10+ Cara Mengatasi DM Instagram Error

Cara Mengatasi DM Instagram Error

Instagram memiliki fitur Direct Messages (DM) yang berfungsi untuk mengirim pesan sesama pengguna. Melalui fitur DM ini, kamu bisa mengirim pesan berupa teks, gambar, video, audio, file PDF dan juga postingan Instagram.

Tapi fitur DM Instagram ini juga beberapa kali bermasalah. Contohnya seperti tidak bisa mengirim, menerima atau membuka pesan. Bisa dibilang, masalah ini cukup mengganggu sih.

Nah lalu apa penyebab dan cara mengatasi DM Instagram error? Semuanya akan saya jelaskan dengan lengkap di sini, silahkan kamu simak ya.

Contents

Penyebab DM Instagram Error

Bagi beberapa pengguna mungkin akan bertanya. Mengapa DM Instagram error?

Sebenarnya semua fitur pada aplikasi pasti pernah mengalami error. Sehingga tidak bisa berfungsi secara semestinya. Masalahnya sendiri bisa bermacam-macam.

Kalau untuk penyebab DM Instagram error, bisa kamu lihat di bawah ini:

  • Ada bug atau error di sistem HP
  • Koneksi internet mungkin sedang kurang stabil
  • Server Instagram sedang down
  • Cache Instagram menumpuk
  • Belum mengizinkan akses fitur ke Instagram
  • Aplikasi Instagram di HP kamu corrupt
  • Bisa jadi terkena limit karena kamu spam DM
  • Atau akun Instagram kamu diblokir pengguna yang ingin di DM

Cara Mengatasi DM Instagram Error

Setelah kamu tahu apa saja penyebab DM Instagram error, sekarang saya akan menjelaskan cara untuk mengatasinya.

Kamu bisa coba satu per satu cara yang saya akan jelaskan. Terutama kalau kamu tidak tahu masalah DM Instagram kamu error dari mana.

Berikut cara mengatasi DM Instagram error:

1. Restart HP

Restart HP

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah restart HP. Restart HP ini berfungsi untuk menyegarkan sistem di perangkat kamu.

Misalnya kalau ada sistem bug di HP kamu, maka bisa membuat fitur di aplikasi yang terinstal menjadi tidak berfungsi secara normal.

Oleh karena itu, diperlukan restart supaya sistem di HP kamu bisa disegarkan kembali.

2. Cek Koneksi Internet

Cek Koneksi Internet

Instagram memerlukan koneksi internet yang cukup baik untuk bisa mengakses fitur-fiturnya, termasuk DM. Kalau koneksi kamu sedang buruk, biasanya membuat DM menjadi tidak bisa berfungsi.

Contohnya jika kamu mengirim pesan di koneksi yang buruk. Maka pesan yang kamu kirim akan di pending sampai koneksi internet kamu lancar kembali. Begitupun ketika ada pesan masuk.

Jadi disarankan cek lebih dulu koneksi internet kamu. Kalau ternyata kurang baik, bisa ganti ke internet provider lainnya.

3. Pastikan Server Instagram Tidak Down

Periksa Server Instagram

Instagram juga beberapa kali pernah mengalami down server. Sehingga membuat aplikasi tersebut menjadi lemot bahkan tidak bisa diakses seperti biasanya.

Nah untuk mengecek server Instagram sedang down atau tidak kamu bisa mencobanya di situs IsItDownRightNow. Kemudian pilih Instagram, lalu cek apakah sedang down atau tidak.

Kalau sedang tidak down, akan muncul notif UP seperti gambar di atas.

4. Bersihkan Cache Instagram

Banyak aplikasi yang fiturnya tidak berfungsi dikarenakan cache yang menumpuk. Hal ini juga berlaku di Instagram.

Terlebih lagi jika kamu sering menggunakan aplikasi Instagram dalam kurun waktu yang lama. Hal ini tentunya bisa membuat cache lebih cepat menumpuk.

Tapi tidak usah khawatir, karena kamu bisa hapus cache Instagram seperti berikut:

1. Buka Pengaturan pilih Aplikasi.

Buka Pengaturan Aplikasi

2. Cari aplikasi Instagram.

Pilih Instagram

3. Ketuk menu Penyimpanan.

Buka Penyimpanan

4. Lalu ketuk Hapus Memori dan pilih Hapus Data.

Hapus Data Instagram

5. Terakhir, ketuk Hapus untuk membersihkan cache Instagram.

Bersihkan Cache Instagram

5. Cek Status Perizinan Instagram

Beberapa aplikasi memerlukan akses fitur perangkat supaya bisa berfungsi dengan baik. Karena kalau tidak diizinkan, biasanya fitur dari aplikasi tersebut menjadi tidak dapat difungsikan.

Nah, mungkin saja penyebab DM Instagram kamu tidak bisa digunakan karena belum diberikan izin. Jadi, kamu bisa cek lebih dulu ya.

Berikut cara cek status perizinan Instagram:

1. Jalankan Pengaturan dan pilih menu Aplikasi.

Jalankan Menu Aplikasi

2. Setelah itu cari aplikasi Instagram.

Buka Instagram

3. Ketuk menu Izin.

Ketuk Menu Izin

4. Lalu pastikan beberapa fitur perangkat telah Diizinkan untuk diakses Instagram.

Periksa Perizinan Instagram

6. Pastikan Tidak Spam DM Ke Pengguna Lain (Terkena Limit)

Pastikan Belum Sampai Limit

Instagram memiliki sistem baru untuk fitur DM. Dimana, Instagram membatasi pengguna untuk mengirimkan pesan DM untuk menghindari spam.

Jika kamu telah mengirim pesan DM mencapai angka yang dibatasi Instagram. Maka kamu tidak bisa mengirim pesan DM lagi di hari tersebut.

Umumnya, setiap akun memiliki batas mengirim 100 pesan DM per hari. Jika melebihi itu, kamu harus menunggu keesokannya untuk mendapatkan kuota kirim pesan DM Instagram lagi.

7. Coba Kirim DM Ke Pengguna Lain (Pastikan Tidak Diblokir)

Pastikan Tidak Diblokir

Lalu kamu harus pastikan juga kalau akun Instagram tersebut tidak di blokir oleh si penerima pesan. Karena kalau di blokir, maka DM yang kamu kirim ke pengguna tersebut tidak akan berhasil.

Cara mengetahuinya, biasanya sih terlihat dari profil dari pengguna yang ingin kamu kirim DM. Kalau foto profilnya default. Biasanya akun Instagram kamu telah di blokir.

8. Install Ulang Instagram

Uninstal Instagram

Meskipun jarang terjadi, Instagram juga bisa mengalami corrupt data. Sehingga membuat aplikasinya tidak bisa berjalan normal. Entah tidak bisa dibuka atau bermasalah pada fitur-fiturnya.

Oleh karena itu, kamu juga bisa coba instal ulang aplikasi Instagram. Karena dengan melakukan instal ulang, nantinya semua data yang corrupt akan diganti.

9. Gunakan Instagram Versi Website

Buka Instagram Website

Kamu bisa juga cek dengan membuka Instagram melalui website resminya. Lalu kamu bisa coba mengirim pesan atau membuka fitur DM di Instagram versi website tersebut.

Kalau di Instagram website tidak bermasalah. Berarti kendalanya ada di aplikasi Instagram kamu. Sehingga bisa kamu coba instal ulang.

10. Pakai Instagram Lite

Buka Instagram Lite

Selain Instagram website, sebenarnya kamu bisa juga coba di aplikasi Instagram Lite. Sekilas, Instagram Lite adalah sebuah versi sederhana dari Instagram reguler.

Dimana ukuran Instagram Lite jauh lebih kecil. Tapi Instagram Lite kini telah memiliki fitur DM. Sehingga kamu bisa coba login di Instagram Lite dan mengakses fitur dari DM tersebut.

Kalau tidak ada masalah di Instagram Lite, maka kamu bisa gunakan aplikasi tersebut sementara waktu. Sampai fitur DM di Instagram reguler bisa berfungsi kembali.

11. Laporkan Ke Developer Instagram

Sebenarnya Instagram terbuka kepada penggunanya jika kita menemukan bug. Dimana kamu dapat mengirimkan laporan terkait bug tersebut di salah satu fitur Instagram.

Biasanya dengan adanya laporan bug ini, pihak Instagram bisa segera melakukan pengecekkan. Dan jika ada kesalahan di sistem mereka, maka akan segera diperbaiki.

Mungkin saja masalah pada DM Instagram yang kamu alami ini disebabkan bug aplikasi. Sehingga boleh-boleh saja mengirim laporan ke developer Instagram.

Kalau kamu belum tahu cara mengirim laporan ke developer Instagram, bisa lihat caranya di bawah ini:

1. Buka Instagram, ketuk tab Profile dan pilih Pengaturan & Privasi.

Pilih Pengaturan dan Privasi

2. Kemudian ketuk menu Bantuan.

Ketuk Menu Bantuan

3. Pilih Laporkan Masalah.

Laporkan Masalah Instagram

4. Ketuk menu Laporkan Masalah Tanpa Menggoyang.

Pilih Laporkan Masalah Tanpa Menggoyang

5. Lalu ketuk tombol Sertakan dan Lampirkan.

Pilih Sertakan dan Lanjutkan

6. Isi secara singkat masalah DM Instagram yang kamu alami dan sertakan foto-nya.

7. Kalau sudah, ketuk Kirim.

Laporkan Masalah Ke Instagram

Akhir Kata

Seperti itulah cara mengatasi DM Instagram error. Baik itu yang disebabkan sistem HP, aplikasi Instagram, koneksi internet dan lainnya.

