10+ Cara Mengatasi Facebook Tidak Bisa Dibuka

Facebook Tidak Bisa Dibuka
Selain Facebook keluar sendiri, ada masalah lain yang cukup sering terjadi di sosial media tersebut. Salah satunya adalah masalah Facebook tidak bisa dibuka.

Umumnya kalau sedang mengalami masalah ini, maka tampilan aplikasi kamu akan stuck di logo Facebook. Jadi tidak bisa masuk ke beranda atau akun Facebook kamu.

Kira-kira kenapa Facebook tidak bisa dibuka sih? Lalu adakah solusi untuk mengatasi Facebook yang tidak bisa dibuka? Jawabannya akan saya jelaskan selengkapnya di artikel ini.

Contents

Penyebab Facebook Tidak Bisa Dibuka

Seperti yang telah saya jelaskan, kalau masalah Facebook tidak bisa dibuka ini merupakan yang sering terjadi. Bahkan masalah ini bisa terjadi berkali-kali, sehingga cukup mengganggu ketika kamu ingin membuka Facebook.

Adapun penyebab Facebook tidak bisa dibuka, sebagai berikut:

  • Server aplikasi Facebook bermasalah
  • Belum update versi aplikasi Facebook terbaru
  • Ada error di sistem HP kamu
  • Terdapat bug di aplikasi Facebook
  • Masalah koneksi internet atau kuota habis
  • Cache aplikasi Facebook yang sudah menumpuk

Ternyata penyebabnya cukup banyak ya. Maka dari itu, cara mengatasinya juga akan berbeda-beda tergantung apa penyebabnya.

Cara Mengatasi Facebook Tidak Bisa Dibuka

Selanjutnya kita akan membahas solusinya. Karena sudah merupakan masalah yang umum terjadi, maka cara mengatasi Facebook tidak bisa dibuka ini terbilang mudah.

Asalkan masalahnya bukan dari server aplikasi Facebook yang down. Selain dari itu, seharusnya masalah Facebook tersebut masih bisa kita atasi sendiri.

Ini dia beberapa cara mengatasi Facebook tidak bisa dibuka di hp:

1. Restart HP

Restart HP

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan restart HP. Proses restart ini akan menyegarkan kembali sistem di HP kamu.

Sehingga apabila sebelumnya terjadi bug atau error pada sistem yang menyebabkan beberapa aplikasi jadi tidak bisa dibuka. Maka nantinya sistem akan disegarkan dan dapat berfungsi kembali.

Begitupun pada aplikasi yang terpasang di HP kamu, seharusnya jadi bisa dibuka secara normal lagi.

2. Paksa Berhenti Aplikasi

Paksa Berhenti adalah fitur di Android yang berfungsi untuk menghentikan aplikasi berjalan. Fungsinya tidak sebatas menghentikan saja, namun juga memperbaiki aplikasi yang sedang error.

Misalnya seperti Facebook tidak bisa dibuka dan stuck di logo saja. Nah, untuk cara menggunakan fitur Paksa Berhenti, kamu bisa lihat di bawah ini:

1. Jalankan Pengaturan » pilih menu Aplikasi.

Buka Menu Aplikasi

2. Selanjutnya pilih aplikasi Facebook.

Pilih Aplikasi Facebook

3. Ketuk opsi Paksa Berhenti » tekan OK.

Paksa Berhenti Aplikasi Facebook
4. Terakhir, kamu bisa coba buka Facebook kembali.

5. Selesai.

Baca Juga: Cara Kirim PDF Lewat Instagram

3. Periksa Koneksi Internet

Cek Koneksi Internet

Meskipun Facebook bisa digunakan tanpa internet. Namun di beberapa fiturnya aplikasi ini tetap membutuhkan akses internet.

Sehingga kalau tidak mendapatkan internet, umumnya beberapa fitur aplikasi Facebook akan menjadi tidak berfungsi.

Maka dari itu, kamu bisa pastikan koneksi internet yang sedang dipakai baik-baik saja. Kalau sedang bermasalah (ping besar) bisa ganti ke provider lain lebih dulu. Selain itu, pastikan kuota internet kamu juga masih cukup ya.

4. Pastikan Server Facebook Tidak Bermasalah

Cek Server Facebook

Mengingat Facebook adalah sosial media terbesar saat ini, tentunya penggunanya sangat banyak. Di mana hal ini bisa mempengaruhi server dari aplikasi Facebook itu sendiri.

Jika server aplikasi Facebook sedang down, maka beberapa fiturnya menjadi tidak berfungsi secara normal. Salah satunya seperti Facebook yang tidak bisa dibuka ini.

Nah, untuk cek kondisi server aplikasi Facebook. Kamu bisa kunjungi situs Downdetector. Misalnya grafiknya sedang tinggi, berarti server Facebook lagi down.

