Cara Ubah Pascabayar ke Prabayar Telkomsel (100% Berhasil)

Cara Ubah Pascabayar ke Prabayar Telkomsel (1)

Setiap provider biasanya memiliki 2 jenis kartu SIM, yaitu Prabayar dan Pascabayar. Ringkasnya, Prabayar adalah jenis kartu SIM yang mengharuskan kamu beli pulsa lebih dulu supaya bisa ditukarkan dengan kuota.

Sedangkan Pascabayar sebaliknya, dimana kuota secara otomatis diisi oleh provider. Lalu kamu akan menerima tagihan setiap bulannya.

Baik Prabayar ataupun Pascabayar sebenarnya punya kelebihannya masing-masing. Tapi bagi sebagian orang lebih nyaman menggunakan Prabayar karena kita bisa mengatur pembelian kuota sendiri.

Karena hal ini membuat mereka yang sudah menggunakan Pascabayar ingin mengubah ke Prabayar. Nah di sini, saya akan menjelaskan panduannya pada provider Telkomsel hingga berhasil.


Cara Ubah Pascabayar ke Prabayar Telkomsel

Mengubah Pascabayar ke Prabayar Telkomsel ternyata bukan hal yang sulit. Bahkan kamu tidak perlu repot-repot datang ke Grapari, membawa dokumen dari nomor tersebut dan menghubungi CS.

Karena cara mengubahnya kamu hanya perlu mengakses situs Grapari Online dan tunggu selama 3x24 jam saja. Nantinya kartu kamu yang sebelumnya Pascabayar bisa menjadi Prabayar asalkan syarat dan ketentuannya terpenuhi.

Ini dia cara untuk ubah Pascabayar ke Prabayar Telkomsel:

1. Akses Situs Grapari Online

Beralih Ke Prabayar Telkomsel

Pertama kamu akses situs Grapari Online lebih dulu di browser. Kalau sudah, kamu klik tombol Beralih ke Prabayar untuk melanjutkan proses.

2. Setujui Syarat Dan Ketentuan Ubah Pascabayar

Syarat dan Ketentuan Kembali Ke Prabayar Telkomsel

Nantinya akan muncul Syarat dan Ketentuan untuk bisa mengubah Pascabayar kembali ke Prabayar. Silahkan kamu baca lebih dulu, kalau sudah nanti klik tombol Lanjutkan.

3. Verifikasi Nomor Pascabayar

Verifikasi Nomor HP dan Email

Kemudian kamu akan diminta untuk memverifikasi nomor Pacabayar Telkomsel. Silahkan masukkan Nomor HP Telkomsel dan Email yang terdaftar. Kamu juga perlu memasukan Konfirmasi Email dan klik tombol Lanjutkan.

Setelah itu, sistem akan mengirimkan kode OTP ke nomor HP yang telah kamu daftarkan. Silahkan salin dan ketik OTP untuk memverifikasi Nomor Pascabayar tersebut.

4. Verifikasi Identitas Kepemilikan Kartu

Verifikasi Identitas Nomor HP

Setelah itu kamu juga akan diminta untuk memverifikasi identitas dari kartu tersebut. Jadi kamu bisa masukkan NIK dan tekan tombol Lanjutkan.

Nantinya akan ada Syarat dan Ketentuan lagi, kamu centang saja dan klik tombol Lanjutkan kembali. Kalau sudah, kamu hanya perlu menunggu untuk dialihkan ke langkah selanjutnya.

5. Lakukan Pembayaran Pascabayar Yang Terpakai

Melakukan Pembayaran Pascabayar

Misalnya kamu ada pemakaian Pascabayar di bulan sebelumnya, maka wajib dilunasi lebih dulu. Pertama, kamu harus memilih salah satu dari beberapa e-wallet yang tersedia, seperti Gopay, OVO dan LinkAja.

Contohnya saya pilih LinkAja, lalu masukkan Nomor HP yang terkait e-wallet tersebut dan PIN-nya. Setelah terverifikasi, klik tombol Bayar untuk melunasi tagihan Pascabayar yang terpakai.

Tunggu sampai muncul Transaksi Berhasil. Kamu juga bisa klik Cek Status untuk memantau proses perubahan jenis kartu.

6. Cek Status Perubahan

Menunggu Proses Migrasi Ke Prabayar

Kalau kamu mengecek status perubahan, maka akan ada notifikasi “Nomor Anda Sedang Diproses Menjadi Mode Prabayar”.

Selanjutnya kamu hanya perlu menunggu saja sampai mendapatkan notifikasi berhasil melakukan perubahan.

7. Berhasil Mengubah Pascabayar ke Prabayar Telkomsel

Berhasil Ubah Pascabayar ke Prabayar Telkomsel

Bila sudah berhasil, pihak Telkomsel akan memberikan notifikasi melalui Email kamu. Dimana isi email-nya mengharuskan kamu untuk registrasi ulang kembali. Caranya tertera pada gambar ya.

