7 Cara Mengatasi Tidak Bisa Video Call Di LINE

Cara Mengatasi Tidak Bisa Video Call Di Line

Ada banyak aplikasi chatting yang bisa kita gunakan saat ini. Mulai dari WhatsApp, Telegram, KakaoTalk dan juga LINE.

Namanya aplikasi chatting, pastinya kita tahu ya fungsinya untuk berkirim pesan (chat) atau menelepon orang lain (call). Selain itu, fitur utama pada aplikasi chatting sekarang adalah adanya panggilan tatap muka atau biasa di sebut video call.

Btw, tentang fitur video call di LINE ini ternyata banyak yang mengalami kendala, sehingga mereka tidak bisa menggunakannya.

Nah, bagi kamu yang mengalami hal serupa jangan panik dulu ya. Soalnya, disini saya ingin menjelaskan cara untuk mengatasi tidak bisa video call di LINE.

Contents

Apakah Line Bisa Untuk Video Call?

Tentu bisa, karena LINE sama seperti aplikasi chatting lainnya. Entah itu WhatsApp ataupun Telegram. Sedangkan kalau LINE kamu tidak bisa video call, biasanya sih ada suatu hal yang menyebabkan masalah tersebut muncul.

Lalu apa saja penyebab tidak bisa video call di LINE?

  • Bug sistem perangkat atau aplikasi
  • Menggunakan versi LINE lawas
  • Belum mengizinkan penggunaan kamera perangkat di aplikasi LINE
  • Mungkin internet kamu sedang tidak stabil
  • Terjadi kerusakan pada kamera depan perangkat kamu

Itulah beberapa penyebab yang membuat kenapa video call tidak bisa di LINE. Masing-masing perangkat, punya penyebab yang berbeda ya.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Video Call Di Line

Kalau kamu sudah lihat beberapa penyebabnya, mungkin sudah tahu langkah apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki masalah tersebut.

Tapi kalau masih bingung, tenang saja. Kamu bisa lihat beberapa cara mengatasi tidak bisa video call di LINE di bawah ini:

1. Restart HP

Restart HP Kamu

Sebagai langkah pertama dan paling mudah, kamu bisa coba restart HP lebih dulu. Karena seperti yang telah saya bahas di atas. Dimana penyebabnya bisa terjadi hanya karena ada bug di sistem atau aplikasi.

Kalau untuk hal ini, cara mengatasinya bisa diatasi dengan melakukan restart HP saja. Setelah itu, sistem akan di refresh dan bug yang sebelumnya terjadi bisa dipulihkan kembali.

2. Update Versi Line Terbaru

Update Aplikasi Line

Selanjutnya kamu bisa pastikan sudah update ke versi LINE terbaru. Karena bila kamu masih memakai versi lawas, biasanya bisa menimbulkan banyak masalah.

Maka dari itu, update versi diperlukan untuk bisa memperbaiki masalah-masalah tersebut yang ada di aplikasi LINE.

3. Pastikan Izin Kamera Sudah Disetujui

Setiap aplikasi harus mendapatkan perizinan untuk bisa menggunakan fitur yang ada di HP kamu. Contoh fitur yang saya maksud, seperti kamera, notifikasi, mikrofon dan sebagainya.

Nah, barangkali tidak bisanya video call di LINE kamu disebabkan belum mendapatkan perizinan tersebut. Maka dari itu, disarankan untuk dipastikan lebih dulu dengan mengeceknya.

Berikut cara cek perizinan fitur perangkat di Android:

1. Jalankan Pengaturan dan pilih menu Aplikasi.

Buka Menu Aplikasi

2. Selanjutnya cari dan pilih aplikasi LINE.

Cari Aplikasi Line

3. Lalu ketuk menu Izin.

Ketuk Menu Izin

4. Pastikan Kamera sudah berada di kolom Diizinkan.

Pastikan Kamera Telah Diberikan Izin

5. Selesai.

4. Cek Koneksi Jaringan Internet

Cek Kecepatan Internet

Koneksi jaringan internet yang sedang melambat juga bisa membuat fitur-fitur di LINE jadi tidak berfungsi. Salah satunya seperti fitur video call.

Kamu bisa cek lebih dulu, misalnya dengan tes kecepatan di situs Speedtest. Atau bisa juga dengan coba streaming video di YouTube.

Misalnya ternyata jaringan sedang tidak bagus, bisa coba ganti ke provider lain lebih dulu. Lebih bagusnya lagi sih menggunakan WiFi ya.

5. Hapus Data Aplikasi Line

Hapus data aplikasi menjadi pilihan yang tepat ketika kamu mengalami masalah. Karena dengan menghapus data, umumnya semua cache dan data login kamu akan terhapus.

Sehingga aplikasi tersebut akan seperti saat baru di install kembali. Nah, berikut ini cara hapus data aplikasi Line di Android:

1. Buka Pengaturan.

2. Pilih menu Aplikasi.

Buka Pengaturan Aplikasi

3. Kemudian ketuk aplikasi LINE.

Pilih Aplikasi Line

4. Lalu ketuk menu Penyimpanan.

Buka Menu Penyimpanan

5. Terakhir pilih Hapus Data dan ketuk Hapus.

Hapus Data Line

6. Selesai.

6. Install Ulang Aplikasi Line

Reinstall Aplikasi Line

Kalau masih tidak bisa, disarankan untuk install ulang aplikasi LINE tersebut. Karena ada kemungkinan terdapat data yang corrupt. Sehingga fitur-fiturnya menjadi tidak berfungsi secara normal.

