Cara Kirim PDF Lewat Instagram, Mudah!

Cara Kirim PDF Lewat Instagram

Saat ini Instagram menjadi sosial media yang memiliki banyak fitur. Contohnya seperti ada fitur chat atau biasa disebut Direct Message (DM).

DM di Instagram sendiri memungkinkan kamu untuk bisa mengirim beberapa jenis file, layaknya aplikasi chatting. Mulai dari file gambar, video, audio dan juga stiker.

Namun yang menjadi pertanyaan, apakah Instagram bisa kirim jenis file dokumen? Lalu bagaimana cara mengirim file dokumen di Instagram? Buat yang penasaran, langsung lihat saja cara kirim file dokumen PDF lewat Instagram di artikel ini.


Apakah Di Instagram Bisa Kirim Dokumen PDF?

Belum bisa, hal ini dikarenakan Instagram merupakan sosial media yang menyajikan konten berupa gambar dan video bukan dokumen.

Tapi untungnya di fitur DM Instagram, kamu bisa mengirimkan link. Dimana link ini bisa kamu buat dengan file yang berisi dokumen, baik itu Word, PDF, PPT dan sebagainya.

Link ini nantinya bisa kamu dapatkan dengan mengunggah file dokumen tersebut ke cloud storage (OneDrive, Google Drive dan lainnya). Setelah diunggah, nanti link bisa kamu bagikan ke Instagram.

Cara Kirim PDF Lewat Instagram

Seperti penjelasan saya di atas, untuk saat ini Instagram belum bisa mengirim file dokumen (Word, PDF, PPT) melalui fitur DM-nya.

Namun kamu bisa mengirimkan link yang didalamnya terdapat file dokumen tersebut. Begitu kamu kirim link, nantinya bisa langsung dibuka kok dan diarahkan file dokumen.

Kalau begitu langsung saja, ini dia cara untuk mengirim file PDF lewat Instagram:

1. Upload PDF Ke Cloud Storage

Upload File PDF Ke Cloud Storage

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunggah file PDF ke cloud storage. Pada artikel ini, saya menggunakan cloud storage Google Drive.

Tapi kamu juga bisa kok menggunakan cloud storage lain, seperti OneDrive, Mega dan sebagainya.

Kalau ingin pakai Google Drive juga, bisa langsung dibuka saja aplikasi tersebut. Kemudian, tekan ikon Tambah dan pilih menu Upload. Lalu kamu tinggal cari deh, file PDF yang ingin di share ke Instagram.

2. Salin Link PDF

Salin Link File PDF

Setelah file PDF berhasil di upload ke cloud storage, langkah selanjutnya kamu hanya perlu menyalin link saja.

Caranya dengan mengetuk icon More Options di file PDF yang ingin dikirim dan pilih Salin Link. Nanti akan muncul notifikasi Di Salin Di Clipboard yang berarti link sudah tersalin.

3. Share Ke DM Instagram

Kirim PDF Lewat Instagram

Terakhir kamu tinggal membagikannya saja ke Instagram. Jadi bisa buka DM di Instagram lebih dulu, lalu pilih teman yang ingin dibagikan file PDF tersebut.

Selanjutnya tinggal tempel link dan tunggu beberapa saat sampai muncul thumbnail seperti gambar di atas. Nantinya kalau teman kamu klik link yang diberikan, akan langsung diarahkan ke file PDF tersebut.

Catatan: Panduan di artikel ini menggunakan cloud storage Google Drive. Bila kamu menggunakan cloud storage lain seperti DropBox, OneDrive, Mega atau lainnya akan ada penyesuaian langkah yang berbeda.”


Baca Juga :

Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara untuk kirim PDF lewat Instagram. Langkah-langkahnya cuma harus upload file PDF ke cloud storage, salin link dan bagikan ke DM Instagram. Nantinya teman kamu tinggal klik link yang telah diberikan untuk bisa langsung membuka file PDF tersebut.

Sedangkan kalau ingin mengirim langsung, saat ini Instagram belum memiliki fitur tersebut. Sekian artikel ini, jangan lupa tinggalkan komentar bila ada yang ingin kamu tanyakan.

Terimakasih!

Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.

Posting Komentar