9+ Cara Mengatasi Facebook Keluar Sendiri

Cara Mengatasi Facebook Keluar Sendiri

Ketika lagi asik main Facebook tidak lama malah keluar sendiri. Bahkan parahnya masalah ini terjadi berulang kali sehingga membuat kita bingung.

Mengenai masalah keluar sendiri di Facebook memang cukup banyak juga orang yang mengalaminya. Karena masalah ini bisa muncul berulang kali, pastilah ada penyebabnya.

Nah buat yang lagi masalah Facebook keluar sendiri, jangan bingung dulu. Karena saya di sini akan menjelaskan penyebab dan cara untuk mengatasi Facebook keluar sendiri.

Contents

Kenapa Facebook Keluar Sendiri?

Facebook keluar sendiri adalah salah satu masalah yang sering di alami beberapa orang. Masalah ini bisa muncul sesekali saja, bahkan dapat juga terjadi berkali-kali.

Adapun beberapa penyebab Facebook keluar sendiri, seperti:

  • Ada error di aplikasi Facebook atau sistem perangkat kamu
  • Belum menggunakan versi Facebook terbaru
  • Cache Facebook sudah menumpuk
  • Memori internal perangkat kamu hampir habis
  • Membuka banyak aplikasi atau game di satu waktu
  • Perangkat kamu terdapat virus
  • Masalah koneksi internet yang tidak stabil
  • Aplikasi Facebook tidak support di perangkat kamu

Ya, penyebab yang membuat Facebook keluar sendiri memang terbilang banyak. Maka dari itu supaya masalah ini bisa kamu minimalisir, maka harus dipahami penyebab-penyebabnya.

Cara Mengatasi Facebook Keluar Sendiri

Setelah kamu tahu beberapa penyebab yang membuat Facebook keluar sendiri, sekarang saya akan menjelaskan cara untuk mengatasinya.

Caranya bisa kamu sesuaikan sendiri tergantung dari penyebabnya. Tapi kalau tidak tahu apa penyebabnya, silahkan coba satu per satu.

Berikut ini beberapa cara mengatasi Facebook keluar sendiri:

1. Restart HP

Coba Restart HP

Masalah pada aplikasi bisa terjadi karena ada error atau bug ketika digunakan. Oleh karena itu kalau terjadi error, kamu bisa melakukan restart lebih dulu.

Karena proses restart ini bisa memperbaiki masalah error pada aplikasi ataupun sistem perangkat. Setelah restart selesai, kamu bisa coba gunakan Facebook kembali dan pastikan sudah tidak keluar sendiri lagi.

2. Update Ke Facebook Versi Terbaru

Update Versi Facebook

Banyak dari kita yang terkadang malas memperbarui versi aplikasi. Terlebih lagi aplikasi tersebut juga tidak mengirimkan notifikasi update versi.

Di sisi lain, kalau kita tetap menggunakan versi lama pada suatu aplikasi. Biasanya menyebabkan aplikasi yang terinstal di perangkat kita sering mengalami masalah. Begitupun juga pada Facebook ya.

Maka dari itu, alangkah baiknya sih kamu coba cek versi terbaru dari Facebook. Kalau ada versi terbaru, kamu bisa update lebih dulu.

3. Bersihkan Data Aplikasi

Beberapa kali saya pernah mengalami masalah error di aplikasi karena disebabkan data cache yang menumpuk. Buat yang belum tahu data cache di aplikasi ini berfungsi untuk menyimpan informasi sementara.

Contohnya kalau kamu login di Facebook, searching akun orang lain dan sebagainya maka akan menambah data cache tersebut. Kalau jarang dibersihkan, tentunya akan menumpuk dan bisa membuat error.

Oleh sebab itu, disarankan untuk coba membersihkannya lebih dulu. Berikut cara untuk membersihkan data cache aplikasi Facebook:

1. Buka menu Pengaturan dan pilih Aplikasi.

Buka Pengaturan Aplikasi

2. Selanjutnya cari dan pilih aplikasi Facebook.

Pilih Aplikasi Facebook

3. Lalu ketuk menu Penyimpanan.

Buka Menu Penyimpanan

4. Tekan Hapus Memori, lalu pilih Hapus Data.

Hapus Cache Facebook

5. Terakhir ketuk Hapus untuk mengkonfirmasinya.

Ketuk Analisis Penyimpanan

6. Selesai.

karena kita juga menghapus data, maka nantinya data login kamu di Facebook akan terhapus. Kalau ingin masuk, maka kamu harus login ulang lagi

4. Hapus File Sampah

Setiap ada update versi, ukuran aplikasi juga akan terus bertambah. Sama halnya seperti Facebook yang bisa terus menambah.

