Pengertian dan Fungsi Microsoft Word






Microsoft Word, menjadi salah satu perangkat lunak pengolah data di dokumen yang paling sering digunakan dibanding software lainnya. Agar kita mengenal lebih dalam tentang perangkat lunak tersebut, mari kita bahas pengertian dan fungsi Microsoft Word.

Pasti kita sudah tidak asing lagi mendengar software Microsoft Word ini. Software ini sangat berguna untuk kita yang bertugas menyempurnakan dokumen, mengelolanya dan mengedit filenya. Tentunya hal ini dapat memperingankan pekerjaan kita.

Microsoft Word dikemas dalam satu paket Microsoft Office bersama PowerPoint, Excel, Access, dll. Software didalam paket tersebut tentunya sangat berguna terutama kita yang bekerja di perkantoran maupun yang masih sekolan dan kuliah.





Pengertian Microsoft Word

Microsoft Word adalah sebuah software yang bertugas untuk membantu kita mengetikan file dokumen, mengelola, dan menyempurnakannya. Alasan dia menjadi software pengelola dokumen terbaik ialah karena mudah penggunaanya.

Menurut beberapa pengguna, karena lengkapnya fitur pendukung pada Microsoft Word menjadi alasan mereka untuk setia menggunakan software tersebut. Tentunya hal tersebut membuat Microsoft Word menjadi primadona para pengguna software pengelola dokumen.

Sebenarnya banyak software pengelola dokumen selain Microsoft Word, seperti Open Office dan sebagainya. Karena mayoritas pengguna komputer menggunakan Sistem Operasi Windows, maka penggunanya terbiasa dengan software pembantu seperti Microsoft Office.


Sejarah Microsoft Word

Charles Simonyi, pengembang dari Bravo yang berhasil membuat sistem pengolah kata GUI pertama di Xerox PARC bergabung dengan Microsoft Corporation. Charles & Richard Brodie mendapatkan proyek sistem pengolah kata, pada saat itu bernama “Multi-Tool Word”.

Pada tahun 1983, Microsoft meluncurkan “Multi-Tool Word” untuk xenix dan MS-DOS. Tidak lama, Namanya pun berganti menjadi Microsoft Word. Setiap tahunnya, Microsoft terus merilis hasil pengembangan Microsoft Wordnya.

Microsoft Word terus berkembang, hingga pada versi sekarang (2019) yang mempunyai banyak fitur-fitur canggih didalamnya. Seperti mode fokus, peningkatan aksesbilitas dan terjemahan baru didalamnya.



Fungsi Microsoft Word


Terciptanya suatu perangkat lunak pastinya memiliki tujuan dan fungsi tersendiri. Meski tujuan utama dari adanya perangkat lunak untuk membantu penggunanya, namun setiap perangkat lunak akan mempunyai batasan atau difokuskan di satu atau beberapa pekerjaan.

Seperti pada Microsoft Word ini, berikut ini ialah fungsi-fungsi nya :

Memudahkan pengguna dalam menyelesaikan pekerjaan
Hal ini didapatkan karena lengkapnya fitur pada Microsoft Word. Seperti mudahnya menyisipkan gambar, table, audio dll. Kita juga dapat mengedit dokumen jika terjadi kesalahan pada Microsoft Word sebelum dicetak.

Membuat kita menjadi hemat biaya
Karena kita menyimpan dokumen ini dalam bentuk soft data, maka kita tidak memerlukan kertas terkecuali memang harus di cetak. Bisa merubah data dokumen dengan mudah menjadikan hal tersebut membuat kita hemat biaya dan kertas.

Pekerjaan kita menjadi cepat terselesaikan
Menggunakan Microsoft Word kita juga dapat membuat pekerjaan cepat terselesaikan. Tanpa perlu menghapus dan mencorat-coret kertas jika ada kesalahan. Tentunya hal ini membuat kita menjadi efektif dalam pengerjaan tugas.

Mempunyai Tools yang lengkap
Ini fungsi terpenting menggunakan Microsoft Word, lengkapnya Tools yang ditawarkan pada software tersebut. Seperti saat kita ingin membuat label undangan, agar tidak membuatnya berulang-ulang kita dapat menggunakan Tools Mail Merge.

Keamanan data terjamin
Fitur pada Microsoft Word adalah membuat kata sandi yang ter-enkripsi dengan sangat baik. Hanya user yang dapat mengaksesnya dan harus mendapatkan izinnya agar file tersebut dapat terbuka.



Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Word

Didalam perangkat lunak pasti mempunyai kelebihan serta kekurangannya, tidak menutup kemungkinan pada Microsoft Word ini. Untuk itu mari kita simak apa saja kelebihan dan kekurangan pada Microsoft Word.

Kelebihan Microsoft Word :

Dilengkapi Tools dasar yang berguna untuk Dekstop Publishing
Selalu UP-TO-DATE, sehingga pengguna mendapatkan fitur-fitur baru didalamnya
Mempunyai banyak jenis Font
Tools yang lengkap, sehingga dapat memudahkan pengguna
Bisa menyisipkan gambar, audio, table dengan mudah
Mempunyai menu SmartArt dan Chart, sehingga memudahkan pengguna untuk membuat dokumen grafik atau statistik
Fitur Authoring yang sangat baik, berfungsi sebagai fitur yang memproteksi dokumen seperti membuat password enkripsi file agar tidak dapat diakses atau digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab


Kekurangan Microsoft Word :

Dokumen di tiap versinya kurang stabil
Harga Microsoft Office terlalu mahal khususya untuk para pelajar, mahasiswa dan pebisnis kecil
Microsoft Word merupakan software yang berat, karena memiki banyak Tools
Mudah untuk di Crack, ini menjadi point penting keamanan dari sistem Microsoft Word.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian dan fungsi Microsoft Word, Sejarah serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga kita dapat mudah memahami dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat.



Muhammad Gusti Apriansyah Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.
Tampilkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel