Cara Membuat Hyperlink Di Telegram (Teks Jadi Link), Mudah!

Cara Membuat Hyperlink Di Telegram

Telegram adalah salah satu aplikasi chatting yang memiliki banyak fitur canggih. Mulai dari adanya bot Telegram beragam fungsi hingga dapat menambahkan efek pada pesan yang ingin kamu kirim.

Efeknya mulai dari Bold, Italic, Mono, Underline hingga Hyperlink. Mengenai adanya efek hyperlink, saya rasa ini sangat bermanfaat, lho.

Kenapa? Karena kamu bisa menyisipkan link tertentu ke dalam suatu kata atau kalimat. Sehingga, pesan yang ingin kamu kirim akan terlihat lebih rapi dibandingkan jika harus mengirim link utuh.

Nah, tertarik ingin tahu cara membuat hyperlink di Telegram? Kalau begitu langsung kamu perhatikan saja artikel saya di sini ya!

Contents

Apa Itu Hyperlink di Telegram?

Hyperlink adalah sebuah fitur di suatu aplikasi yang berfungsi untuk menghubungkan satu elemen tertentu ke elemen lainnya. Kalau di Telegram, elemennya berarti teks dan link.

Dimana teks (kata atau kalimat) di Telegram akan ditautkan dengan link yang ingin kamu tuju. Sehingga teks atau pesan yang kamu kirim lewat Telegram akan lebih rapi ketika dibaca oleh pengguna lainnya.

Contohnya seperti ini:

Sebenarnya cara membuat bot selamat datang di Telegram itu sangat mudah, lho. Karena kamu hanya perlu mengundang bot ke grup, konfigurasi, aktifkan fitur, buat pesan sambutan dan fungsi bot selamat datang akan aktif otomatis.

Kalau tidak pakai hyperlink akan seperti ini:

Sebenarnya cara membuat bot selamat datang di Telegram itu sangat mudah, lho. Karena kamu hanya perlu mengundang bot ke grup, konfigurasi, aktifkan fitur, buat pesan sambutan dan fungsi bot selamat datang akan aktif otomatis.

Kurang lebih cara lengkapnya bisa kamu lihat di: https://www.mangtoypedia.com/2023/09/cara-membuat-bot-selamat-datang-telegram.html

Gimana? Tentu lebih rapi ketika menggunakan fitur hyperlink kan ya? Yap, jadi inilah fungsi utama penggunaan hyperlink di Telegram.

Tujuan Membuat Hyperlink Telegram

Menggunakan hyperlink di Telegram sebenarnya ada banyak manfaatnya. Tidak hanya dari segi pembaca teks hyperlink tersebut saja, melainkan si pengirim juga mendapatkan manfaat.

Lalu apa saja sih tujuan membuat hyperlink Telegram?

1. Mempermudah Pembaca Memahami Isi Pesan

Tujuan utama dari adanya hyperlink adalah untuk membuat pembaca pesan lebih mudah memahami isi pesan tersebut. Karena pesan yang menggunakan hyperlink bisa membuatnya menjadi lebih rapi ketika dibaca.

2. Membuat Pembaca Tertarik Klik Link

Secara umumnya, teks yang disisipkan kata hyperlink hanya berupa penjelasan singkat saja. Sedangkan kalau ingin lebih lengkapnya, maka si pembaca harus klik hyperlink tersebut.

Nah, jika memang pembaca pesan di Telegram tertarik ingin mendapatkan informasi lebih. Mereka tentunya akan klik link yang kamu sisipkan ke isi pesan di Telegram.

3. Meningkatkan Traffic Link

Jika kamu adalah seorang blogger, maka akan mendapatkan keuntungan tambahan yaitu meningkatnya traffic dari link yang disisipkan tersebut.

Cara Membuat Hyperlink Di Telegram

Selanjutnya kita akan membahas cara membuat hyperlink di Telegram. Karena fitur hyperlink ini sendiri sudah ada di Telegram, maka cara membuatnya sangat mudah.

Dimana kamu tidak perlu menggunakan bot atau aplikasi pihak ketiga supaya bisa membuat hyperlink di pesan Telegram tersebut.

Langsung saja ya, ini dia cara membuat hyperlink di Telegram:

1. Tuliskan Pesan Di Telegram

Buat Pesan Di Telegram

Pertama kamu bisa buka aplikasi Telegram lebih dulu. Kemudian cari teman atau grup dan isi pesan sesuai keinginan kamu.

Lalu Buat Pesan CTA (Call to Action) yang membuat si pembaca tertarik untuk membuat teks hyperlink nantinya.

2. Pilih Menu Create Link

Pilih Create Link Telegram

Kalau sudah membuat pesan, selanjutnya kamu Blok Kata atau Kalimat dari pesan tersebut. Lalu ketuk ikon More Options » pilih Create Link.

3. Masukkan Link yang Diinginkan

Tambahkan Link Ke Teks

Kotak dialog Create Link akan muncul di layar kamu sekarang. Kamu bisa sisipkan Link yang diinginkan, kalau sudah ketuk OK.

