5+ Cara Mengatasi Telegram Web Tidak Bisa Dibuka, Mudah!

Telegram Web Tidak Bisa Dibuka

Salah satu fitur menarik yang ada di Telegram adalah memungkinkan kita bisa membuka aplikasi chatting tersebut di PC. Bahkan tanpa harus memasangnya, melainkan buka Telegram via situs resminya.

Pada umumnya, untuk membuka Telegram web kamu hanya perlu memasukkan nomor telepon atau scan kode QR. Setelah itu, secara otomatis Telegram web akan terbuka.

Namun bagaimana jadinya kalau Telegram web tidak bisa dibuka? Ya, masalah ini muncul pada beberapa orang sehingga membuat mereka tidak bisa masuk ke akun Telegram yang diakses via website.

Tapi jangan khawatir, masalah Telegram web tidak bisa dibuka ini masih bisa diatasi. Kalau mau tahu caranya, langsung cek artikel ini!

Contents

Kenapa Telegram Web Tidak Bisa Dibuka?

Telegram web tidak bisa dibuka adalah salah satu masalah yang cukup sering muncul. Masalah ini membuat kita tidak dapat login ke akun Telegram.

Adapun beberapa penyebab yang membuat Telegram web tidak bisa dibuka, seperti:

  • Koneksi internet yang dipakai sedang down
  • Salah memasukkan data  akun Telegram (Nomor)
  • Cache browser sudah menumpuk
  • Mungkin Telegram sedang gangguan
  • Ada masalah pada browser yang kamu pakai

Cara Mengatasi Telegram Web Tidak Bisa Dibuka

Karena penyebab Telegram web tidak bisa dibuka ada berbagai macam, maka cara mengatasinya juga berbeda-beda. Tapi kamu dapat mencoba beberapa panduan yang akan saya bagikan di bawah ini.

Langsung saja ya, ini dia cara mengatasi Telegram web tidak bisa dibuka:

1. Gunakan Internet yang Stabil

Cek Koneksi Internet

Pertama, pastikan kamu menggunakan internet yang stabil. Maksudnya, internet yang dipakai  tidak sedang gangguan atau down.

Cara mengetahuinya dengan cek melalui situs Speedtest. Apabila nilai Unduh dan Unggahnya kecil, berarti internet yang kamu pakai sedang gangguan.

Maka kamu dapat menggantinya dengan koneksi internet lain. Baik itu dengan memakai provider lain atau menggunakan WiFi.

2. Pastikan Data Login Benar (Gunakan Login QR)

Kemudian pastikan data login sudah benar. Di Telegram sendiri terdapat 2 metode login, yaitu melalui Nomor HP dan Kode QR.

Biasanya banyak orang yang lebih senang login lewat Nomor HP. Namun tanpa disengaja, ternyata nomor HP yang dimasukkan tidak sesuai (typo). Sehingga membuat proses login Telegram menjadi gagal.

Lalu kalau untuk solusi dari masalah ini, kamu bisa coba login melalui kode QR. Karena metode ini jauh lebih praktis dibandingkan login lewat nomor HP.

Kalau belum tahu, bisa lihat panduannya di bawah ini:

1. Buka Telegram web dulu.

2. Selanjutnya tekan menu Log In by QR Code.

Login QR Code

3. Tunggu beberapa saat sampai QR Code Telegram muncul.

Login Via Kode QR Telegram

4. Selanjutnya buka aplikasi Telegram » pilih Privacy and Security » ketuk Devices.

Buka Pengaturan Devices

5. Lalu tekan tombol Link Desktop Device dan arahkan kamera ke QR Code Telegram Web.

Klik Link Desktop Device

6. Selesai.

3. Hapus Cache Browser

Misalnya bukan karena typo, maka kamu bisa coba menghapus cache browser. Karena kalau cache browser menumpuk, biasanya beberapa fitur pada situs yang dibuka menjadi bermasalah.

Berikut ini cara hapus cache browser:

1. Pastikan sudah membuka browser yang biasa digunakan, misalnya Google Chrome.

2. Setelah itu, ketuk ikon More Options » pilih menu Clear Browsing Data.

Pilih Clear Browsing Data Chrome

3. Nanti kamu akan diarahkan ke pengaturan hapus cache Google Chrome, di sini tekan tombol Clear Data.

Hapus Cache Di Chrome

4. Selesai.

Setelah membersihkan cache browser, sekarang kamu bisa coba buka Telegram web kembali.

4. Coba Pakai VPN

Tidak jarang kita membuka situs yang tidak dapat terbuka. Tapi begitu kita menggunakan VPN malah terbuka dengan lancar.

Ya, hal ini bisa terjadi juga pada Telegram. Biasanya hal tersebut terjadi karena pemerintah memblokir suatu situs. Contohnya di sini mungkin memblokir Telegram sementara karena ada suatu hal tertentu.

Solusi untuk masalah ini adalah menggunakan VPN di PC kamu. Saat ini, VPN tidak perlu dipasang di PC kok. Karena VPN sekarang tersedia dalam bentuk ekstensi yang bisa dipasang pada browser.

