Cara Mempersingkat Link Di Telegram, Cuma 1 Menit!

Cara Mempersingkat Link Di Telegram

Tidak jarang ketika kita ingin membagikan link suatu website, menemukan karakter yang terlalu panjang. Sehingga membuat link tersebut tidak terlihat menarik.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena saat ini di Telegram bisa mempersingkat link secara otomatis. Dimana yang tadinya link tersebut panjang, kini bisa dipersingkat sehingga terlihat lebih rapi.

Penasaran? Ini dia cara mempersingkat link di Telegram dengan mudah melalui bot.

Contents

Fungsi Mempersingkat Link Di Telegram

Sebelum itu, sebaiknya sih kamu tahu dulu fungsi dari mempersingkat link. Supaya nantinya kamu lebih mengerti dan memperhatikan lagi ketika ingin membagikan suatu link ke orang lain.

Ini dia beberapa fungsi mempersingkat link di Telegram:

1. Membuat Link Terlihat Lebih Menarik

Pertama, link yang sudah disingkat akan terlihat lebih menarik. Hal ini karena orang lain lebih mudah melihat link tersebut. Terlebih lagi jika link tersebut kamu sisipkan bersamaan dengan kalimat.

Biasanya kalau link tidak dipersingkat, orang lain akan malas membaca kalimat kamu dan langsung klik link tersebut. Tapi kalau dipersingkat, bisa membuat orang lain membaca dulu kalimat yang kamu kirim, lalu klik link.

Kenapa begitu? Karena kalau dipersingkat, mereka tidak melihat banyak kata dari pesan yang kamu kirim.

2. Link Lebih Mudah Diingat

Kemudian fungsi lainnya adalah membuat link tersebut jadi lebih mudah diingat. Coba bayangkan saja, pada link yang ada Google Drive. Dimana link tersebut umumnya sangat panjang dan akan susah diingat.

Tapi kalau link dipersingkat, kamu dapat dengan mudah menghafalnya. Bahkan tidak perlu repot-repot mencari link untuk menyalinnya dulu.

3. Link Mudah Untuk Dibagikan Pada Beberapa Platform

Beberapa platform sosial media membatasi jumlah karakter pada postingannya. Benar, jika link yang ingin kamu bagikan sangat panjang bahkan sampai melebihi batas maksimal karakter.

Maka link tersebut tidak bisa kamu bagikan ke platform tersebut. Jadi, mau tidak mau kamu harus persingkat dulu. Sehingga link yang panjang ini dapat dikirim melalui platform tersebut.

Cara Mempersingkat Link di Telegram

Bagi kamu yang tertarik ingin mencoba cara mempersingkat link di Telegram, maka bisa gunakan bot. Nama bot untuk mempersingkat link di Telegram adalah Short URL.

Nantinya melalui bot ini, kamu akan mendapatkan beberapa link yang sudah dipersingkat secara otomatis. Kalau begitu langsung saja, ini dia cara mempersingkat link di Telegram:

1. Tekan Menu Pencarian

Tekan Menu Cari

Langkah pertama kamu harus membuka aplikasi Telegram lebih dulu. Kemudian kamu dapat langsung ketuk ikon Search yang ada di bagian atas.

2. Cari Bot Short URL

Pilih Bot Short URL

Setelah itu, kamu dapat ketik Short URL di kolom pencarian Telegram. Kemudian pilih Bot Short URL untuk mengirimkan pesan.

3. Tekan Tombol Start

Tekan Tombol Start
Kalau sudah, kamu akan diarahkan ke kolom pesan Bot Short URL. Di langkah ini kamu hanya perlu menekan tombol Start saja.

4. Masukkan Link

Masukkan Link Tujuan

Setelah itu, kamu dapat memasukkan Link Website yang diinginkan ke dalam pesan Bot Short URL. Lalu tekan tombol Kirim.

5. Copy Link yang Sudah Dipersingkat

Berhasil Mempersingkat Link Di Telegram

Tunggu beberapa saat, nantinya Bot Short URL akan mengirimkan beberapa Link yang telah dipersingkat. Terakhir, tekan Link yang kamu sukai dan pilih Copy.

Penutup

Jadi seperti itulah cara mempersingkat link Telegram. Bisa dikatakan caranya sangat mudah, karena kita menggunakan fitur bot. Sehingga dapat mempersingkat link secara otomatis.

