5+ Cara Mengatasi Telegram Web Connecting

Cara Mengatasi Telegram Web Connecting

Saat menggunakan Telegram web, terkadang kita dihadapkan dengan beberapa kendala yang umum terjadi. Misalnya seperti masalah Telegram web connecting atau menunggu jaringan.

Masalah ini membuat kita tidak dapat membuka pesan terbaru di Telegram web. Bahkan tidak jarang membuat Telegram web jadi tidak bisa dibuka.

Ingin tahu bagaimana cara mengatasi Telegram web connecting terus? Jika iya, kamu dapat melihat penyebab dan panduan untuk mengatasinya di artikel ini.

Contents

Penyebab Telegram Web Connecting Terus

Telegram Web Connecting

Masalah Telegram web connecting atau menunggu jaringan terus, umumnya disebabkan masalah koneksi internet. Tapi selain itu, bisa juga disebabkan oleh hal lainnya.

Supaya lebih mudah dipahami, kamu bisa lihat beberapa penyebab Telegram web connecting terus di bawah ini:

  • Koneksi internet yang tiba-tiba tidak stabil
  • Cache browser yang sudah menumpuk
  • Terjadi masalah pada perangkat WiFi yang digunakan
  • Gangguan server Telegram
  • Ada masalah pada browser yang kamu pakai

Saya pernah mengalami Telegram web connecting terus. Dari beberapa penyebab di atas, masalah saya lebih sering karena koneksi internet gangguan dan cache browser yang sudah lama tidak dihapus.

Cara Mengatasi Telegram Web Connecting

Apabila kamu mengalami masalah yang sama, sebaiknya jangan khawatir dulu. Karena masalah Telegram web connecting ini masih bisa diatasi dengan mudah.

Berikut beberapa cara mengatasi Telegram web connecting terus:

1. Periksa Koneksi Internet

Cek Koneksi Internet

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengecek koneksi internet. Jika koneksi internet kamu lagi kurang baik (Ping besar) maka bisa coba gunakan provider lain.

Lalu untuk cara ceknya sendiri sangat mudah. Kamu hanya perlu mengakses situs Speedtest saja. Lalu klik tombol Mulai untuk melakukan pengecekkan kualitas jaringan internet.

Namun kalau kualitas internet baik (Ping kecil), kamu bisa coba beberapa cara yang saya sediakan lainnya di bawah ini.

2. Hapus Cache Browser

Selain masalah pada koneksi internet, biasanya Telegram web connecting terus bisa disebabkan karena ada cache browser yang menumpuk. Buat yang belum tahu, cache browser yang menumpuk bisa membuat beberapa kendala.

Mulai dari browser terasa lag, tidak bisa akses beberapa situs dan lainnya. Maka dari itu, cache browser wajib dibersihkan secara rutin untuk menghindari hal-hal tersebut.

Berikut cara hapus cache browser di Google Chrome:

1. Pastikan sudah buka browser Google Chrome.

2. Klik ikon More Options » pilih Clear Browsing Data.

Clear Browsing Data

3. Centang semua Opsi » Time Range pilih opsi All Data » klik Clear Data.

Hapus Cache Google Chrome

4. Selesai.

Setelah cache terhapus, silahkan buka ulang Telegram web dan pastikan sudah normal kembali.

3. Cek Server Telegram Web

Cek Server Telegram

Selanjutnya kamu bisa coba cek server Telegram web. Karena tidak jarang masalah-masalah pada Telegram disebabkan karena servernya sedang gangguan.

Biasanya saya menggunakan situs Downdetector untuk mengecek status server Telegram. Apabila terdapat traffic tinggi, hal itu menandakan kalau server Telegram sedang gangguan.

4. Coba Pakai VPN

Aktifkan VPN Google Chrome

Tidak bisanya suatu situs terkadang terjadi berdasarkan regional. Misalnya, saat ini Telegram tidak bisa terbuka di Indonesia. Tapi di luar negeri seperti Malaysia, Thailand, Belanda dan lainnya dapat membuka Telegram.

Masalah ini sudah umum terjadi kok. Lalu untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan VPN, lalu memilih negara-negara yang dapat membuka situs tersebut.

Kalau kamu pakai Google Chrome, bisa langsung menggunakan VPN default. Di sini kamu hanya perlu mengaktifkan VPN tersebut dan coba buka Telegram web lagi.

5. Restart WiFi

Restart WiFi

Masih tidak bisa juga? Coba kamu restart WiFi yang dipakai. Mungkin saja masalahnya ada pada perangkat tersebut, sehingga koneksinya menjadi kurang stabil.

Setelah kamu melakukan restart WiFi, coba sambungkan kembali ke PC atau laptop dan buka Telegram web lagi. Pastikan kini Telegram web sudah berhasil terbuka tanpa muncul notifikasi connecting atau menunggu jaringan.

6. Gunakan Browser Lain

Gunakan Browser Lain

Tips terakhir dari kami, kamu dapat menggunakan browser lain untuk membuka Telegram web. Mungkin saja masalah Telegram web connecting tersebut hanya berlaku di browser yang sedang kamu pakai.