Oleh karena itu, kamu harus menyediakan ruang kosong di memori internal yang cukup. Kalau tidak, biasanya membuat beberapa aplikasi mengalami force close atau keluar sendiri.

Solusinya bagaimana? Salah satunya dengan menghapus file sampah yang ada di memori internal HP kamu. Berikut cara menghapus file sampah di Android:

1. Pertama silahkan buka File Saya, kemudian ketuk menu Analisa Penyimpanan.

Buka File Saya

2. Setelah itu geser ke bawah sampai menemukan kolom Sampah.

3. Pilih salah satu menu Sampah yang ingin dihapus. Contohnya saya pilih sampah yang ada di File Saya.

Pilih Semua Sampah

4. Setelah itu, tekan salah satu File dan Pilih Semua. Tekan Hapus Semua untuk membersihkannya.

5. Terakhir tekan Hapus untuk mengkonfirmasinya.

Hapus Semua Sampah

6. Selesai.

5. Kurangi Pemakaian RAM

Tutup Semua Aplikasi

Terkadang kita sering melakukan multi-tasking atau membuka banyak aplikasi di HP dalam satu waktu. Kalau untuk HP yang memiliki RAM besar sebenarnya tidak terlalu bermasalah.

Hanya saja kalau kapasitas RAM kita terbilang kecil, masalah ini tentunya bisa menimbulkan beberapa masalah. Contohnya seperti aplikasi yang sering keluar sendiri.

Jadi sebaiknya kalau sudah sering mengalami aplikasi keluar sendiri, seperti Facebook. Kamu harus kurangi melakukan multi-tasking di perangkat tersebut. Supaya RAM bisa bekerja secara lebih optimal.

6. Cek Virus Di Perangkat

Selain itu, virus juga bisa membuat beberapa aplikasi di HP kamu menjadi tidak berfungsi secara normal. Mulai dari HP terasa lag, muncul banyak iklan hingga menutup aplikasi berjalan dengan sendirinya.

Kalau kamu merasa HP tersebut terkena virus, ada baiknya coba scan dulu untuk memastikannya. Kalau untuk scan virus, biasanya saya menggunakan aplikasi AVG Antivirus & Security.

Karena selain punya rating bagus, aplikasi antivirus ini juga bisa digunakan secara gratis. Berikut cara cek virus di perangkat lewat AVG Antivirus & Security:

1. Pastikan sudah instal aplikasi AVG Antivirus & Security di HP kamu.

2. Kemudian ketuk Mulai Pemindaian.

Mulai Scan Virus

3. Tunggu sampai proses Pemindaian selesai.

Tunggu Proses Scan

4. Bila ada Virus atau File mencurigakan, maka tampilannya akan seperti berikut.

Hapus Aplikasi Dicurigai

5.  Lalu untuk berjaga jaga, kamu bisa ketuk Selesaikan dan Hapus aplikasi atau file yang dicurigakan tersebut.

6.   Selesai.

7. Coba Ganti Koneksi Internet

Ganti Koneksi Internet

Masalah Facebook keluar sendiri sebenarnya tidak hanya disebabkan dari error aplikasi atau sistem HP kamu lho. Melainkan juga bisa disebabkan dari koneksi internet yang tidak stabil.

Oleh karena itu, coba kamu cek dulu kualitas internet yang dipakai lewat situs Speedtest. Misalnya Ping dari internet tersebut besar, disarankan untuk ganti dulu ke provider lain.

Setelah ganti provider, kamu bisa coba buka Facebook lagi seperti biasa. Kalau masalahnya hanya dari koneksi internet, harusnya langkah ini ampuh untuk mengatasinya sih.

8. Reinstall Facebook

Reinstall Aplikasi Facebook

Lalu bagaimana kalau masih tidak bisa? Maka kamu bisa coba melakukan reinstall aplikasi Facebook tersebut. Karena dikhawatirkan ada data yang rusak pada aplikasi Facebook di HP kamu.

Jadi kamu bisa uninstall dulu aplikasi Facebook yang telah terpasang. Kemudian restart HP dan lakukan instal Facebook lagi.

Kalau sudah, kamu bisa coba login ulang dan mainkan Facebook selama beberapa waktu.

9. Gunakan FB Lite

Gunakan FB Lite

Semakin banyak update, spesifikasi untuk bisa menjalankan suatu aplikasi juga akan meningkat. Sama halnya seperti Facebook ini.

Mungkin saja, spesifikasi HP kamu saat ini sudah kurang support menjalankan aplikasi Facebook. Sehingga membuat fungsi-fungsinya tidak berjalan dengan normal.

Tapi kamu jangan khawatir. Karena kamu bisa menggunakan aplikasi Facebook versi sederhana, yaitu FB Lite. Jadi, FB Lite ini mirip seperti Facebook kok. Hanya saja tampilannya lebih sederhana dibanding Facebook reguler.

Akhir Kata

Jadi itulah beberapa cara mengatasi Facebook keluar sendiri. Pastikan cara yang saya bagikan di atas disesuaikan dengan penyebabnya ya.

Karena setiap orang biasanya memiliki penyebab Facebook keluar sendiri yang berbeda-beda. Kalau ada pertanyaan, tekan kolom komentar di bawah dan isi ya. Nanti akan saya bantu jelaskan.

Sekian dari saya, Terimakasih.

Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.

47 komentar

  1. Aku baru tahu ada kasus kaya gini. Aku pernah ngalami ini tapi bukan di FB tapi saudaranya si FB. Solusinya aku restart ulang dan hapus cache-nya. Bersyukurnya si appnya normal kembali. ❤️❤️
  2. Waah..pas banget nih infonya utkku yg sedang kerepotan karena memori Internal menipis. Mau coba juga step2 nya ah... Terimakasih sharing infonya ya
  3. FB saya gini nihh sering logout mana kudu update sandi mulu, makasih yaa ka admin pencerahannya.
  4. Hapus cache dan bersihkan penyimpanan. Hal ini terjadi karena kapasitas penyimpanan yang penuh. makasih tipsnya, sangat bermanfaat.
  5. Aku wkt itu pernah begitu tuh... mending fb keluar sendiri. Ini malah aplikasi pinjol tiba2 muncul d layar, meski layar mati. Di vek2 ternyata ada virusnya di aplimasi yg abis di donwload si kecil. Aduh serem bgt untung g ke klik macam2 d aplikasi pinjol itu.
  6. Wah ternyata banyak yang mengalami ini yaa. Jujur saya pribadi sih belum pernah mengalami, cuma teman saya suka mengeluhkan hal ini. Thank informasinya.
  7. dewasa ini, facebook juga seringkali dimanfaatkan orang untuk memasarkan produk ataupun jasanya, tentunya jika kendala ini terjadi itu akan sangat menyebalkan.. beruntungnya, di artikel ini sudah komplit diberikan jurus2 untuk menanggulangi jika seandainya terjadi masalah tersebut..
  8. Fb adalah aplikasi yang boros memory dan mempunyai cache besar. Rajin membersihkannya adalah langkah terbaik.
  9. Salah satu yang saya gunakan yaitu FB Lite karena kalau menggunakan FB biasa itu terlalu banyak keluar kuota dan sering lambat terlebih lagi kalau mau chat harus ke masenger dulu dan install lagi
  10. jarang-jarang buka FB, selama ini sih bekum pernah ngalamin, tapi jadi tambah wawasan banget nih, jadi tau what to do kalo ngalamin ini. thanks for share
  11. thanks bos tips n triknya
    jadi nambah elmu dan pengalaman baru
    salam kenal dan salam rahayu
    wahono secret
  12. Sebagai Digital Advertiser yang masih setia sama Meta Ads suka sebel kalau tiba-tiba Facebook keluar sendiri. Terima kasih sharingnya kak!
  13. Facebook keluar sendiri mungkin karena dia sudah bosan ditengah keramaian^-^'
    terima kasih sharingnya ya kak.. secara umum tips-nya kelihatannya juga bisa dipakai untuk housekeeping aplikasi lain, tidak hanya Facebook.
  14. nice sharing gan, sangat bermanfaat sekali. terima kasih
  15. Alhamdulillah ga pernah ngalamin sih cm krmn sempat kesusahan untuk sign in.. Ternyata ud di setting hanya utk 1 device. Entah sy yang nyetting ataukah dari fbnya, yg jelas sampai beberapa bulan sempat ga bisa buka fb Hehe.
  16. wah, ternyata ada banyak masalah yang mungkin bisa kita cari. Kalau sudah tahu penyebabnya tinggal dipraktekkin solusinya dong ya
  17. Benar-benar meresahkan ini sering banget logout, makasih banyak ya sharenya
  18. Aku pernah mengalami aplikasi medsos suka keluar sendiri, ini Instagram. Kadang baru buka beberapa detik udah keluar sendirj. Aku diemin sih, kalau benerbener udah enggak bisa lagix , langsung uninstall dan reinstall
  19. Selama ini cara yang sering saya gunakan dari 9 cara diatas adalah restart hp dan menghapus file sampah, terima kasih sudah kasih cara lainya
  20. Wah, iya nih bikin panik aja kalau medsos kok keluar masuk sendiri. Terlebih aku nih orangnya rada2 gaptek dan panikan kalau berhubungan dengan internet.
  21. sudah lama sekali saya tidak buka fb, tapi makasih tutornya. btw sekarang app fb andorid makin berat ya?
  22. nice mas gusti udah berbagi informasi dan tips nya seputar cara mengatasi aplikasi facebook yang kerap keluar sendiri.. makasih mas
  23. Sudah jarang sekali saya buka Facebook sekarang, huhu. Ternyata ada ya kasus aplikasi FB sering keluar sendiri. Semoga next tipsnya bisa diterapkan bila kejadian
  24. Dulu mengira langsung pada wah ada yg mau bobol data gitu ketika fb keluar sendiri. Ternyata bisa saja dengan masalah lain ya. Dan kita bisa menyelesaikannya
    Step by stepnya saya izin save ya
  25. Kang Sugianto -Dulu sering mengalami masalah ini waktu masih hp yang lama. Setiap keluar sendiri sellau langsung bersihkan cache dan lainnya
  26. rajin-rajin clear cache nih memang perlu dilakukan rutin.
    kayaknya bisa diterapkan untuk aplikasi lain juga ya kak tipsnya?
  27. Semakin lama, FB semakin banyak aplikasi tambahannya ya. Mungkin ini juga salah satu sebab kadang FB semakin berat. Rajin bersih-bersih HP memang penting juga untuk menjaga performa aplikasi sepertinya ya.
  28. Aku nggak pernah mengalami febuk yang keluar sendiri, tetapi aplikasi lain yang mengalami begini. Aku akan coba cara di atas ini untuk mengatasi aplikasi sering keluar sendrii begini. Makasih sudah berbagi Kak.
  29. Jujur aja sekarang saya sudah jarang buka facebook, dan kalau buka facebook pun lebih enak dari laptop karena tampilannya lebih luas.
  30. Paling mudah cara bersihin cache Facebook sih sma aplikasi lainnya, karena terlalu banyak cache kadang bikin kinerja hp sedikit down sehingga aplikasi sering keluar keluar
  31. Kalau mau hapus data tuh seringnya ragu2. Saking udah segala macam akun terbuka di laptop maupun smartphone, urusan password udah otomatis kan. Klo hapus data harus masukin manual lagi. Udah banyak lupanya nih soalnya hehehee...
  32. Udah lama bgt nggak berkecimpung di dunia Facebook, aktifnya sekarang di IG doang itu pun jarang.
  33. Semudah itu ya ternyata, kadang malah bikin panik, wkwk.. Akhirnya kesel sendiri.
  34. Wah baru tahu ada kasus begini, jadi tahu cara menanganinya kalau begini. terima kasih informasinya kak...
  35. Aku juga pernah ke log out gini. Akhirnya di laptop aja kalau mau Facebook an, ahaha. Mengurangi distraction juga ternyata. Tapi cara ini penting buat yang bener2 harus akses Facebook, terutama untuk kerja sih 👍🏻
  36. Detil banget tutorial untuk satu masalah. Berguna banget artikel seperti ini. Dikupas tuntas setiap sebab dan solusinya..
  37. bagus lho ini. tutorialnya bisa membantu saya yang kurang mengerti dunia perseluk-beluk pesbukkk ini
  38. Repot juga ya klo FB atau aplikasi lain bs keluar sendiri bgtu. Thank you kak udh share cara mengatasinya.
  39. Biasanya si kalo udah di restart sama update pasti bakalan bisa digunakan, tetapi kalo masi error solusinya bener hapus folder dan chace-nya. Pasti udah bisa dehh, nice artijel kak
  40. Selama ini biasanya sering restart aja dan update. Ternyata bisa disiasati dengan hapus datanya penyimpanannya ya.
  41. Jujur udah jarang pakai facebook, tp thanks yaa infonya!
  42. Kalo di fb sih ga pernah ngalamin gini. Tapi akun yang selalu keluar sendiri tuh akun ig. saya malah curiganya itu ada yang hack.
  43. Wah pas banget FB suami lagi tiba tiba keluar sendiri dan kalau mau log in harus autentivikasi dua faktor dulu. Terima kasih informasinya kak
  44. Wah aku belum pernah ngalamin fb keluar sendiri sih, tapi tips nya bagus nih. Khawatir juga kan kalau sosmed tiba-tiba logout.
  45. Terima kasih sekali..
    Jadi terbantu karena arahannya sangat jelas. Aku jarang banget bebersih HP.Tapi karena bisa jadi membuat HP error, kayanya sebelum terjadi FB keluar sendiri, aku kudu lakukan langkah-langkah yang diajarkan ka Gusti.
  46. Terima kasih untuk tips tipsnya kak. Jadi tau caranya bersih bersih memori HP dan cara scan kalo ada virus di HP kita.
  47. Terima kasih tipsnya.. Kalau pribadi lebih suka untuk hapus cache, ya meskipun harus Terima resiko lupa akan password nya