Setelah registrasi ulang, kamu bisa segera buka aplikasi MyTelkomsel. Lalu lihat statusnya, apakah masih Pascabayar atau Prabayar. Kalau sudah Prabayar, maka kamu berhasil mengubahnya kembali.

Proses perubahan Pascabayar ke Prabayar saya tidak memakan waktu lama sih. Bahkan kurang dari 1 hari, namun kembali lagi ke kondisi pihak Telkomsel untuk mengembalikannya.

Pengalaman Dan Alasan Saya Ingin Kembali ke Prabayar Telkomsel

Mungkin case saya di sini ada juga yang mengalaminya. Dimana awalnya kartu Telkomsel saya Prabayar, namun setelah dihubungi CS untuk diubah Pascabayar malah tertarik akibat promo yang ditawarkan.

Beberapa bulan pemakaian Pascabayar, saya merasa kurang nyaman hingga akhirnya ke Grapari terdekat untuk melakukan perubahan kembali. Tapi sayangnya, CS Grapari menolak permintaan saya (saat itu tidak bisa).

Mendapat penolakan membuat saya sedikit kecewa, namun karena nomor utama ya  dipakai saja hingga 4 tahun berjalan. Selama itu saya search mengenai cara ubah Pascabayar ke Prabayar, namun belum membuahkan hasil.

Akhirnya belakangan ini Telkomsel menyediakan sebuah step untuk mengubah Pascabayar ke Prabayar melalui situs Grapari Online. Setelah mengikuti step by step, akhirnya bisa dikembalikan lagi ke Prabayar.

Kalau untuk alasannya sih hanya ingin mengurangi biaya kuota kartu Telkomsel, karena kebetulan saya juga menggunakan provider lain.

Akhir Kata

Baik Pascabayar atau Prabayar keduanya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun kalau kita sudah pakai Prabayar biasanya akan jadi kurang nyaman jika menggantinya ke Pascabayar.

Maka dari itu, saya ingin membantu kamu yang sedang mencari cara untuk mengubah Pascabayar ke Prabayar Telkomsel.

Sekian dari saya, Terimakasih!

Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.

16 komentar

  1. Terimakasih Infonya, sangat bermanfaat
  2. Informasi yang sangat bermanfaat, khususnya bagi yang pusing diteror tagihan pascabayar, tapi sayang dengan nomer telkomsel yang udah lama dipakai.
  3. terima kasih sudah sharing terkait hal ini, karena mungkin banyak yang kurang tau juga. kalau saya juga lebih suka pakai telkomsel yang prabayar. tapi emang kembali lagi ke pribadi masing-masing
  4. ini berawal dari iseng dan tergiur promo, kemudian mendapatkan masalah dan lahirlah artikel ini ya. Jadi artikelnya ditulis berdasarkan pengalaman. Nice informasi sih. Jadi gak perlu khawatir. Cuma saya penasaran apa promo yang ditawarkan pada saat itu?
    1. Promo bonus kuota yang lebih besar pastinya mas wkw
  5. Setuju, Mas. Saya dari dulu lebih suka pakai prabayar karena merasa lebih hemat dan bebas mengatur mau pakai kuota berapa giga.
    Beruntung, sekarang pengubahan dari pascabayar ke prabayar bisa semudah itu, ya?
    1. Betul ka, di sini saya real tutorial sampai berhasil :D
  6. baru tahu ada grapari online, mending pake ini ya ketimbang harus ke grapari offline. Lebih efesien waktu dan step nya juga tidak ribet

    thank you informasinya kak
  7. Wuih jadi sekarang gak harus datang langsung ke grapari-nya ya. Makin bagus ya layanannya
  8. Dari dulu perasaan kartu aku yanh prabayar mulu, gapernah kayaknya ngerasain pascabayar. Kadang pengen nyobain tapi jujur takut kalap.
  9. Informasi yang sangat penting & bermanfaat bgt, dan kebetulan sya juga pengguna kartu SIM prabayar
  10. Malah lebih praktis ya sekarang mau ganti jenis nomor enggak perlu beli baru, bahkan bisa dilakukan online. Saya sendiri lebih suka pakai prabayar daripada pasca bayar karena penggunaan lebih terukur. ❤️
  11. wah sekarang bisa lebih mudah ya untuk beralih jenis nomor, tidak perlu lagi bolak balik ke gerai grapari telkomsel
  12. Senang banget bisa ngikutin step by step nih caranya itu kadang kita gak kepikiran. Padahal kita juga makan dulu .. waakwaak...
  13. Aku pakai telkomsel untuk telfon aja. Tapi kadang² pulsa tiba² berkurang sendiri. Terus ada notifikasi masuk, anda sedang dalamm tarif paket blabla....la la aku kan gak pernah maketin nomer aku. Kayaknya aku harus ikut pindah juga deh mbak
  14. Apakah telkomsel masih favorit sekarang? Dulu pernah pakai telkomsel karena sinyalnya bagus. Cuma ya harga bawa rupa.