Cara Mengatur Margin Di Google Docs, Mudah!

Cara Mengatur Margin Di Google Docs

 
Google Docs menjadi salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk membuat berbagai macam dokumen, mirip seperti Microsoft Word. Terlebih lagi, di Google Docs memiliki fitur sharing secara online.

Sehingga kamu dapat berbagi ke teman atau orang lain dalam memodifikasi dokumen tersebut. Dalam pembuatan dokumen, biasanya tidak terlepas dari margin.

Dimana kamu harus mengatur margin di setiap dokumen sehingga terlihat lebih rapi. Nah, di sini saya akan menjelaskan cara mengatur margin di Google Docs. Bagi yang belum tahu dapat langsung perhatikan ya.

Contents

Kenapa Harus Mengatur Margin Di Google Docs?

Alasan utama kenapa kita harus mengatur margin di Google Docs adalah supaya dokumen lebih terlihat rapi. Baik itu ketika dibaca kembali atau saat di print.

Contohnya saja seperti ketika kita membuat skripsi. Dimana kamu harus mengatur margin pada dokumen tersebut ke format 4-4-3-3.

Apabila kamu ingin membuat skripsi di Google Docs, maka harus mengatur margin juga saat awal pembuatan. Supaya ketika ingin di print, kamu tidak perlu lama memperbaiki tata letaknya lagi supaya rapi.

Cara Mengatur Margin Di Google Docs

Setelah tahu pentingnya mengatur margin, sekarang saya akan menjelaskan caranya. Bisa dibilang sangat mudah, meskipun untuk mengakses fitur margin tersebut berbeda dengan Microsoft Word.

Langsung saja, ini dia cara mengatur margin di Google Docs:

1. Pilih Menu Penataan Halaman

Pilih Penataan Halaman

Langkah pertama, pastikan kamu sudah membuka Google Docs lebih dulu. Apabila sudah, bisa langsung klik menu File » pilih Penataan Halaman.

2. Mengatur Margin Di Google Docs

Atur Kolom Margin
Setelah itu kotak dialog dari menu Penataan Halaman akan muncul di layar kamu. Lalu untuk atur margin Google Docs, kamu dapat lihat di kolom Margin.

Cara atur margin Google Docs tinggal dimasukkan saja nilainya per sisi. Misalnya kamu ingin mengatur margin Google Docs untuk skripsi di format 4-4-3-3.

Maka bisa masukkan nilai 4 di kolom Atas dan Kiri, lalu 3 di kolom Bawah dan Kanan. Kalau sudah, klik tombol OK.

3. Berhasil Mengatur Margin Di Google Docs

Berhasil Atur Margin Di Google Docs
Terakhir kamu tinggal lihat hasilnya. Dimana margin pada kertas di Google Docs kamu akan berubah mengikuti format yang telah dimasukkan.

Cara Mengganti Ukuran Kertas Di Google Docs

Selain mengatur margin, kamu juga harus tahu bagaimana cara mengubah ukuran kertas di Google Docs. Kali ini kita asumsikan untuk membuat surat hukum atau kepolisian yang sering menggunakan ukuran kertas legal.

Pada Google Docs sendiri, biasanya ukuran kertas secara default ke opsi A4. Namun karena kita ingin membuat dokumen khusus, maka harus mengubah ke ukuran kertas lain contohnya ke Legal.

Ini dia cara mengganti ukuran kertas di Google Docs:

1. Klik Menu Penataan Halaman

Klik Penataan Halaman
Pertama kamu harus membuka dulu Google Docs. Kemudian kamu dapat klik menu File » pilih Penataan Halaman lagi.

2. Ganti Ukuran Kertas Google Docs

Ganti Ukuran Kertas Google Docs
Tunggu sampai kotak dialog Penataan Halaman muncul. Selanjutnya lihat dan klik kolom Ukuran Kertas. Silahkan kamu ganti ke Legal dan klik OK.

3. Berhasil Mengganti Ukuran Kertas Google Docs

Berhasil Ganti Ukuran Kertas Google Docs

Kalau sudah, secara otomatis kertas di Google Docs kamu akan berubah ke Legal dari A4. Apabila ingin mengganti ukuran kertas lainnya, kamu tinggal melakukan hal yang sama saja ya.

Penutup

Nah sekarang kamu sudah tahu cara mengatur margin di Google Docs. Selain itu di artikel ini juga menjelaskan cara mengatur ukuran kertas di Google Docs.

Supaya kamu dapat menyesuaikan margin dan ukuran kertas sesuai kebutuhan. Misalnya terdapat kesulitan, kamu dapat tanya ya. Caranya cukup kirim ke komentar saja yang ada di bawah ini.

Sekian, Terimakasih!

Bagaimana Cara Mengatur Margin Di Google Docs HP?

Caranya kurang lebih sama. Kamu dapat buka Google Docs » pilih menu File » ketuk Penataan Halaman » atur Margin sesuai kebutuhan dan klik OK.

Berapa Ukuran Margin Normal Untuk Membuat Dokumen Biasa?

Kalau untuk dokumen biasa, kamu dapat menggunakan margin normal di ukuran 2,54 cm batas atas, bawah, kiri dan kanan.

Berapa Ukuran Kertas Untuk Membuat Skripsi?

Kertas HVS 80 gram ukuran A4 atau 21,5 x 29 cm, format penulisan rata kiri dan kanan (justify). Batas margin batas atas 4 cm, batas kiri 4 cm, batas bawah 3 cm, batas kanan 3 cm dan spasi 1,5 cm./p>

Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.

Posting Komentar