10+ Cara Mengatasi HP Samsung Ngecas Lama, Mudah!

Cara Mengatasi HP Samsung Ngecas Lama
Semakin lama penggunaan, maka daya tahan setiap komponen HP akan berkurang. Sehingga perangkat tersebut mulai mengalami beberapa masalah, seperti ngecas HP lama.

Masalah ngecas HP lama ini bisa dialami oleh semua jenis merk, salah satunya Samsung yang punya pengguna terbanyak. Tapi masalah HP ngecas lama di Samsung penyebabnya tidak hanya dari penurunan performa komponen saja.

Melainkan juga bisa terjadi karena kesalahan pengaturan dan hal lain yang disebabkan dari sistem HP tersebut. Nah, kalau kamu ingin tahu penyebab dan cara mengatasi HP Samsung ngecas lama di sini kami akan jelaskan dengan lengkap. Mari langsung di simak saja ya.

Contents

Penyebab HP Samsung Ngecas Lama

Seperti yang telah saya sedikit bahas di atas. Dimana penyebab HP Samsung ngecas lama tidak selalu disebabkan penurunan performa komponennya saja.

Melainkan dapat juga disebabkan dari software atau kesalahan pengaturan pada HP Samsung tersebut. Tapi supaya lebih jelas, kamu bisa lihat beberapa penyebab HP Samsung ngecas lama di bawah ini:

  • HP Samsung kamu overheat karena pemakaian yang berlebihan
  • Banyak aplikasi yang sedang dibuka secara bersamaan
  • Space kosong RAM HP Samsung kamu tinggal sedikit
  • Mungkin sedang aktifkan Bluetooth atau Hotspot
  • Menggunakan data seluler
  • Tidak pernah update sistem operasi
  •  Dimainkan saat sedang di charger
  •  Tidak menggunakan charger original
  • Ada masalah pada baterai HP atau port USB charger

Catatan: Beberapa penyebab ini tidak hanya berlaku di HP Samsung. Melainkan bisa terjadi di semua HP Android.”

Baca Juga: Cara Mematikan Laptop Tidak Bisa Shutdown

Cara Mengatasi HP Samsung Ngecas Lama

Setelah mengetahui penyebab kenapa ngecas HP lama, sekarang saya akan menjelaskan cara untuk mengatasinya.

Ini dia beberapa cara mengatasi HP ngecas lama:

1. Pastikan HP Tidak Panas

HP Overheat

HP overheat bisa mengkonsumsi daya baterai lebih tinggi dari biasanya. Lalu kalau kamu melakukan charger HP ketika lagi overheat, biasanya akan lama proses ngecas tersebut.

Hal ini karena sistem HP kamu mencoba untuk menetralkan suhu perangkat tersebut supaya panasnya tidak lebih tinggi lagi. Dimana hal ini bisa menyebabkan perangkat rusak, hingga meledak.

Terlebih lagi, proses charger HP juga bisa meningkatkan suhunya. Maka dari itu, disarankan untuk ngecas HP dalam kondisi perangkat tersebut sudah dingin.

2. Tutup Semua Aplikasi Berjalan

Tutup Semua Aplikasi

Salah satu penyebab HP menjadi overheat adalah karena kamu membuka banyak aplikasi berjalan di satu waktu. Sehingga HP kamu memaksimalkan kinerjanya untuk bisa menjalankan semua aplikasi tersebut.

Supaya tidak overheat dan ngecas lama, lebih baik kamu tutup dulu semua aplikasi berjalan. Setelah ditutup, baru bisa coba charger kembali dalam kondisi HP dingin.

3. Restart HP

Restart HP

Terkadang sistem di HP bisa berjalan secara tidak normal. Bahkan parahnya, bisa mengkonsumsi daya tinggi pada baterai. Sehingga baterai cepat habis dan membuat HP menjadi panas.

Masalah ini ditandai jika kamu sedang tidak membuka aplikasi apapun. Oleh sebab itu, kalau mengalami hal ini kami sarankan untuk segera restart HP.

Supaya sistem yang berjalan otomatis di HP kamu bisa segera tertutup. Lalu kamu bisa ngecas HP lebih cepat.

Baca Juga: Cara Mematikan Windows Defender

4. Sisakan Space RAM HP

Space RAM sangat mempengaruhi daya tahan baterai HP kamu. Dimana jika space RAM HP kamu tinggal sedikit, pemakaian daya baterai akan sangat tinggi. Selain itu, HP juga bisa menjadi panas dan proses ngecasnya menjadi lama.

Sedangkan kalau space RAM HP kamu masih banyak. Maka suhu HP tersebut akan terjaga, sehingga proses ngecas perangkat tersebut bisa lebih cepat.

Lalu bagaimana cara meningkatkan space RAM HP Samsung? Berikut panduannya:

1. Jalankan Pengaturan HP Samsung » pilih Perawatan Perangkat dan Baterai.

Pilih Perawatan Perangkat dan Baterai

2. Selanjutnya ketuk menu Memori » pilih tombol Hps Skg.

Tambah Space RAM

3. Tunggu sampai sistem HP Samsung membersihkan pemakaian RAM yang tidak terlalu diperlukan.

Bersihkan RAM Samsung

4. Selesai.

Selain membersihkan pemakaian RAM yang tidak diperlukan, kamu juga bisa menghapus aplikasi tidak terpakai di HP. Atau bisa juga mematikan background aplikasi yang terpasang di HP tersebut. Misalnya memblokir notifikasi dan sebagainya.

5. Jangan Aktifkan Bluetooth dan Hotspot

Matikan Hotspot

Pada umumnya, Bluetooth merupakan sebuah fitur yang cukup memakan banyak daya baterai. Terlebih lagi jika kamu sedang melakukan proses transfer file besar lewat fitur Bluetooth tersebut.

Dimana hal ini bisa membuatnya panas dan menjadi lambat ketika dicas. Selain Bluetooth, melakukan tethering atau Hotspot HP ke perangkat lain juga sama.

Oleh sebab itu, disarankan untuk menonaktifkan lebih dulu Bluetooth dan Hotspot ketika kamu ingin charger HP.

6. Matikan Jaringan Internet (Opsional)

Menggunakan data seluler lebih mengkonsumsi daya baterai dibandingkan jika kamu terhubung ke internet menggunakan WiFi. Ditambah lagi jika kamu sedang download file besar dengan menggunakan data seluler tersebut.

Aktivitas ini akan membuat daya baterai jadi cepat habis. Dan kalau kamu ngecas HP dalam aktivitas ini, tentunya akan berjalan lebih lambat ya.

Jadi, kalau kamu punya WiFi sebaiknya hubungkan ke jaringan tersebut dulu ketika di charger.

Baca Juga: Cara Melihat Tipe Laptop

7. Update Sistem Operasi

Masalah ngecas lama tidak hanya disebabkan kesalahan pemakaian dan kerusakan komponen perangkat saja. Melainkan juga bisa dari software-nya yang tidak pernah kamu update, seperti sistem operasi HP Samsung.

Sistem operasi ini sebenarnya sangat wajib di update jika ada pembaruan. Karena manfaatnya sangat banyak, salah satunya memperbaiki sistem yang bug di versi sebelumnya.

Terlebih lagi, jika sistem HP Samsung kamu error akan membuat fitur-fiturnya berjalan tidak normal. Maka dari itu, coba kamu update dulu sistem operasinya.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Pengaturan » pilih menu Tentang Ponsel.

Pilih Tentang Ponsel

2. Selanjutnya pilih menu Pembaruan Perangkat Lunak » ketuk Unduh dan Instal.

Ketuk Pembaruan Perangkat Lunak

3. Tekan Update bila ada pembaruan, tapi kalau tidak ada tampilannya akan seperti gambar berikut.

Update Sistem Operasi

4. Selesai.

8. Gunakan Charger Original

Ganti Charger Original

Salah satu yang membuat HP tahan lama adalah menggunakan aksesoris original, seperti charger resmi Samsung. Dimana charger ini sudah dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan HP Samsung kamu.

Jadi kalau kamu tidak menggunakan charger original, segera ganti ya. Kamu bisa beli kepala charger dan kabel originalnya melalui Samsung Service Center.

9. Ganti Baterai HP

Ganti Baterai HP

Sedangkan kalau kamu merasa ngecas lama, lalu baterai cepat habis sebaiknya segera ganti komponen tersebut. Karena besar kemungkinan baterai HP kamu sudah bocor.

Kamu bisa menggantinya ke Samsung Service Center resmi untuk mendapatkan baterai original. Biayanya tergantung dari seri HP Samsung kamu.

10. Ganti Port USB

Ganti Port USB

Selain charger dan baterai, kamu juga harus memeriksa port USB HP Samsung tersebut. Karena banyak yang mengeluhkan port USB mereka kendur.

Sehingga ketika ngecas HP Samsung jadi lama. Biasanya port USB yang kendur ini disebabkan oleh pemakaian yang terlalu kasar. Selain itu, biasanya juga HP tersebut sudah lama kamu pakai.

Penutup

Nah, itulah beberapa cara mengatasi HP Samsung ngecas lama. Penyebabnya tidak hanya dari kerusakan komponen saja. Melainkan bisa dari software, kesalahan konfigurasi dan pemakaian juga.

Oleh karena itu, silahkan lihat beberapa solusi di atas untuk mendapatkan cara ngecas hp yang benar. Kalau kamu masih memiliki pertanyaan, boleh kirim ke saya melalui kolom komentar di bawah. Terimakasih.

Kenapa ngecas HP lama?

Karena disebabkan ada komponen HP yang rusak, kesalahan konfigurasi dan pemakaian. Seperti, HP overheat, banyak membuka aplikasi, sistem error, RAM penuh, tidak pakai charger original, baterai bocor dan lainnya.

Bagaimana cara ngecas HP yang benar?

Pastikan HP tidak overheat sebelum di charger, tutup semua aplikasi berjalan, restart HP dulu, perhatikan ruang kosong RAM, matikan Bluetooth dan Hotspot, update sistem operasi, gunakan charger original.

Apakah cara mengatasi ngecas HP lama ini hanya untuk Samsung?

Lebih dominan untuk HP Samsung. Tapi bisa juga digunakan untuk semua merk HP Android.

Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.

20 komentar

  1. Tipsnya bagus dan wajib dipraktekkan nih. Hal2 sepele namun ternyata ngaruh ke hape.
  2. Seru banget nih baca tulisan tentang "Cara Mengatasi HP Samsung Ngecas Lama" di blog kamu! Saya yakin banyak yang ngerasa risih kalo HP ngecas lama, jadi tips-tipsnya pasti berguna banget.Btw, menurut kamu, cara mana yang paling efektif buat ngeatasi masalah ngecas lama ini? Atau mungkin ada pengalaman unik kamu sendiri terkait hal ini?

    Makasih ya udah share tips bermanfaat ini. Semoga HP kita semua bisa ngecas lebih cepat setelah baca tulisan kamu!

    Keep sharing,
    1. Dari pengalaman saya sendiri jangan ngecas saat HP dalam keadaan panas sih kak hehe
  3. Kalau ngecharge hp memang sebaiknya tidak ada penggunaan. Selain mempengaruhi lama ngecharge, juga bisa berpengaruh pada kualitas baterai (pada beberapa kasus hp) 🥲
  4. Tak hanya untuk pengguna HP Samsung, sepertinya tips-tips ini bisa digunakan juga utk HP lain dengan.masalah yg relatif sama ya.. Terima kasih sharing tips nya ya..
  5. Sepertinya tips ini bisa digunakan pada semua gadget dan perangkat komunikasi lainnya.
  6. Pernah juga mengalami hal ini selama pakai hape samsung. Tapi sudah tiga tahun beralih ke siomay. Pernah juga mengalami hal yang sama di hape siomay. Tapi kayaknya solusinya juga nggak jauh beda.
  7. Nomor 2 yang kadang kebanyakan orang tidak memperdulikannya, saya sering ngecek hp keluarga yang aplikasi berjalannya numpuk g di tutup.
  8. Saya pengguna setia hp Samsung. Sejauh ini emang tidak pernah lama ngecas, selalu fast carhing. Bener semua tips di atas bisa menjadi sebab hp samsung semakin cepat ngecas nya. Terimakasih info nya. Sangat bermanfaat
  9. makasih kak info dan tipsnya. Aku juga kalau ngecas suka mastiin dulu semua aplikasi ditutup biar cepet penuh baterainya
  10. Oh ternyata itu penyebabnya. RAM dikurangi sama jangan ngecas pas lagi panas. Ok thanks infonya.
  11. Sekarang orang rumah gak ada yang pakai Samsung. Dulu sih iya dan lumayan drama soal charge kaya gini. Sayang baru baca tulisannya sekarang ya, hehehe
  12. Idealnya sih sesuai tips-tips ini ya. Masalahnya sering memakai ponsel sambil dicas. Padahal semestinya tidak boleh. Batere ponsel sekarang juga menyatu dengan hardware tidak terposah seperti dulu. Harus lebih hati-hati.
  13. Aku kalau ngecharge hp terbiasa mematikan data seluler atau wifi supaya bisa lebih cepat masuknya dan alhamdulilah jadi fast charging
  14. Saya punya hp Samsung, semoga bisa saya praktikan. Tapi saya berharap untuk hp merk lain juga bisa ya tips ini dipakai. Hehe... Soalnya emang hp selain Samsung juga suka lama mau full charge nya
  15. Ternyata banyak cara agar hp Samsung bisa dicharge dalam waktu tidak terlalu lama. Nanti kasih tahu papa, ah. Hpnya Samsung.
  16. Wah tambah wawasan sih ini, soalnya ayah daku ponselnya Samsung. Jadi bisa kasih tahu beliau
  17. Kebetulan aku pake tablet samsung. Alhamdulillah sejauh ini belum pernah ngalamin ngecas lama, kecuali kalau aku kebalik masang chargernya hehe.. Atau colokannya gak pas.itu sih kadang bikin kesel. tak kirain sudah dicas eh ternyata belum.
  18. Kayaknya tips ini berlaku untuk semua merek hp deh nggak cuma samsung aja....kadang radak jengkel juga kalo ada orang nge charge hp tapi masih dimainkan. Kan percuma terisinya lemot hmmm
  19. Sebagai pengguna merk ini, aku cukup resah kalau uda mulai ngecasnya lama. Pasalnya, Samsung ini juga seringkali gak mau ngecas kalau gak menggunakan kabel dan charger bawaannya sendiri. Suka pilih-pilih..

    Beberapa gadget Samsung kudu antri kalo nge-charge. Padahal ada charger merk lain yang nganggur, tapi suka malah mengurangi batere.. bukan nambah. Kan sedih yaa..