Cara Bermain Game PS1 di Android




PS1 atau PlayStation 1 adalah sebuah konsol game yang diproduksi Sony pada tahun 1990-an. PS1 menjadi konsol game yang melegenda terutama bagi kita yang lahir pada abad ke 19 tersebut. Sekarang ini kita bisa kembali bermain game PS1 di Android.

Banyak game-game yang sangat terkenal seperti Final Fantasy, Resident Evil, Tekken, Suikoden, Gran Turismo, Harvestmoon dan sebagainya. Tentunya ini membuat kita tidak hanya ingin mengenangnya saja, namun memainkan lagi game melegenda tersebut.

Kita dapat memainkan game PS1 pada PC maupun Android dengan bantuan Emulator yang bernama ePSXe. Berikut ini adalah cara bermain game PS1 di Android.


Cara Bermain Game PS1 di Android

Pada zamannya, Game PS1 mempunyai story yang baik meskipun tidak untuk grafisnya. Meskipun begitu game PS1 dapat membuat masa kecil kita bahagia dan terkenang sampai sekarang.
Berikut ini adalah cara untuk bermain game PS1 di Android :

1. Menginstall ePSXe for Android

Cara pertama untuk mulai bermain ialah dengan menginstall emulator PS1 di Android kita. Ada dua cara untuk mendapatkan emulatornya, kita dapat mencarinya di Google PlayStore ataupun mendownloadnya via web penyedia emulator.

Jika kita ingin menginstallnya langsung dari Google PlayStore maka harus membeli aplikasinya seharga Rp. 49 ribuan. Meskipun berbayar, kita akan mendapat update dari pengembangnya langsung.


Sedangkan jika ingin mendownload via web penyedia emulator, kita bisa mendapatkannya secara gratis. Namun harus diperhatikan perbedaanya, kita tidak akan dapat me-update emulator tersebut.

 2. Mendownload Bios

Setelah kita menginstall ePSXe for Android, maka selanjutnya harus mendownload Bios. Bios tersebut berguna agar emulatornya dapat menjalankan game PS1. Untuk mendapatkan Biosnya silahkan klik disini.

3. Mengekstrak Bios

Setelah Bios berhasil didownload, langkah selanjutnya adalah mengekstraknya. Kita dapat mengekstrak Bios menggunakan Winrar. Jika telah terekstrak, nantinya akan muncul file bawaannya yang bernama SCHP1001.bin

4. Pindahkan Bios ke Folder ePSXe

Ini adalah salah satu hal yang harus diperhatikan. Ketika ePSXe berhasil diInstall maka akan ada folder tersebut di memori internal kita. Jangan lupa memindahkan Bios yang sudah di ekstrak ke dalam folder tersebut agar bisa dimainkan.



5. Mendownload Game PS1

Setelah selesai mempersiapkan emulator, sekarang kita tinggal mendownload game yang diinginkan. Biasanya saya mengunjungi situs Coolrom atau Downarea51 untuk mendownload game PS1.

Jika sudah mendownload gamenya, sekarang kita hanya perlu mengekstraknya saja. kita akan mendapatkan game dengan tipe file (.ISO), (.Bin), (.ecm), (.Cue) dan (.Bin.ecm) setelah berhasil mengekstraknya.


6. Buka emulator ePSXe

Jika emulator dan game sudah siap sekarang kita buka emulator tersebut. Namun kita harus me-konfigurasi Biosnya dahulu. Caranya hanya klik “Jalankan Bios” kemudian akan keluar notifikasi yang bertuliskan bahwa “Bios telah terkonfigurasi”.



7. Mainkan Gamenya

Setelah semua persiapan telah selesai saatnya kita bermain gamenya. Kita dapat me-klik “Jalankan Permainan” dan pilih icon segarkan lalu pilih semua. Dengan begitu ePSXe akan mendeteksi file yang disupportnya yang ada pada Android kita.


Kini kita dapat memainkan game PS1 di Android dengan mudah. Emulator ePSXe for Android juga dilengkapi fitur save state. Jadi jika kita menutup game yang sedang dimainkan nantinya dapat dibuka kembali tanpa kereset.

Cara Memperbanyak Memory Cards ePSXe

Memory Cards berfungsi untuk menyimpan hasil terakhir dari game yang kita mainkan sebelumnya. Standarnya pada ePSXe hanya ada dua memory cards didalamnya. Namun kalau kita bermain banyak game pastinya membutuhkan banyak memory cards tersebut.

Berikut ini adalah cara memperbanyak memory cards ePSXe :

1. Buka folder ePSXe di memori Internal

Langkah pertama ialah membuka folder memcards pada ePSXe yang terletak pada memori Internal kita. Kita akan menemukan dua memory cards yang berformat (.mcr) yang didalamnya sudah ada data dari game yang telah dimainkan.


2. Copy dan Paste Memory Cards

Selanjutnya kita hanya menyalinnya saja, dan me-paste nya pada folder yang sama. Jangan lupa untuk merubah namanya agar memudahkan kita untuk memilih memory cards yang ingin digunakan.


3. Konfigurasi Memory Cards di ePSXe

Langkah terakhir untuk menggunakan Memory Cardsnya ialah dengan menkonfigurasi emulatornya. Caranya kita pilih menu pengaturan -> pilih menu berkas MC1 -> pilih memory cards yang berfomat (.mcr).

Setelah sukses menkonfigurasinya sekarang kita coba bermain game dan menyimpan datanya. Jika berhasil maka penyimpanan dari game yang kita mainkan telah berhasil.


Dengan memperbanyak memory cards, kita akan mempunyai banyak MC. Untuk mempermudah kita dalam memilih Memory cardsnya lebih baik merename namanya sesuai game yang kita save didalamnya.

Demikianlah pembahasan tentang cara untuk bermain game PS1 di android dan memperbanyak memory cards di ePSXe. Semoga informasi yang telah disajikan bermanfaat dan mudah diterapkan oleh kita semua.

Muhammad Gusti Apriansyah Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.
Tampilkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel