Cara Membuat Daftar Isi Di Google Docs Otomatis (+Gambar)

 

Cara Membuat Daftar Isi Di Google Docs

Pada beberapa dokumen, daftar isi adalah elemen yang wajib ada. Misalnya seperti pada dokumen skripsi, novel, buku pelajaran dan sebagainya.

Karena dengan adanya daftar isi, kita dapat dengan mudah mencari halaman yang ingin dilihat. Lalu untuk membuat daftar isi, biasanya sih tergantung dari aplikasi pengolah kata yang kita gunakan.

Contohnya kalau pakai Microsoft Word, biasanya kita dapat menggunakan fitur daftar isi pada tab References. Lalu pada Google Docs, cara mengakses fitur daftar isi pastinya berbeda.

Lantas bagaimana cara membuat daftar isi di Google Docs? Mudah juga kok, dari pada penasaran langsung saja lihat tutorial lengkapnya di artikel ini.

Contents

Apakah Penting Membuat Daftar Isi Di Google Docs?

Daftar isi penting untuk beberapa dokumen, misalnya seperti skripsi, novel, buku pelajaran, penulisan ilmiah dan lainnya.

Sedangkan untuk dokumen biasa, sebenarnya tidak terlalu penting ada elemen daftar isi tersebut, Terutama kalau dokumen biasa tersebut hanya berisi sedikit halaman.

Namun dengan adanya daftar isi, baik pembaca atau penulis akan menjadi lebih mudah ketika mencari poin yang ingin dilihat.

Cara Membuat Daftar Isi Di Google Docs

Membuat daftar isi di Google Docs sama mudahnya seperti di Microsoft Word. Hanya saja karena aplikasinya berbeda, cara mengakses fitur daftar isi tersebut tidak sama.

Namun kelebihan daftar isi di Google Docs ini adalah memiliki berbagai macam format. Ada format daftar isi biasa, titik-titik dan link. Sehingga formatnya bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Langsung saja, ini dia cara membuat daftar isi otomatis di Google Docs:

1. Pilih Posisi Daftar Isi

Pilih Posisi Daftar Isi
Pertama, kamu harus membuka Google Docs lebih dulu. Kemudian kamu bisa tentukan posisi untuk menempatkan daftar isi tersebut. Biasanya sih daftar isi diletakkan setelah halaman Kata Pengantar.

2. Klik Menu Daftar Isi Google Docs

Klik Menu Daftar Isi
Kalau sudah, kamu dapat langsung memasukkan daftar isi tersebut ke Google Docs. Caranya klik tab Sisipkan » pilih Daftar Isi » pilih Format Daftar Isi sesuai kebutuhan.

Contohnya kalau ingin membuat dokumen seperti Skripsi bisa gunakan format Daftar Isi Titik-Titik. Sedangkan kalau ingin membuat E-Book bisa gunakan Daftar Isi Link.

3. Berhasil Membuat Daftar Isi Di Google Docs

Berhasil Membuat Daftar Isi Google Docs
Misalnya sudah, daftar isi akan tampil di dokumen Google Docs kamu seperti gambar di atas. Penomoran halaman dan nama judul dibuat secara otomatis mengikuti poin-poin yang ada pada dokumen kamu.

Asalkan setiap poin penting tersebut kamu berikan Heading ya.

Cara Memperbarui Daftar Isi Di Google Docs

Di atas adalah cara membuat daftar isi setelah dokumen diselesaikan. Lalu bagaimana kalau ada revisi? Misalnya seperti ada penambahan poin atau ganti isi dari sub judul pada dokumen tersebut.

Ya karena fitur daftar isi Google Docs otomatis, setiap poin yang berubah, ditambahkan atau terhapus bisa di update kok. Bahkan tanpa perlu menghapus dan menambahkan ulang daftar isi tersebut.

Berikut ini cara memperbarui daftar isi di Google Docs secara otomatis:

1. Pastikan Poin Ditambahkan Menggunakan Heading

Pastikan Poin Baru Memiliki Heading
Pertama kamu dapat menambahkan, menghapus atau mengubah poin di dalam Google Docs tersebut. Namun jangan lupa tetap gunakan Heading supaya terbaca oleh fitur Table of Contents Google Docs atau daftar isi.

2. Klik Ikon Refresh Di Daftar Isi

Klik Icon Refresh
Kalau sudah, kamu dapat klik Daftar Isi yang sudah ada sebelumnya. Lalu klik ikon Refresh untuk memperbarui daftar isi tersebut.

3. Berhasil Memperbarui Daftar Isi Google Docs

Berhasil Memperbarui Poin Daftar Isi
Setelah berhasil diperbarui, poin yang kamu modifikasi tadi akan berubah. Misalnya di sini saya menambahkan poin baru.

Sebelumnya di daftar isi poin tersebut tidak ada, namun setelah menekan tombol Refresh ada poin baru yang telah saya tambahkan.

Penutup

Itulah cara membuat daftar isi di Google Docs secara otomatis. Kuncinya hanya perlu membuat setiap poin penting atau sub judul menggunakan fitur heading.

Lalu kalau ada modifikasi poin-poin di dokumen, seperti menambahkan, menghapus atau merubahnya. Kamu hanya perlu tekan ikon refresh pada fitur daftar isi tersebut supaya diperbarui.

Sekian, Terimakasih!

Bagaimana Cara Membuat Titik-Titik Di Daftar Isi Google Docs?

Seperti pembahasan di atas, kalau Google Docs memiliki 3 format daftar isi. Kalau kamu butuh daftar isi titik-titik bisa gunakan format Daftar Isi Titik-Titik ya.

Daftar Isi Biasanya Digunakan Untuk Dokumen Apa Saja?

Umumnya digunakan untuk dokumen seperti skripsi, novel, buku pelajaran, penulisan ilmiah dan lain sebagainya.

Apakah Membuat Daftar Isi Di Google Docs Mirip Seperti Di Microsoft Word?

Cukup berbeda, mengingat kedua aplikasi tersebut tidaklah sama. Kalau di Microsoft Word, fitur daftar isi bisa diakses pada tab References. Sedangkan Google Docs dapat mengakses fitur daftar isi di tab Sisipkan.

Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.

Posting Komentar