga rajin buang sampah, eh itu aku huhu
  9. Telegram ini kayaknya sering masalah karena foto dan video di percakapan tidak bisa dihapus, ya. Btw makasih sarannya.
  10. Telegram ini juga lumayan makan banyak memori yah. Memang kudu sering bersihin chache.
  11. Cache memang sering bikin memori data full, ya kak.
    Sebagai emak gaptek sering juga sih takut salah pencet dan akhirnya cache menumpuk alhasil lemot Hp-nya.
    Makasih sharingnya kak, akhirnya jadi tahu bagaimana cara menghilangkan memori cache.
  12. Belum terbiasa menggunakan telegram. Jadi begitu ya kalau telegram berhenti. Siapa tahu perlu diupdate, siapa tahu memory kita penuh, dll. Terima kasih ya, sudah share cara ini.
  13. Kalau saya, masih pakai Telegram juga, Session dan Utopia
  14. Oh begitu, alhamdulillah selama pakai Telegram tidak sampai bermasalah. Tapi karena memang jarang tengok juga.

    Terima kasih infonya, Kak. Bisa disimpan, kalo misal nantinya bermasalah
  15. Alhamdulillah , belum pernah ngalamin error sih telegram ku. Mungkin karena aku jarang pake ya. Terima kasih kak informasinya, bermaanfaat banget.
  16. Akhirnya ada pencerahan mengenai telegram yang notifnya selalu datang berulang2 bkin sebel aku bakal coba nih tips2nya mkasih ya kak sudah berbagi
  17. Kalau untuk aplikasi ini Alhamdulillah berjalan lancar di saya. Karena berusaha sebelum install aplikasi apapun memorinya di kosongkan dulu biar pas menjalankan aplikasi lebih lancar
  18. Terima kasih..
    Sepertinya permasalahan ini yang sedang aku hadapi. Soalnya tele-ku bener -bener rewel sehingga aku lebih memilih menyerah menggunakan tele dan hanya punya wa.

    Tapi kalau tau cara memperbaikinya melalui artikel ini, aku bakalan coba. Agar aktif di tele lagi.
  19. Baru-baru ini saya coba install Telegram. Sebetulnya belum terlalu explor fitrurnya. Wah, ini bisa jadi tips yang berguna. Makasih banyak ya.
  20. Aplikasi berhenti sendiri itu bikin sebel yaa kak apalagi lgi scroll info penting nihh... Lewat tulisan ini, aku jadi tau apa solusi jika nanti tiba2 tele aku berhenti mendadak, terimakasih udah berbagi ya kak.