Jadi, sekarang kamu bisa coba gunakan browser lain. Misalnya sebelumnya menggunakan Google Chrome, bisa pindah ke Microsoft Edge, Firefox atau yang lainnya.

Pastikan juga untuk selalu update versi browser yang kamu pakai. Terkadang, versi browser yang sudah lawas bisa membuat situs menjadi tidak dapat terbuka, lho!

Penutup

Telegram web menjadi salah satu platform yang sering digunakan. Karena banyak pengguna Telegram yang malas memasang aplikasi di perangkat mereka.

Namun tidak dapat dipungkiri, beberapa masalah bisa muncul di Telegram web. Seperti masalah Telegram web connecting atau menunggu jaringan terus.

Tapi dengan mengikuti beberapa cara yang telah saya bagikan di atas, seharusnya kini masalah Telegram web tersebut dapat diatasi. Misalnya masih bermasalah, boleh tanya ke saya melalui kolom komentar.

Sekian, Terimakasih!

Kenapa Telegram web connecting atau menunggu jaringan terus?

Ada beberapa penyebabnya, mulai dari koneksi internet gangguan, cache menumpuk, server Telegram bermasalah, region sedang diblokir dan sebagainya.

Masalah apa yang sering muncul di Telegram web?

Pertama masalah Telegram web connecting, tidak bisa dibuka dan tidak bisa login.

Perlukah instal ulang browser kalau Telegram web masih tidak dapat terbuka?

Kalau kendalanya hanya tidak bisa buka Telegram web, maka kamu tidak perlu instal ulang browser. Melainkan kamu dapat ganti browser lain untuk membuka Telegram web.

Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.

19 komentar

  1. Selama ini buka telegram di web aman-aman saja tanpa kendala. Tapi klo nanti ada masalah, saya akan coba tips di sini.
  2. saya install aplikasi telegram di hp saya, tapi so far aman-saman saja belum pernah ngalamin susah connect. Karena mungkin saya agak jarang juga pakenya kali ya. anyway tfs kak
  3. Paling banyak masalahnya adalah cache yang menumpuk banyak. Apalagi bila lalulintas grup sangat aktif dan beranggota ratusan orang.
  4. ternyata banyak hal yang mempengaruhi connecting web telegram ini ya. Kadang bisa badmood sendiri kalau lemot. Jadi males buka telegram lewat web.Terima kasih tipsnya.
  5. wah ternyata itu ya alesan kalau buka tele di web suka lebih lambat. tapi telegram berfungsi banget sih nyimpen-nyimpen file besar dan dia ga bakal hilang walaupun di hp udah diapusin
  6. Bisa jadi alasan koneksi lambat memang karena koneksi internet atau harus membersihkan cache. Seringnya saya buka di hp sih telegram ini.
  7. Kendala yang sering ditemui memang cache penuh atau internet lambat ya. Alhasil telegram web pun sulit dibuka. Kalau kendalanya di internet, solusinya yang memang hanya memperbaiki koneksinya atau gunakan koneksi lain.
  8. Ohalah ternyata itu alesan kalau buka tele di web suka lebih lambat. Thanks ka sudah sharing
  9. Sebenarnya kalau aku ngga cuma web yang lamban, hp juga suka lamban ik kalau tele. kenapa ya?
  10. Pernah juga deh mengalami situasi telegram web gak mau nyambung bahkan sampai berkali-kali percobaan. Pas deh makin tahu informasinya dari sini jadi bisa coba atasi nantinya.
  11. Selama ini kalau ada trouble saya lebih pilih clear cache aja sih. But, ini informasi tambahan yang sangat bagus. Memperkaya informasi
  12. Aku juga nih..
    Aga mogok gitu kalo buka web tele. Sedih tapi pasrah, hehehe.. ga ada yang urgent ini. Tapi kalau dikasih tutorialnya begini, mau aku cobain jugaaa.. Syapa tau ketemu hidden gems kan yaa..
  13. Kalau aku sih seringnya lancar aja, cuma biasanya ada eror gara-gara cacache browser. Setelah dibersikan rapi kembali.
  14. Daku masih nyaman buka tele lewat aplikasi sih kak, karena praktis. Tapi pankapan buka lewat web, jadi wawasan penting nih
  15. aku jarang buka tele untuk chat, cuma join beberapa channel ilmu seo dan ilmu agama di sana. buka tele via apps mobile sih biasanya.
  16. Emang kesel bgt sih kalo Telegram Webnya connecting. Thank you bgt kak infonya bermanfaat!
  17. mantab, sekarang buka tele lebih seneng di dekstop seh
  18. Untungnya aku belum pernah ada kendala saat buka Telegram Web via laptop sih. Tapi, terima kasih banyak atas poin per poin penjelasannya ini.
  19. Works banget nih tips-tipsnya. Aku kebetulan pengguna web tele banget. Soalnya semudah itu dan membantu banget.