Kamu bisa tanyakan bila ada yang kurang dipahami dengan mengirim pesan di kolom komentar di bawah ini. Sekian dari saya, Terimakasih.

Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.

24 komentar

  1. Wah banyak jalan menuju ke Roma nih. Banyak cara mengatasi DM IG yang error. Saya pribadi belum pernah sih ngalamin, tapi perlu banget tahu juga hal ini, takutnya besok-besok kbagian error juga. Terimakasih sharingnya, kak
  2. Terima kasih infonya, ternyata banyak hal yang bikin error IG. Saya sendiri jarang buka
  3. keren kak, komplit banget artikelnya. yg paling sering lupa sih bersihin cache kayanya
  4. Oalah ternyata seperti ini to caranya, mksh lho udah berbagi dan moga g error lagi
  5. boleh nih di save siapa tahu suatu saat butuh hihi. thank you kak
  6. Terima kasih informasinya kak. Belum pernah ngalamin sih DM instagram error. Saya simpan infonya kalau suatu saat membutuhkan.
  7. Kalau menghadapi masalah DM instagram error, biasanya langsung memeriksa koneksi internet dulu, setelah itu coba restart hape.
    Kalau masih bermasalah, biasanya langsung saya serahkan pada pak suami untuk diperbaiki hehehe
  8. Infonya menarik. Meskipun jarang main di IG. Tapi kalau ada info ini bisa jadi antisipasi saja kalau DM nya error
  9. Duh beberapa hari ini Instagram saya juga nge-lag banget, notifnya bisa masuk berulang-ulang dan kadang kalau mau repost reels ke story loading nya lama dan ujung-ujungnya gagal . Mungkin bisa diperbaiki dengan cara di atas juga kali ya 🤔
  10. Belum pernah sih ngalamin DM instagram error. Tp jd nambah ilmu nih klo sewaktu² kejadian. Thanks sharingnya kak
  11. Wah ternyata DM IG bisa error juga ya? Sejauh ini sih kalau DM baik2 saja, tapi yang sering tiba2 suka kebanned sendiri ma IG. Kalau DM terus terang jarang ngecekin, paling ketika lagi update IG story baru nyoba masuk DM. Tapi btw terima kasih infonya, jd tahu buat jaga2 kalau sewaktu2 DM IG error :D
  12. Belum pernah ngalamin sih kalo dm ig eror, tapi temen kemarin ada yg eror makanya aku cari cari penyebab nya. Ternyata dari hp ya
  13. Terima kasih informasinya, Kak. Penting banget ini. Akan tetapi, aku berharap semua medsosku baik-baik sajalah ya. Lha itungannya aku kan emak gaptek.Pusing ntar klo ada masalah.
  14. Waaah, baru tahu sekarang IG ada pembatasan jumlah pengiriman DM. Bagus, deh. Pesan-pesan spam di DM itu memang ngeselin.
  15. Aku belum pernah ngalamin DM Ig error sih tapi kalo pas lagi log in gak bisa sering walaupun passwordnya udah pas, tapi dengan adanya tips ini bisa jadi lis gimana kalo suatu waktu IG DM bisa eror
  16. Wah terima kasih infonya. Walau sampai sekarang belum pernah sih DM error. Yang pernah justru akun gak bisa balik gara-gara two authentification factor
  17. Yang sering tak lakukan biasanya restart HP atau clear cache kalau memang app tiba² hang atau err. Tapi kalau DM ini jarang err, yg sering malah tiba-tiba app close sendiri. Ada solusi enggak min?? ❤️❤️
  18. Aku belum pernah mengalami sih kalau DM error, tapi kalau Instagramnya ngehang lumayan cukup sering. Aku juga biasanya hapus memori atau data baru deh bisa lagi. Tapi aku jadi tahu nih kalau someday DM aku error aku bisa coba beberapa cara ini.
  19. kalo menurut saya, biasanya DM error kebanyak cache yg numpuk jadi emang harus rutin dibersihin bahkan kadang juga buka IG langsung ngehang krn kebanyakan cache, hi
  20. Wah pengetahuan baru nuh kak tentang cara atasi trouble di IG terima kasih banyak kak bermanfaat banget
  21. Nice artikel kak, walau belum pernah mengalami dm error tetapi terkadang banyak pengguna yang merasakan error ataupun lemot jadi sangat bermanfaat nah:))
  22. Instagram saya sepi haha... Udah lama ngga posting. Dm pun kayak ruko kosong.. mungkin kalo dibiarin bakal diisi mixue.
  23. Alhamdulillah sejauh ini masih aman saja menggunakan instagram. Belum nemu error but akun udah tahu caranya saat suatu saat nanti error. Thanks kak
  24. Pernah juga ngalamin kendala seperti ini. Terkadang kalau tutorial yang disampaikan belum ada hasil, mungkin pihak instagramnya servernya lagi down. Jadi agak lebih sabar aja hehe