5. Hapus Cache

Menghapus cache secara rutin sebenarnya wajib kamu lakukan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi masalah yang bisa saja muncul di aplikasi.

Karena kalau cache menumpuk, umumnya akan membuat aplikasi berjalan secara tidak normal. Selain itu dengan menghapus cache secara rutin, kamu juga bisa sedikit menghemat free space di memori internal HP tersebut.

Ini dia cara hapus cache aplikasi Facebook:

1. Pertama kamu buka Pengaturan » pilih menu Aplikasi.

Pilih Menu Aplikasi

2. Selanjutnya pilih aplikasi Facebook » tekan menu Penyimpanan.

Buka Penyimpanan Facebook

3. Lalu tekan Hapus Memori » ketuk Hapus Data » dan pilih Hapus.

Hapus Cache Aplikasi Facebook

4. Setelah cache terhapus, silahkan buka Facebook kembali.

5. Selesai.

Catatan: Proses Hapus Data akan menghapus semua data tersimpan di aplikasi Facebook kamu. Nantinya, kamu harus login ulang kembali.”

6. Update Aplikasi Facebook

Update Aplikasi Facebook

Jarang update aplikasi Facebook juga bisa menyebabkan sosial media tersebut bermasalah. Karena seperti yang kita tahu, proses update di setiap aplikasi ini berfungsi untuk mengatasi bug yang ada di versi sebelumnya.

Maka dari itu, sekarang kamu bisa buka Google Playstore dan cari aplikasi Facebook. Lalu ketuk tombol Update dan tunggu sampai pembaruan aplikasi Facebook berhasil. Jika sudah, jalankan aplikasi Facebook kembali.

Baca Juga: Cara Mengatasi DM Instagram Error

7. Instal Ulang Aplikasi Facebook

Uninstall Aplikasi Facebook

Lalu bagaimana kalau tidak ada update? Ya, kamu bisa melakukan instal ulang aplikasi Facebook. Karena ada kemungkinan aplikasi Facebook yang terpasang di HP kamu mengalami corrupt data.

Sehingga membuat Facebook tidak bisa dibuka. Nah, untuk cara instal ulangnya mudah. Kamu hanya perlu buka Google Playstore dan cari aplikasi Facebook.

Kemudian ketuk tombol Uninstall untuk menghapus aplikasi tersebut. Kalau sudah berhasil di uninstall, kamu bisa Install aplikasi Facebook kembali.

8. Gunakan VPN

Gunakan VPN

Terkadang pemerintah melakukan take down di beberapa aplikasi sosial media, termasuk Facebook. Penyebabnya berbagai macam, contohnya seperti ada suatu pelanggaran di aplikasi tersebut.

Kalau masalahnya karena Facebook di take down, maka kamu bisa menggunakan VPN untuk mengakses sosial media tersebut.

Lalu apa saran VPN yang direkomendasikan? Kalau saya biasanya menggunakan SuperVPN, karena proses penggunaannya mudah dan gratis.

9. Buka Facebook Di PC

Buka Facebook di PC

Kalau masih tidak bisa dibuka juga, kemungkinan besar penyebabnya karena server aplikasi Facebook sedang down. Solusi alternatif yang bisa kamu gunakan adalah membuka Facebook dari PC lewat browser.

Umumnya Facebook yang biasa diakses lewat browser PC tidak ikut terkena down. Oleh karena itu, sembari menunggu aplikasi Facebook bisa digunakan kembali. Kamu dapat membuka Facebook di PC sementara waktu.

10. Pakai FB Lite

Gunakan FB Lite

Kalau tidak ingin repot menggunakan PC atau laptop, maka kamu bisa coba gunakan FB Lite. FB Lite adalah aplikasi dari Facebook juga, hanya saja ini versi mininya.

Fitur-fitur yang ada di FB Lite juga mirip, hanya saja lebih terbatas dari Facebook reguler. Namun cukup disarankan, jika kamu hanya ingin melihat-lihat postingan di Facebook saja.

Akhir Kata

Sekarang kamu sudah tahu beberapa cara mengatasi Facebook tidak bisa dibuka. Di mana caranya cukup beragam. Sehingga kamu harus menyesuaikannya dengan penyebab yang kamu alami.

Sekian dari saya. Jangan lupa share postingan ini jika kamu rasa bermanfaat, demikian dan Terimakasih!

Kenapa Facebook tidak bisa dibuka padahal kuota masih ada?

Penyebab Facebook tidak bisa dibuka bukan hanya dari kuota habis saja. Melainkan ada banyak penyebab lainnya, seperti server aplikasi bermasalah, cache menumpuk, sistem HP error, belum update versi dan sebagainya.

Bagaimana kalau Facebook tetap tidak bisa dibuka di PC?

Kamu bisa gunakan aplikasi FB Lite yang dapat digunakan di HP Android dan juga iPhone. Tapi kalau tetap ingin coba buka di PC, kamu bisa hapus history dan cache browser yang digunakan. Setelah itu, buka aplikasi Facebook kembali.