4. Preview Hyperlink

Preview Hyperlink Telegram

Setelah itu, di pesan kamu akan muncul Preview Hyperlink. Dimana ketika preview hyperlink ini di klik, maka akan diarahkan ke link yang kamu tambahkan tadi.

Kamu bisa coba klik Hyperlink tersebut dulu untuk memastikan sudah memasukkan link yang ditambahkan sudah benar.

5. Berhasil Membuat Hyperlink di Telegram

Kirim Pesan Hyperlink Telegram

Apabila sudah benar, langsung saja klik ikon Send untuk mengirimkan Pesan Hyperlink Telegram tersebut ke teman atau grup kamu.

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat hyperlink di Telegram. Adanya fitur hyperlink ini akan membuat pembaca lebih mudah memahami pesan. Sedangkan dari segi pengirim, akan bisa mendapatkan traffic untuk link yang ditambahkan tersebut.

Kalau kamu memiliki pertanyaan seputar hal di atas, jangan sungkan untuk tanyakan ke saya melalui kolom komentar ya. Sekian, Terimakasih!

Apa fungsi dari hyperlink di Telegram?

Fungsi hyperlink di Telegram adalah untuk membuat pesan terlihat lebih rapi ketika dibaca oleh pengguna Telegram lainnya. Sedangkan dari sisi pengirim, akan mendapatkan traffic Viktor dari link yang dicantumkan.

Adakah tips membuat pembaca tertarik klik pesan hyperlink yang dikirim dari Telegram?

Tips dari saya adalah membuat pesan yang menarik. Bisa seperti membuat pesan CTA (Call to Action) hingga yang membuat penasaran pembaca.

Apakah bisa membuat link dari foto atau video di telegram?

Ya, selain teks dijadikan link. Telegram juga memiliki fitur untuk mengubah foto atau video ke dalam bentuk link. Namun untuk cara membuat link foto atau video di Telegram harus menggunakan bot.

Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.

18 komentar

  1. Saya pengguna Telegram karena dituntut oleh institusi pendidikan. Eh, ternyata ada banyak manfaat yang ditawarkan oleh TElegram ya. Keren, mau dicoba dulu, deh.
  2. Fitur ini sepertinya baru ada di telegram desktop ya, di aplikasi masih belum bisa, atau aku yang gak nemu fiturnya ya? Tapi baru tau juga ternyata bisa ngasih hyperlink di tele, keren ya
  3. Oh baru tahu saya, kalau bisa bikin link di Telegram. Selama ini saya pakai Telegram sekadar buka chatt grup aja buat info lowongan job.
  4. jadinya lebih rapi ya kak enggak langsung urlnya yang dibagiin, yang baca juga tinggal klik jadinya. Telegram itu lengkap banget sih, banyak fitur yang kalau diulik bisa keren banget.
  5. Jujur gw jarang buka app Tele. Ternyata bisa bikin link jg ya di sana. Lebih prelaktis jadinya.
  6. Bermanfaat banget artikelnya,
    apalagi sekarang banyak orang yg suka nonton film di telegram dan share2 link video
  7. Saya sempat uninstall Telegram. Tapi, kayaknya semakin banyak fitur menarik, ya. Lumayan banget tuh kalau bisa bikin link trus mendapatka traffic untuk blog
  8. Udah lama gak main telegram sekarang bagus bisa buat link ya. Jadi pengin instal aplikasi nya.
  9. saya punya akun telegram ini tapi jarang menggunakan. ternyata lengkap ya fitur yang dimiliki, bisa dicoba2 ini
  10. Terima kasih infonya. Ternyata ada trik tersrmbunyi dalsm platform telegram yang belum saya tahu.
  11. Telegram mungkin salah satu social media yang paling banyak digunakan untuk membuat grup atau forum forum dan kalau di forum gitu biasanya share link sudah bukan rahasia umum, artikel ini sangat bermanfaat untuk membantu membuat link di telegram
  12. nice info, lama ga pake telegram
  13. Baru tau kalo telegram bisa bikin hyperlink. Soalnya jarang banget buka telegram. Thank you kak.
  14. Demi apa aku baru tahu ternyata kalau di Telegram bisa bikin hyperlink begini. Jadinya si pesan nggak perlu diketik satu per satu misalnya mau ngasih beberapa literatur digital gitu. Mantap sih. Makasih ya, Kak.
  15. Sekarang makin lengkap juga fitur telegram, udah kayak discord gak sih versi yang lebih lite(?) wkwk. Selama ini ga pernah memaksimalkan fungsinya sih, tapi membantu banget buat komunitas dan kalau bikin content plan wkwk
  16. Aku pakai telegram cuma buat chat ma grup kelas anak hehe. Keinget zaman2 main telegram tu ya ma blogger2 tapi kemudian banyak yang pindah di whatsapp. Ternyata makin berkembang banyak fiturnya, bisa bikin hyperlink bahkan kalau gk salah bisa buat story juga yaa.
  17. Oalah ternyata begitu toh, aku cari-cari loh tombol atau icon linknya hha. Sekarang jadi tau deh gimana cara buat link di telegram, thanks infonya kak!
  18. Sederhana banget ya ternyata caranya. Bisa digunakan buat nambah nambah traffic redirect nih