Sedangkan kalau kamu melakukan install ulang, nantinya data-data tersebut akan diperbarui.

7. Pastikan Kamera Depan Tidak Bermasalah

Terakhir kamu bisa pastikan juga, apakah kamera depan di HP tersebut bermasalah atau tidak. Karena bisa jadi yang bermasalah bukan aplikasinya, melainkan kamera di HP kamu.

Untuk mengetesnya, kamu bisa coba foto selfie dengan kamera depan. Atau bisa juga dengan melakukan video call lewat aplikasi chatting lainnya.

Akhir Kata

Kesimpulannya, LINE bisa melakukan video call seperti aplikasi chatting lainnya. Hanya saja, terkadang fitur video call mengalami masalah yang disebabkan oleh beberapa hal yang telah kita bahas di atas.

Sedangkan untuk cara mengatasi tidak bisa video call di LINE, kamu bisa coba beberapa cara yang telah saya bagikan. Asalkan tidak ada kerusakan dari kamera depan HP kamu, seharusnya si beberapa cara di atas bisa mengatasi masalah tersebut.

Sekian, Terimakasih.

Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.

25 komentar

  1. apa masih ada ya yang pakai LINE, serius udah lama banget gak pake Line, teman2 juga udah gak ada yang pake LINE, padahal dulu senang banget chit chat disini, suka gambar2nya, heheh
  2. Udah lama ngga pakai Line. Ternyata di luar negri masih pada pakai. Stickernya itu khas ya.
  3. Meskipun saya bukan pengguna Line, sebenarnya kalau pengaturan aplikasinya sudah di setting 'update otomatis' agar selalu menerima update, tentunya masalah tidak bisa video call itu tidak akan terjadi
  4. aku pengguna LINE cuma jarang banget sekarang pake. Sebenarnya LINE ini asiknya karena UI nya menarik.
  5. Dah lama gak pakek line soalnya makan space gede. Bagus banget nih infonya
  6. Aku punya Line tapi udah lama banget ga dibuka untuk interaksi :D
    thanks infonya, kapan waktu terkendala di line bisa dicoba
  7. Wah masih pakai LINE ya kak udah lama banget nggak pakai LINE ini tapi makasih ya solusinya
  8. Dulu saya pakai LINE, sekarang udah lama ga buka LINE dan jadi keingetan nih hehe, thanks loh sharing solusinya
  9. Gereja saya pakai LINE video call buat ibadah. Saya sendiri jarang banget pakai LINE.
  10. Wah bagus banget nih tipsnya, ntar saya coba ya kak
  11. Saya jarang banget pakai Line, selain ga ada teman yang pakai, tapi bagaimanapun juga terima kasih tipsnya bermanfaat lo
  12. Kebetulan sudah lama gak pake aplikasi yang satu ini, Tapi masih ada satu fitur line yang manfaat banget sih menurut saya, yaitu fitur split bill-nya hehehe, bisa bantu menghitung dan memecah tagihan. Btw, makasi tips-nya ya Kak.
  13. Makasih tipsnya kak, belum pernah nyoba vc pake line juga sih. Btw ini sama yola ya kak
  14. Wah sudah lama tidak pakai Line, dulu sering pakai pas di Thai. so far lancar sih VC-nya
  15. aku masih pakai Line tapi nggak aktif karena lebih praktis pakai WA. Cuma Line ini menariknya karena punya stiker yang lucu-lucu.
  16. Hapus data itu efektif di apk yang bermasalah. Tapi nanti mesti login lagi trus khawatir banyak percakapan atau data yang disimpan jadi hilang.
  17. Langsung saya coba setiap langkahnya, ternyata masalahnya ada di perizinan aplikasi Line untuk menggunakan kamera yang belum saya izinkan. Terima kasih informasinya kak
  18. Udah lama banget loh aku gak pakai LINE. Dulu dia aplikasi chat paling menarik karena bisa jadi socmed juga, sebelum Whatsapp punya status update. Ditambah lg stikernya lucu dan gemasss. Sekarang aku udah gak pernah pakai LINE lagi siiih
  19. Informasinya bermanfaat, walau pun gw gak pakai line sih.
  20. Aplikasi Line ini 3nak sebenarnya, anti nge lag pula. Cuman aku jarang pakek juga karena teman² jarang pake juga
  21. Jujur sekarang udah ga pake Line. Tp artikelnya sangat bermanfaat untuk pengguna Line yang sering kali kesulitan melakukan video call. thanks ka sudah sharing
  22. rajin clear cache sama history banyak manfaatnya ya buat aplikasi, dan jadi kunci ampuh juga buat mengatasi masalah
  23. Terima kasih.
    Karena berbagai apps ini tentunya punya keunikan masing-masing ya..
    Termasuk line yang memungkinkan terhubung dengan lebih luas. Tapi line ini termasuk salah satu apps yang jarang banget aku buka.
  24. Line itu terkadang suka ngelag apalagi kalo udh banyak grup. Jadi keinget dlu pas masi ada square semuanya jadi lag kl udh mau cepet2. Tp kayanya sekarang udh aman si, kalo misal lag lgsung clear chace sajaa
  25. Berapa tahun yang lalu aku pake line stickernya lucu2 bgt ya, tapi skr uda jrg bgt pakenya