Berapa lama biasanya down di server Facebook?

Tergantung penyebabnya yang membuat server Facebook down. Tapi umumnya hanya berlangsung beberapa menit saja kok.

Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.

21 komentar

  1. No 5 sering sekali terjadi ya..adanya chace menjadikan aplikasi-aplikasi sering bermasalah. Terima kasih sharing tips nya ya.. bermanfaat sekali nih..
  2. Walaupun facebook termasuk sosmed yang jadul. Aku masih setia menggunakannya karena di sana banyak teman-teman lama. Nah pernah ada masalah notifikasi ganti kata sandi. Eh giliran udah diganti malah gabisa masuk. Pusing deh. Kadang hal-hal beginilah yang bikin lupa kata sandi, soalnya inget pernah diubah giliran dipakai log ini malah nggak bisa.
    1. Halo kak, untuk masalah katas sandi bisa gunakan fitur Lupa Password. Namun kakak harus ingat email yang didaftarkan FB tersebut ya, supaya bisa ganti ke password baru
  3. Ini bagi pemilik akun fb yang sering update status tapi lupa bersihkan memory hpnya...
  4. FB termasuk medsos tertua yang saya punya dan paling favorit selain IG dan Twitter.
  5. Aku buka FB pakainya web, bukan aplikasi. Jadi bukanya gak sering-sering deh. Btw, pernah gak bisa masuk akunnya. Alhamdulillah pakai verifikasi teman dan untung hafal, hehehe
  6. Nah betul biasanya kalau FB ngelag saya langsung hapus cache nya. Langsung restart juga hp nya. Alhamdulillah biasanya langsung lancar lagi
  7. bookmark ah artikelnya, ini penting banget kalau kalau terjadi facebook keluar sendiri. btw saya punya kendala sendiri terkait facebook, saya selalu mendapt notif sandi masuk ke FB padahal saya gak berusaha log in. nampaknya banyak tindakan pencobaan membobol akun fb saya ya? ada suggest apa yang harus saya lakukan?
    1. Disarankan untuk aktifkan fitur "Mendapatkan Pemberitahuan Login Tidak Dikenali", supaya begitu ada orang lain login kita dapat notif dan bisa memilih opsi Setujui atau tidak kak. Jadi mereka tidak bisa langsung masuk sebelum kakak setujui opsi tersebut :D
  8. Kalau udah berhenti paksa gitu malah fbku pernah gbs dibuka terus. Akhirnya harus q install ulang kak. Malah kalau dibersihkan cachenya fb-ku jarang g bisa. Tapi di beberapa kasus android 13 sering kali menemukan system UI-nya yg stop sendiri. 😮‍💨
  9. Kak, kalau fb butuh kode darurat itu harus gimana? Mau di restart hpnya dan update facebook juga ttp sama ik
    1. Ada banyak cara kak, itu karena kakak mengaktifkan fitur autentikasi 2 faktor. Pertama bisa dapatkan kode lewat SMS, setujui lewat perangkat yang login di FB yang sama atau dapat kode lewat apk pihak ketiga (seperti WhatsApp) biasanya sih kak
  10. Tips yang bermanfaat nih. Karena beberapa kali saya juga mengalaminya. FB tiba-tiba ngelag. Saya dulu gak kepikiran gimana-gimana, langsung uninstall FB dan install ulang. Hihihi
  11. makasih min, bermanfaat nih lama ga buka akun facebook juga. makasih tipsnya
  12. Tipsnya bermanfaat banget Kak, lengkap lo, jujurly saya lebih menyukai membuka FB di PC atau laptop dibandingkan HP, lebih puas aja sih sepertinya
  13. Facebook app ini sepertinya cukup memakan resource ya Kak. Terlebih lagi jika kita menginstal aplikasi pendukungnya seperti messenger. Membersihkan cache secara rutin memang cukup membantu mengurangi problem-problem seperti ini.
  14. Terima kasih infonya. Selama ini aku belum pernah ngalami facebook tidak bisa dibuka, hanya seringkali kayak freeze. Lalu loading lama. Lalu normal kembali seperti semula.
  15. Kemarin ada masalah juga saat akan masuk FB.
    Uda deg-degan kalo kenapa napa yaa.. Tapi biar gak salah langkah, kudu banget melihat panduannya di artikel ini.
  16. Thank you kak. Aku abis coba panduannya kak. facebook bapak saya gak bisa terbuka. Alhamdulillah sudah berhasil.
  17. Entah kenapa kalau pakai yang versi lite lebih entengan sih ya, ketimbang yang besar. Terlebih juga agak jarang bug atau ngadat tengah jalan gitu sih kalau daku pakai FB lite
  18. Sempet bermasalah sama FB, wah ada pencerahan caranya di sini. Makasih ulasannya ya kaka.