Silahkan share artikel ini jika kamu nilai bermanfaat. Atau kalau kamu punya pertanyaan, boleh kirim ke kolom komentar.

Sekian dari saya, Terimakasih!

Apakah ada batasan karakter link untuk mempersingkat link di Telegram?

Dari beberapa study case yang saya coba, tidak ada batasan karakter jika kamu ingin mempersingkat link di Telegram.

Bisakah kita custom link di Telegram?

Menurut pengalaman saya belum bisa. Tapi kamu dapat menggunakan website Shortener URL yang ada di Google.

Selain bisa mempersingkat link, bot Telegram bisa apalagi?

Fungsi bot di Telegram banyak, tergantung bagaimana orang lain memprogramnya. Mulai dari membuat bot selamat datang Telegram untuk di grup, konversi mata uang, mengubah teks jadi suara dan banyak lainnya.

Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.

19 komentar

  1. Aku baru tahu kalau bisa shorten link di telegram. Wah ini berguna banget buat aku karena di sekolah sekarangkan ujiannya online jadi soal-soalnya pakai form. Kami sering diminta untuk memperpendek link nya supaya lebih enak dipandang. Terima kasih informasinya.
  2. makasih kak sharingnya. eh ternyata bisa ya memperpendek link di telegram , jaid lebih ringkas
  3. Terus terang aku bukan pengguna Telegram, tapi perlu tahu juga ttg tips ini, siapa tahu kapan2 menggunakannya. Terima kasih sharing tips nya ya..
  4. Eh mudah banget ya mempersingkat link di Telegram. Mau nyoba juga lah. Kadang memang perlu sih mempersingkat link. Tapi, nggak bisa custome ya linknya?
  5. Ternyata mudah ya kalau tahu ilmunya. Tapi buat saya tetap harus praktek sering biar ingat dan lancar... Maklum saya nya gaptek. Hehe...
    Terimakasih informasinya ya
  6. ternyata segampang itu yang bikin shortlink telegram. langsung dari apliklasinya. tapi aku jarang sih pake tele, tapi dimasukin juga di bio atau linktree. sekarang udah tau cara bikin shortlinknya, ubah dulu deh, hihihi
  7. Terima kasih tipsnya. Punya app telegram tapi sejauh ini jarang pakai link sih. Namun info ini berguna. Siapa tau nanti saya kudu bikin link praktis.
  8. Ahhh makasih banget tutorialnya, bakal disave biar nggak lupa. Caranya praktis banget dan bakal berguna banget kalau pas mau bikin grup di telegram
  9. Sebagai orang yang baru nyemplung di dunia telegram karena ikut grup belajar bareng, tentu informasi ini bakal bermanfaat buat aku. Soalnya kan kadang ada yg nanya atau minta link grup belajar bareng. Makasih ya kaakk
  10. Wah gitu ya caranya, noted kak biar gampang klo share tele yaa. Mantep ulasannya.
  11. Info yg menarik kak, tpi sy blm main telegram, tpi klu ada temen yg nanya gimana caranya tak kasih tau link artikel nya kak.
  12. Wah ternyata mudah banget ya. Bagus sekali nih tipsnya, nanti saya praktekkan deh
  13. Wah, makasih tipsnya. Aku punya Telegram, tapi gak terlalu sering make karena masih banyak yang pakai WA. Jadi tahu deh kalau bisa bikin singkatan buat link kita
  14. Sepertinya cukup mudah diikuti step by step nya. Memang link yang panjang kadang perlu diperpendek agar tampak lebih rapi dan menarik. Btw, Ini khusus untuk telegram saja ya?
  15. Daku belum pernah coba ini. Pakai cara ini bikin link jadi kepanjangan pas di share
  16. Ternyata gampang yaa. Jarang sih cek cek fiturnya telegram hihi thanks ka sudah sharing
  17. Keren yaah..
    Aku kudu memanfaatkan tele buat shorten link begini nih.. Soalnya biasanya pakai bit.ly.
    Tapi di tele, short link-nya bisa di custom juga ga?

    Haturnuhun tipsnya.
  18. Gampang banget ternyata. Bikin shorten link gini emang efisien dan simpel buat yang baca.
  19. Keren nih telegram, ada bot buat bikin short link. Sangat memudahkan dan membantu banget kalau pengin bagiin link yang lumayan panjang. Thanks for sharing kak :)