3+ Cara Registrasi Kartu Telkomsel, Terbaru!

Cara Registrasi Kartu Telkomsel
Bagi kamu yang baru menggunakan Telkomsel, maka harus melakukan registrasi lebih dulu supaya kartu SIM tersebut bisa aktif. Untungnya, proses registrasi Telkomsel ada banyak cara.

Semua caranya pun sangat mudah, sehingga tidak akan menyulitkan kamu untuk melakukan registrasi kartu Telkomsel. Karena untuk bisa daftar kartu Telkomsel umumnya hanya perlu menyiapkan NIK dan nomor KK saja.

Kalau begitu langsung saja simak cara registrasi kartu Telkomsel terbaru di artikel ini.

Contents

Kenapa Harus Registrasi Kartu Telkomsel?

Dilansir dari situs resmi Telkomsel. Bahwa setiap pelanggan kartu SIM Telkomsel wajib melakukan registrasi identitas sebelum bisa menggunakan nomor HP tersebut. Dimana registrasi ini diisi sesuai dengan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK).

Alasannya, karena proses registrasi ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meminimalisir adanya sindikasi penipuan. Contohnya seperti SMS penipuan, telfon dan lainnya yang menggunakan nomor HP.

Disisi lain, upaya ini akan membuat kita sebagai konsumen menjadi lebih aman. Karena nomor spam untuk melakukan penipuan akan terdeteksi pemerintah dan diblokir.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel

Setelah tahu alasan pentingnya registrasi kartu Telkomsel, sekarang saya akan menjelaskan caranya. Di sini ada beberapa cara, kamu bisa pilih salah satu saja nantinya.

Tapi sebelum itu, pastikan kamu telah menyiapkan KTP dan KK. Kalau sudah bisa langsung lihat beberapa cara registrasi kartu Telkomsel di bawah ini:

1. Melalui SMS

Registrasi Telkomsel Melalui SMS

Cara daftar kartu Telkomsel yang pertama adalah melalui SMS. Di sini kamu bisa mengirimkan SMS ke 4444 dengan format seperti berikut.

REG NIK#NO.KK#

Kalau sudah mengisi format yang sesuai, langsung kamu kirim saja. Lalu nantinya kamu akan mendapatkan balasan kalau nomor tersebut berhasil diregistrasi.

2. Menghubungi CS Telkomsel

Registrasi Telkomsel Melalui Call Center

Selain lewat SMS, cara mengaktifkan kartu Telkomsel selanjutnya adalah dengan menghubungi customer service Telkomsel di 188.

Nantinya kamu bisa jelaskan kalau ingin registrasi kartu Telkomsel di nomor HP yang dipakai. Kemudian kamu akan ditanya NIK dan Nomor KK. Silahkan sebutkan saja untuk diverifikasi customer service Telkomsel.

3. Lewat Kode USSD

Registrasi Telkomsel Melalui Kode USSD

Cara aktivasi kartu Telkomsel berikutnya adalah lewat kode USSD, *444#. Setelah memasukkan kode USSD ini, nantinya akan muncul beberapa opsi.

Diantara opsi tersebut, kamu harus pilih Registrasi. Kemudian masukkan NIK dan Nomor KK untuk melanjutkan proses registrasi kartu Telkomsel.

4. Kunjungi Grapari Telkomsel Terdekat

Registrasi Telkomsel Melalui Grapari

Terakhir, kamu bisa mengunjungi Grapari Telkomsel untuk melakukan registrasi kartu SIM. Sebelum mendatangi Grapari, kamu harus menyiapkan KTP dan Kartu Keluarga lebih dulu.

Kemudian bawa atau pasangkan kartu Telkomsel yang ingin diregistrasi pada HP tersebut. Proses registrasi di Grapari umumnya gratis kok.

Prosesnya juga mudah, karena hanya ditanya nomor Telkomsel kamu. Kemudian akan ditanya juga NIK dan Nomor KK kamu untuk mengaktifkan kartu Telkomsel tersebut.

Cara Cek Status Registrasi Kartu Telkomsel

Kalau kamu sudah lama menggunakan Telkomsel, tapi lupa pernah registrasi atau tidak maka bisa di cek dulu. Sehingga kalau nanti ternyata belum di registrasi, kamu bisa segera melakukannya.

Proses cek kartu Telkomsel ini sama mudahnya kok dan ada beberapa cara juga yang bisa kamu gunakan.

Berikut beberapa cara cek status registrasi kartu Telkomsel:

1. Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Pertama, kamu bisa cek status registrasi Telkomsel di aplikasi MyTelkomsel. Tapi sebelum itu, nomor HP kamu harus sudah login dulu ke aplikasi MyTelkomsel tersebut.

Kalau sudah, kamu bisa ikuti cara cek status registrasi kartu Telkomsel di MyTelkomsel berikut ini:

1. Buka aplikasi MyTelkomsel, lalu ketuk Username kamu di bagian atas.

Buka Profil MyTelkomsel

2. Setelah itu, pilih menu Cek Nomor Telkomsel Dengan NIK.

Pilih Cek Nomor Telkomsel Dengan NIK

3. Lalu isi Nomor KTP, Nomor KK dan Nomor Telkomsel yang kamu gunakan. Kalau sudah, ketuk tombol Cek Status.

Cek Status Registrasi Telkomsel

4. Bila sudah registrasi, akan muncul Nomor Telepon Kamu yang dikaitkan dengan NIK dan Nomor KK tersebut.

Cek Registrasi Telkomsel Lewat MyTelkomsel

5. Selesai.

2. Melalui Kode USSD

Cek Registrasi Telkomsel Lewat Kode USSD

Kamu juga bisa cek status registrasi kartu Telkomsel melalui kode USSD, *444#. Jadi, kamu bisa buka aplikasi Panggilan lebih dulu, lalu masukkan kode USSD *444#.

Panggil dengan nomor Telkomsel, lalu pilih Cek Status Registrasi. Selanjutnya kamu tinggal masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan tekan Mengirim.

Nantinya kamu akan mendapatkan balasan mengenai status registrasi kartu Telkomsel tersebut.

3. Menghubungi Call Center

Cek Registrasi Telkomsel Lewat Call Center

Terakhir kamu dapat juga menghubungi call center Telkomsel untuk mengecek status registrasi. Caranya cukup dengan menghubungi 188 saja.

Kemudian kamu jelaskan kalau ingin mengecek status registrasi kartu Telkomsel. Lalu kamu bisa informasikan nomor Telkomsel tersebut, NIK dan Nomor KK.

Dan tunggu sampai CS Telkomsel selesai melakukan pengecekkan.

Cara Mengaktifkan Kembali Kartu Telkomsel yang Sudah Mati

Terakhir saya akan menjelaskan cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati. Dimana umumnya mati karena masa tenggatnya habis.

Nah, untuk mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati kembali sebenarnya cukup mudah. Prosesnya juga hampir sama seperti registrasi kartu Telkomsel tadi.

Supaya lebih ringkas, langsung saja ini dia cara mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang sudah mati:

1. Melalui Kode Dial

Aktifkan Kembali Kartu Telkomsel Lewat Kode USSD

Pertama kamu bisa mengaktifkannya kembali melalui kode dia Telkomsel, *888*89#. Lalu siapkan KTP dan KK juga. Karena kedua data identitas ini nantinya diperlukan untuk proses pengembalian kartu Telkomsel yang sudah mati.

Berikut cara mengembalikan kartu Telkomsel yang sudah mati lewat kode dial:

1. Hubungi kode dial *888*89# melalui nomor Telkomsel yang sudah mati di HP kamu.

2. Kemudian pilih menu Reaktivasi Kartu.

3. Baca ketentuan pengembalian kartu dan pilih Setuju.

4. Lalu masukkan Nomor KTP dan KK kamu.

5. Setelah itu, tunggu balasan dari operator untuk mengetahui berhasil atau tidaknya permintaan pengembalian kartu Telkomsel kamu.

6. Selesai.

2. Hubungi Telkomsel E-Care Di Sosial Media

Aktifkan Kembali Kartu Telkomsel Lewat Telkomsel E-Care

Misal kamu aktif di sosial media, bisa juga mengembalikan kartu Telkomsel yang sudah mati melalui Telkomsel E-Care. Telkomsel E-Care ini umumnya aktif di Twitter dan Instagram.

Jadi kamu bisa ikuti akun sosial media Twitter dan Instagram Telkomsel lebih dulu. Kemudian kirim pesan ke salah satu sosial media tersebut.

Kalau ingin lebih jelas, bisa ikuti langkah-langkah berikut:

1. Hubungi Telkomsel E-Care Twitter atau Instagram melalui Direct Message.

2. Isi pesan Reaktivasi Prepaid.

3. Lalu infokan Nomor Telkomsel dan Username akun sosial media kamu.

4. Setelah diverifikasi, nantinya kamu akan diberikan Link oleh Telkomsel E-Care.

5. Pada link tersebut, kamu bisa upload KTP, KK dan Foto Kartu SIM Telkomsel Fisik yang ingin di reaktivasi.

6. Nantinya kamu akan dihubungi pihak Telkomsel melalui Video Call.

7. Selesai.

3. Datangi Grapari Telkomsel Terdekat

Aktifkan Kembali Kartu Telkomsel Lewat Grapari

Cara reaktivasi kartu Telkomsel terakhir ialah dengan mendatangi Grapari. Di sana kamu akan bertemu dengan customer service Telkomsel, lalu jelaskan saja kalau ingin mengaktifkan kembali kartu Telkomsel tersebut.

Kamu infokan juga, Nomor HP Telkomsel yang ingin di reaktivasi, KTP dan KK yang dikaitkan ke kartu tersebut. Lalu tunggu sampai proses reaktivasi dilakukan oleh customer service Telkomsel.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa cara registrasi kartu Telkomsel terbaru. Selain itu, saya juga telah menjelaskan cara cek status registrasi kartu Telkomsel. Dan juga cara reaktivasi kartu Telkomsel yang sudah mati.

Kalau kamu masih punya pertanyaan terkait hal yang telah kita bahas di atas, boleh isi kolom komentar ya.

Sekian dari saya, Terimakasih.

Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.

17 komentar

  1. Saya paling senang pakai sms, karena lebih cepat dan mudah. Hanya hitungan menit, kartu langsung bisa dipakai. Kalau ke grapari jauh dan antre 😁
  2. Untunglah saya sudah lama registrasi. Saking lamanya, sampai lupa caranya kalau engga baca langkah-langkahnya lagi ini.
  3. Terima kasih atas informasinya. Karena bisa jadi referensi saat beli kartu telkomsel
  4. Telkomsel emang bagus. Tapi kadang2 jengkelin karena ga bisa pelayanan online harus ke Grapari. Padahal sekarang sudah era digital, tapi kayaknya emang udah terlanjur besar jadi inovasinya kadang telat. Hehehe
  5. Aku dan suami udah belasan tahun pakai telkomsel. Gak pernah ganti nomor. Jaringannya bagus dan luas sampai ke pelosok. Pas anakku mulai pakai HP juga kami berikan telkomsel.
  6. Saya termasuk pengguna setia telkomsel, meskipun pernah kartunya mati gara-gara ditinggal keluar negeri tapi pas pulang Indonesia masih setia dengan telkomsel apalagi ada produk lainnya dari telkomsel yaitu By.U
  7. Sudah lama sekali saya tidak pernah registrasi kartu telkomsel karena nomor telkomsel saya nomor-nomor yang sudah belasan tahun, sekarang semakin mudah ya dan banyak alternatif untuk mendaftar kartu telkomsel baru
  8. Langganan Grapari semenjak sekolah tapi masih sering bingung juga hehe. Tulisannya perlu banget nih apalagi kalau lagi ingin tau cara cek status registrasi, dan mengaktifkan kembali kartu yang sudah mati. Sangat membantu bagi pengguna Telkomsel yang memerlukan informasi tersebut. Terima kasih atas panduannya ya Kak.
  9. Udah bertahun-tahun lalu waktu registrasi kartu Telkomsel dan udah lupa caranya gimana :)) Kalau nanti butuh lagi tinggal cari di internet atau langsung ke blog ini :)
  10. Saya kalau registrasi nomor ngikut petunjuk yang ada di tulisan bungkusnya aja, tapi ternyata banyak cara ya. Btw telkomsel adalah provider yang saya pakai sejak lama banget dan bertahan sampai sekarang. Emang legend provider yang satu ini karena banyak bgt dipake sama para orang tua juga.
  11. wah terima kasih banyak infonya, iya nih saya mau ke grapari bolak-balik kelupaan padahal dekat banget letaknya
  12. Telkomsel ini jaringannya ok punya, bahkan sampai ke pelosok nyempil masih ada lo. Dulu ngecamp yg kukira enggak ada sinyal, ternyata jaringan telkom masih bisa masuk di wilayah hutan.
  13. Terima kasih banyak tipsnya. Untuk masalah provider internet dan jaringan seluler, Telkomsel memang tidak ada lawannya. Jaringannya stabil.
  14. Aduh... istri saya punya kartu telkomsel jarang dipake, tapi terdaftar di beberapa aplikasi olshop buat verif. kemarin katanya ga bisa dipake harus regis ulang. ternyata ada rules baru.
  15. Tulisannya membantu banget buat yang baru mau aktivasi nih. Beneran sih, aku juga bingung kalau aktivasi. Tapi paling enak pakai USSD kalau aku, gak ribet dan gak bakal lupa mau ngetik apaan, ihihi
  16. Wahh lengkap banget tulisannya, jadi gak bingung lagi kalau misal mau registreasi kartu telkomsel baik secara online mandiri atau datang langsung ke graparinya. Terima kasih sudah berbagi
  17. Ternyata cara mengaktifkan kartu telkomsel banyak caranya ya, selama ini tahunnya otw kantor CS-nya atau kalau gak ya langsung diaktifin counter seller hehe.
    Terakhir beli Telkomsel kyknya buat ngisi HP kedua tapi dibeliin sama suamiku jd gak ngisi dan aktif kan sendiri hehe. BTW makasih infonya.