2+ Cara Ganti Email Supercell ID, Terbaru!

Cara Ganti Email Supercell ID

Supercell adalah salah satu developer game asal Finlandia yang sukses mengembangkan beberapa permainannya. Beberapa game dari Supercell, seperti Clash of Clans, Clash Royale, Hay Day dan lainnya.

Menariknya semua game Supercell memiliki keamanan berlapis. Di mana biasanya kamu hanya perlu email untuk login. Tapi di sini kamu juga bisa menambahkan akun Supercell. Supaya akun game Supercell kamu tidak mudah untuk di retas.

Seperti yang kita tahu, untuk daftar Supercell ID kamu harus menautkan email pribadi. Namun tidak jarang pemain lupa email yang telah ditautkan ke akun Supercell. Sehingga kalau kamu lupa akun Supercell atau ada peretas, sulit untuk dikembalikan lagi.

Solusinya, kamu bisa ganti email Supercell ID tersebut. Nah, cara mengganti email di akun Supercell ID, akan saya jelaskan di artikel ini.

Contents

Syarat Ganti Email Supercell ID

Sebelum saya menjelaskan caranya, alangkah lebih baik kalau kamu tahu dulu beberapa syarat ganti email Supercell ID. Karena kalau syarat ini tidak terpenuhi, kamu tidak akan bisa mengganti email dari akun Supercell tersebut.

Ini dia beberapa syarat untuk ganti email Supercell ID:

  • Pastikan email pengganti aktif
  • Email belum pernah terdaftar atau terputus dari akun Supercell ID
  • Tidak menggunakan email domain
  • Masih punya akses email sebelumnya (opsional)
  • Jaringan internet stabil

Baca Juga: Cara Bermain Game PS1 Di Android

Cara Ganti Email Supercell ID yang Kehilangan Akses

Pada umumnya, proses pergantian email memerlukan kode verifikasi yang dikirimkan ke email tertaut akun Supercell ID sebelumnya. Bila tidak dapat kode verifikasi, maka kamu belum dapat mengganti email Supercell ID.

Lalu bagaimana cara ganti email Supercell ID yang kehilangan akses email tertaut sebelumnya? Masih bisa kamu lakukan dengan menghubungi live chat pihak Supercell ID.

Langsung saja, ini dia cara ganti email Supercell ID yang kehilangan akses:

1. Buka Menu Bantuan Dan Dukungan

Pilih Bantuan dan Dukungan

Pertama, silahkan buka salah satu game Supercell ID. Misalnya di sini saya buka game Clash Royale. Di game tersebut, kamu bisa tekan ikon More Options dan pilih menu Bantuan dan Dukungan.

2. Pilih Fitur Live Chat

Mulai Obrolan Langsung

Setelah itu kamu akan dialihkan ke halaman Clash Royale Dukungan. Kamu bisa tekan ikon Chat berwarna biru yang ada di atas sebelah kanan. Kemudian tekan Mulai Obrolan Langsung.

3. Jelaskan Ingin Ganti Email Tapi Tidak Ada Akses

Mulai Live Chat

Nantinya kamu akan diarahkan ke halaman chatting yang akan ditanggapi oleh Rara atau pihak Supercell ID. Silahkan jelaskan masalah kamu yang ingin mengganti email tapi tidak ada akses ke email tertaut sebelumnya.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa ikuti chat berikut ini:

  • Kamu: “Halo, saya ingin mengganti email akun Supercell ID ini dengan yang baru. Karena saya lupa password email yang tertaut pada akun Supercell ID ini.”
  • Rara: Akan melakukan pengecekkan, bila akun tidak ada kendala kamu akan diminta untuk memasukkan alamat email yang baru.
  • Kamu: Silahkan masukkan email baru.
  • Rara: Tunggu beberapa saat sampai pihak Supercell ID mengganti email ke akun Supercell ID kamu.

4. Login Ulang Akun Supercell ID

Kalau proses pergantian email sudah berhasil, nantinya kamu akan otomatis keluar dari game. Kamu perlu menunggu sampai 5 menit sampai proses pergantian email ini selesai.

Bila sudah selesai, silahkan buka game Supercell kembali. Lalu ikuti cara login ulang akun Supercell ID seperti di bawah ini:

1. Buka game Supercell ID.

2. Pilih menu Masuk dengan Supercell ID.

Pilih Masuk Dengan Supercell
3. Ketuk menu Masuk ke Supercell ID.

Pilih Masuk Ke Supercell ID
4. Tekan tombol Lanjutkan.

Lanjutkan Masuk Akun

5. Masukkan Email baru yang telah ditautkan ke Supercell ID.

Masukkan Email Baru
6. Ketik Kode Verifikasi yang telah dikirimkan ke email kamu.

Masukkan Kode Verifikasi
7. Tekan tombol Konfirmasi untuk memuat akun game Supercell ID kamu sebelumnya.

Konfirmasi Masuk Akun

5. Berhasil Ganti Email Supercell ID

Cara Ganti Email Supercell ID Kehilangan Akses
Selanjutnya kamu akan berhasil masuk ke akun Supercell ID yang telah di ganti emailnya. Kamu bisa lihat informasi akun Supercell ID kamu. Di mana Emailnya sudah terganti dengan yang baru.

Catatan: Data akun Supercell ID lama kamu akan tetap muncul, namun tidak bisa dibuka karena email-nya sudah dialihkan ke yang baru. Kamu bisa hapus saja data akun Supercell ID lama tersebut.”

Baca Juga: Tips Bermain Game Point Blank Zepetto

Cara Ganti Email Supercell ID yang Masih Tertaut

Tidak jarang pemain ingin menjual akun game Supercell ID ketika sudah bosan. Tapi sayangnya, data yang didaftarkan ke Supercell ID tersebut merupakan email penting.

Nah, untuk hal ini disarankan ganti email-nya saja. Supaya kamu bisa menjual akun Supercell ID ke email baru. Sehingga email penting kamu tidak ikut terjual.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa ikuti cara ganti email Supercell ID yang masih tertaut di bawah ini:

1. Buka Menu Supercell ID

Tekan Menu Supercell ID

Langkah pertama, kamu harus membuka game Supercell ID lebih dulu. Misanya di sini saya menggunakan Clash Royale lagi.

Setelah game terbuka, kamu bisa tekan ikon More Option dan pilih Supercell ID.

2. Tekan Ikon Pengaturan

Tekan Menu Pengaturan

Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman akun Supercell ID. Karena kita ingin mengganti email, maka kamu harus mengetuk ikon Pengaturan lebih dulu.

3. Pilih Ganti Email

Pilih Ganti Email

Nantinya akan diarahkan ke Setelan akun Supercell ID. Akan ada beberapa pengaturan yang terlihat, seperti ganti akun, logout dan ganti email.

Kamu bisa tekan menu Ganti Email. Kemudian tekan Ya untuk mengkonfirmasi permintaan pergantian email. Setelah itu, masukkan Kode Verifikasi yang dikirimkan Supercell ke Email Tertaut.

4. Masukkan Email Baru

Ketik Email Baru

Kalau sudah, kamu akan diminta untuk memasukan email baru. Jadi, sekarang silahkan masukkan Email Baru dan tekan Kirim.

Lihat Kode Verifikasi yang telah dikirimkan Supercell ke Email Baru kamu. Masukkan Kode Verifikasi tersebut dan tekan Kirim. Terakhir tekan Konfirmasi.

5. Berhasil Ganti Email Supercell ID

Cara Ganti Email Masih Tertaut

Terakhir, kamu akan mendapatkan notifikasi Semuanya Sudah Siap! Seperti gambar di atas. Notifikasi ini menandakan kalau kamu telah berhasil ganti email Supercell ID.

Untuk memastikannya, kamu bisa buka menu Supercell ID lagi. Lalu pastikan email di halaman tersebut sudah terganti.

Catatan:  Email yang sudah diganti tidak bisa ditautkan akun Supercell ID lagi di lain waktu.”

Akhir Kata

Nah, itulah cara ganti email Supercell ID yang kehilangan akses dan yang masih tertaut. Silahkan gunakan kedua cara ini sesuai kondisi yang kamu alami.

Oh iya, tutorial yang saya berikan di sini melalui game Clash Royale. Umumnya akan ada perbedaan cara jika kamu melakukannya di game Supercell lain. Tapi kurang lebih prosesnya sama kok.

Kalau ada yang ingin kamu tanyakan, boleh dikirim melalui kolom komentar di bawah. Sekian dari saya, Terimakasih!

Apa itu email Supercell ID?

Email Supercell ID adalah email yang telah kamu daftarkan ke layanan Supercell. Nah untuk daftar akun Supercell ID telah saya jelaskan di artikel sebelumnya.

Apakah bisa ganti email Supercell ID jika lupa email tertaut sebelumnya?

Bisa, kamu dapat menghubungi pihak Supercell ID melalui fitur live chat. Nanti jelaskan masalah kamu dan ikuti instruksi yang diberikan saja. Selengkapnya bisa kamu lihat di atas.

Kenapa email saya tidak mendapatkan kode verifikasi Supercell ID?

Ada beberapa kemungkinan. Mulai dari salah memasukkan email, email pernah terdaftar atau terputus akun Supercell ID dan menggunakan email domain.

Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.

16 komentar

  1. Terima kasih untuk sharing infonya ya.. Baru tahu, ternyata begini cara ganti email supercell. Insyaallah bermanfaat..
  2. wah saya enggak main game ini nih, pantesan baru tahu juga kalau main game tersebut harus bikin akun selain pakai email. nice info
  3. Sangat membantu kalau butuh pergantian email. Supercell ini emag seru dan saking lama mainnya, bisa lupa email sendiri. Thaks tipsnya, Kak
  4. Wah postingan racun nih. Gegara baca ini saya jadi penasaran dan justru pengen bikin akun biar bisa main game nya. Haha... Sebelumnya malah saya gak tahu dengan permainan dalam supercell ini.
  5. Cukup rumit juga cara ganti e-mail supercell id. Tapi infonya cocok disimpan nih untuk gamers.
  6. Aku malah baru tahu ada developer game namanya supercell. Tapi termasuk keren juga lo, mereka. Game tapi punya pengamanan yang baik dan tentunya aman dari sisi data pengguna. ❤️❤️
  7. Jadi tau ada game inj jadi mau nyoba juga nih cara mainnya, kayanya seru
  8. Nah benar, sekarang akun game online sering diperjualbelikan. Jadi prefer ketika pakai email untuk game sebaiknya dibedakan dengan email untuk pekerjaan ya kak. Takutnya karena suatu saat akun tersebut dijual
  9. dengan adanya fitur ganti email ini, lebih memudahkan user untuk memperjual belikan akun gamenya, yang mana bisa menjadi cara gamer untuk mendapatkan uang tambahan. sehingga tak perlu berkorban email yang sering dipake untuk berbagai game
  10. Wah jd nostalgia sama game2 dari supercell. dulu sering bgt main clash royale.
  11. Memang perlu antisipasi sih pantau email dan kalau perlu ganti dengan email lain yang khusus. Biar lebih nyaman juga mainnya. Siip ini tutorial ganti emailnya
  12. Alasan ganti email, apa kak?
    Rasanya seneng sih dapet panduan ganti email Supercell ID step by stepnya begini.. Jadi mudah untuk diikuti.
  13. waah ini sangat membantu kalau butuh pergantian email. Thanks untuk tips nya yaa kak
  14. Wah, kebetulan saya dulu sempat ikut main Clash of Clans nih Kak. Baru tahu ternyata Supercell cukup baik ya mengenai urusan security akses penggunanya. Penting nih agar akun tetap aman.
  15. Penghobi game wajib banget baca tutorial ini. Biar akunnya makin aman.
    Siapa tau bisa meningkatkan nilai jualnya juga kan.
  16. Nah tutorial begini sering banget dicari penghobi game. Mau ganti email nggak tau caranya. Aku seringnya pakai email kedua kalau ditautkan ke game, jadi notif broadcast nggak kecampur dengan notif pekerjaan di email utama.