Berikut cara memasang VPN untuk mengatasi Telegram tidak bisa dibuka:

1. Buka Chrome Web Store lebih dulu dan cari VPN pada kolom pencarian.

Instal Hola VPN Chrome

2. Pilih VPN yang diinginkan » klik tombol Tambahkan ke Chrome.

Tambahkan Ekstensi ke Chrome

3. Selanjutnya klik Add Extension pada pop up yang muncul di bagian atas.

Menambah Hola VPN ke Chrome

4. Misalnya sudah terpasang, silahkan tekan tombol Connect untuk menghidupkan VPN tersebut.

Aktifkan Hola VPN

5. Selesai.

Disini kami sarankan untuk memakai Hola VPN. VPN ini menjadi unggulan di Chrome dan tersedia di multiplatform.

5. Cek Server Telegram

Cek Server Telegram

Kalau Telegram masih tidak bisa dibuka, sebaiknya segera cek servernya. Karena mungkin saja yang bermasalah ternyata dari server Telegram yang sedang down.

Cara mengeceknya, kamu bisa kunjungi situs Downdetector saja. Lalu ketik Telegram dan tekan Enter.

Misalnya kamu melihat traffic yang tinggi, maka menandakan kalau server Telegram sedang down. Solusinya, kamu hanya perlu menunggu sampai server Telegram normal kembali.

6. Buka Telegram Web Di Browser Lain

Tapi kalau saat di cek server Telegram tidak down, maka tips terakhir dari kam adalah coba buka melalui browser lain. Misalnya, sebelumnya kamu pakai Google Chrome bisa pindah ke Microsoft Edge, begitupun sebaliknya.

Penutup

Jadi seperti itulah beberapa cara untuk mengatasi Telegram web tidak bisa dibuka. Beberapa cara di atas dijamin berfungsi, asalkan masalahnya bukan dari server Telegram yang down.

Karena kalau masalahnya dari server Telegram, maka solusinya hanya perlu menunggu sampai normal kembali. Sekian, Terimakasih!

Bagaimana cara agar bisa login Telegram web?

Caranya tinggal masukkan nomor HP dan kode verifikasi saja. Sedangkan cara lainnya, bisa login dengan kode QR.

Kenapa tidak bisa masuk Telegram web?

Ada beberapa penyebab, mulai dari koneksi internet tidak stabil, typo mengisi nomor HP, cache menumpuk hingga server Telegram down.

Kenapa tidak bisa menerima kode verifikasi Telegram web?

Penyebab utamanya karena kamu typo mengisi nomor HP. Sedangkan penyebab lainnya bisa terjadi karena koneksi internet yang kurang baik.

Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.

12 komentar

  1. Kadang-kadang ngebersihin cache dan cookis ini sih yang kelewatan. Ternyata kalau Telegram versi web susah dibuka, slaah satu kendalanya bisa ada pada browsernya ya. Makasih banyak lho Kak udah nge-share soal ini. Thanks so much.
  2. Alhamdulillah aku sih aman2 saja setiap buka Telegram. Pake aplikasi Telegram di PC tdk pernah mengalami kendala. Thnx infonya
  3. Wahh aku pernah punya akun telegram, tp karena jarang dipake jadinya sy uninstall
  4. Wah, makasih nih tipsnya mantul banget. AKu sih punya aplikasi telegram di hp tetapi kenyataannya jaraaang sekali digunakan. Cuma buat punya-punyaan aja hihihihi. Kalau yang di laptop aku sih ga install. Membersihkan cache memang kudu ruitn ya biar ga numpuk yang ga penting2 sudah lewat bikin penuh aja.
  5. Aku belum pernah sih pakai telegram web, karena jarang komunikasi pakai telegram. Ternyata ada kemungkinan nggak bisa terbuka di web ya. Jadi tahu deh langkah-langkahnya kalau mau buka telegram di web tapi nggak bisa.
  6. Jujurly, selama ini masih pernah nyoba dan make WA di web aja sih. Belum pernah kalau yang telegram. Ternyata bisa ngadat nggak mau dibuka ya? Tengkyu banget nih solusinya. One day bisa aku terapin kalau masalah kayak gini kejadian.
  7. Sama halnya dengan Mbak Ika Maya Susanti, aku pun belum pernah buka Telegram di PC. Aku pengguna aktif Telegram, tapi selalunya di HP.
  8. Ternyata banyak juga ya faktor yang menyebabkan telegram web tidak bisa dibuka, tetapi alternatif solusinya juga lumayan bervariasi, jadi kita bisa mengulik satu-satu dan mengetahui penyebabnya untuk bisa digunakan lagi. Thank you ya bang tipsnya
  9. Dulu saya memakai Telegram karena join di beberapa grup penulisan. Tapi karena memori hp kecil, saya pun menghapusnya. Baru tahu nih kalau ada Telegram Web. Nanti akan saya buat biar bisa aktif di grup lagi. Thanks utk artikel informatif ini kak.
  10. Save ah. Selama ini memang sih belum pernah ada masalah. Tapi siapa tahu nanti dibutuhkan. Karena Telegram skrg jadi fokus untuk grup-grup komunitas sampai sekolah anak
  11. Sejauh ini belum pernah buka telegram pake web sih, tapi suamu yang sering pake dan alhamdulillah kayaknya aman ga ada kendala. Oh apalagi telegram sekarang udah kayak ala-ala discord gitu, makin banyak fiturnya ngebantu banget buat komunitas dan kerjaan saya
  12. Aku jarang sih pake telegram. Karena mostly kerjaan di WA semua. Itupun aku jarang buka WA di web. Di HP aja hehe.