Pengertian VGA: Cara Kerja, Fungsi dan Jenis-Jenisnya


Pengertian VGA


Pengertian VGA – Bagi seorang desain grafis, kualitas gambar yang ditampikan layar monitor merupakan hal yang sangat penting. Umumnya, komputer dapat menampilkan grafis karena mempunyai VGA.

Meskipun sekarang ini VGA mulai tergantikan oleh DVI dan HDMI, namun komponen tersebut masih cukup banyak yang menggunakannya. Lalu kira-kira apa si pengertian VGA dan fungsinya disebuah komputer?

Supaya kamu dapat mengetahuinya, maka langsung saja kita simak pembahasannya seperti berikut ini.




Pengertian VGA

Pengertian VGA (Video Graphic Array)
Photo by https://id.wikipedia.org/

VGA (Video Graphic Array) merupakan komponen dari komputer yang berguna sebagai pengolah grafis supaya dapat tampil di monitor. VGA juga mempunyai komponen inti yang bernama GPU (Graphics Processing Unit) dan membutuhkan ruang bebas dimemory-nya.

“VGA ditemukan oleh IBM dan dipasarkan secara umum pada tahun 1987.”

Meskipun VGA sudah jarang digunakan, namun hardware ini masih dapat ditemui pada beberapa PC. Selain itu, komputer yang menggunakan sistem operasi windows juga masih mendukung VGA sebagai komponen pengolah grafisnya.

Saat ini, SVGA (Super Video Graphic Array) merupakan hasil perkembangan dari versi sebelumnya. Dimana versi sebelumnya hanya memungkinan resolusi 640x640, maka SVGA  dapat memaksimalkannya di resolusi 800x600 hingga 1024x768.

Cara Kerja VGA

Layar komputer dianggap sebagai kotak pixel oleh VGA yang dimana setiap pixelnya merupakan gambar supaya dapat dikelola grafisnya. Umumnya, terdapat 480 baris dilayar komputer dan setiap barisnya terdiri dari 640 pixel.

Interface VGA berfungsi secara serial atau informasi warna disetiap pixel dikirimkan satu per satu dan berlawanan sekaligus. Warnanya dapat diganti dengan triplet yang terdiri dari warna dasar (RGB), seperti Merah, Hijau dan Biru.

Namun, pekerjaan VGA baru dapat dirasakan ketika kita melakukan editing gambar, bermain game HD atau yang berkaitan dengan grafis tinggi. Jadi, dengan memilih kualitas VGA yang baik tentunya akan semakin mempertajam tampilan layar di komputer kita.

Fungsi VGA

Fungsi VGA
Photo by https://daily.oktagon.co.id/

Berdasarkan pengertian VGA diatas, maka komponen ini berfungsi sebagai pengubah sinyal analog menjadi tampilan yang ada pada layar komputer. Caranya, VGA bekerja dengan menerjemahkan hasil keluaran dari komputer ke monitor.

Sehingga kita dapat melihat tampilan yang sangat beragam, seperti bermain games, menonton video hingga proses editing gambar. Selain itu, ada beberapa fungsi lain dari VGA, yaitu:
  • Penyimpan data yang ada di hardisk.
  • Menampilkan gambar atau grafik yang lebih tajam.
  • Menyuplai data kepada processor yang nantinya diproses.
  • Sebagai komponen untuk tugas desain grafis supaya dapat memaksimalkan kinerja komputernya.


Jenis VGA

Umumnya, jenis VGA dapat terbagi menjadi beberapa kategori, mulai dari berdasarkan bentuk fisiknya dan memory-nya. Supaya kita mengetahuinya, mari disimak pembahasannya berikut ini:

Jenis VGA Berdasarkan Bentuk Fisik

VGA On-Board
Photo by https://diskominfo.tanjabtimkab.go.id/

VGA On-Board

VGA On-Board merupakan jenis yang biasanya sering ditemui pada komputer standar atau low spec. Selain itu, jenis VGA ini biasanya juga tertanam langsung ke motherboard, sehingga tidak dapat diganti atau dilepas.

Sedangkan untuk cara kerjanya, VGA On-Board dapat berfungsi dengan menyesuaikan memory-nya. Tanpa adanya memory, maka VGA jenis ini tidak dapat berfungsi secara optimal.

Adapun beberapa keunggulanya, seperti:
·         Perawatannya lebih mudah dibandingkan jenis lainnya.
·         Harganya lebih ekonomis
·         Dapat memaksimalkan pekerjaan standar komputer, seperti membuat dokumen, laporan dan sebagainya.

VGA Add-On

Jika kamu ingin merakit PC sendiri, maka jenis VGA Add-On merupakan pilihan yang paling tepat. Alasannya, VGA Add-On tidak tertanam langsung di motherboard, jadi kamu dapat menyesuaikan kebutuhan grafis dikomputernya.

Selain itu, jenis VGA ini juga tidak bergantung pada memory dan memiliki kemampuan sendiri untuk dapat mengolah grafis komputer. VGA jenis ini ditujukan pada komputer yang bekerja untuk editing gambar atau video, bermain game HD dan lain sebagainya.

Adapun beberapa keunggulannya, seperti:
  • Mempunyai cooling fan sendiri, sehingga dapat lebih tahan lama.
  • Mampu menjalankan software rendering dengan maksimal.
  • Bisa di upgrade.
  • Tampilan gambar yang dihasilkan lebih tajam.


Jenis VGA Berdasarkan Memory

DRAM (Dynamic RAM)

Pengertian DRAM
Photo by https://www.engadget.com/

VGA dengan memory DRAM biasanya digunakan untuk komputer yang tidak terlalu mementingkan kecepatan tinggi dan warna grafik banyak. Jenis ini biasanya sering juga digunakan untuk VGA dengan ukuran 8, 16 hingga 32 bit.

Sedangkan kecepatannya70-80 ns, sehingga tidak disarankan untuk komputer yang digunakan untuk melakukan editing atau lain sebagainya.

EDO RAM

Pengertian EDO RAM
Photo by https://perangkatkeraskomputerhardware.blogspot.com/

EDO RAM biasa sering digunakan untuk VGA yang mempunyai ukuran 64 bit. Jenis memory ini cukup baik untuk digunakan saat ini, mengingat kebutuhan grafis komputer juga terus meningkat.
Selain itu, EDO RAM mempunyai kecepatan 60-35 ns dan bisa dipadukan dengan VGA jenis Diamond Stealth 2000 3D dan lain sebagainya.

VRAM (Video RAM)

Pengertian VRAM
Photo by https://tipsmake.com/

VRAM merupakan jenis memory yang sering digunakan untuk komputer high spec karena mempunyai harga relative mahal. Namun, kualitas VRAM ini lebih baik dibandingkan jenis lainnya dan sangat cocok digunakan untuk komputer yang bekerja di desain grafis.

Kecepatan VRAM juga sangat tinggi, dimana rata-ratanya 10–20 ns sehingga jenis ini sangat direkomendasikan untuk dipilih.

SGRAM (Syncronous Graphing RAM)

Pengertian SGRAM
Photo by https://en.bmstu.wiki/

SGRAM juga merupakan jenis memory yang sering digunakan pada komputer high spec karena mempunyai kualitas tinggi. Bagi kamu yang bekerja di bidang desain grafis, maka SGRAM merupakan pilihan yang paling tepat.

SGRAM mempunyai kecepatan kurang dari 10 ns, sehingga dapat memaksimalkan kinerja komputernya.

RAMBUS

Pengertian RAMBUS
Photo by https://www.rambus.com/

RAMBUS merupakan jenis memory yang hanya disediakan khusus, yaitu untuk sebuah mesin video games. Karena disediakan khusus, RAMBUS hanya diproduksi secara terbatas di perusahaan Creative Labs. Umumnya, Sega dan Nintendo adalah pengguna dari jenis memory ini.


Akhir Kata

Kesimpulannya, VGA (Video Graphic Array) merupakan komponen dari komputer yang berguna sebagai pengolah grafis supaya dapat tampil di monitor. Ringkasnya, tanpa adanya hardware VGA pada komputer maka grafis disebuah layar monitor tidak dapat bekerja secara optimal.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian VGA. Selain itu, kita juga sudah membahas cara kerja, fungsi dan jenis-jenis VGA secara lengkap. Semoga pembahasan yang telah disajikan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Muhammad Gusti Apriansyah Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.
Tampilkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel