Perbedaan Software dan Hardware

perbedaan software dan hardware

Di sebuah komputer umumnya terdapat dua perangkat yang saling berhubungan, yaitu software dan hardware. Tanpa adanya kedua perangkat tersebut, maka komputer tidak akan dapat berfungsi. Apakah anda sudah mengetahui perbedaan software dan hardware?

Pada komputer, software berfungsi sebagai aplikasi/program, perintah, data digital dan sebagainya. Sedangkan hardware berfungsi sebagai alat yang mendukung pemrosesan Input Output dan mempunyai bentuk fisik.

Nah, apakah anda sudah mendapat gambaran perbedaanya ? Jika ingin tau lebih mendalam, simak yuk pembahasan mengenai perbedaan software dan hardware secara lengkap.



Apa Itu Software

Apa itu software
https://www.pexels.com/

Software atau perangkat lunak adalah sekumpulan data yang diformat dan disimpan secara digital dalam bentuk instruksi atau program. Nantinya, instruksi dan program tersebut akan diinputkan ke perangkat komputer.

Selain itu, banyak juga yang beranggapan bahwa software merupakan suatu data yang disimpan secara digital dan tidak mempunyai bentuk fisik. Hal ini benar adanya, karena software hanya berupa data digital saja yang ditampilkan oleh komputer.

Sedangkan Menurut Roger S. Pressman (2002), 
Software adalah suatu perintah program dalam sebuah komputer yang apabila dieksekusi oleh pengguna-nya akan memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diharapkan oleh user-nya. Dengan kata lain, perangkat lunak berfungsi untuk memberi perintah kepada komputer agar dapat berfungsi secara optimal sesuai dengan perintah user. “

Karena kedua perangkat komputer saling berhubungan, maka software yang merupakan jembatan penghubungnya. Sehingga, nantinya hardware akan dapat berfungsi setelah mendapatkan perintah (Install) yang di input kan oleh software.

Jadi tanpa adanya software, maka hardware hanyalah alat biasa yang tidak bisa menjalankan perintah apapun dari penggunanya.


Jenis-Jenis Software

Software merupakan salah satu perangkat penting pada sebuah komputer, sehingga mempunyai beberapa jenis supaya mudah dikenal oleh penggunanya. Kira-kira apa saja ya jenis-jenis software?

Program BIOS

Jenis-jenis software-program bios
https://www.nesabamedia.com/

BIOS Merupakan sebuah program awal komputer yang berfungsi untuk mengidentifikasi perangkat keras (hardware) pada saat booting.  Adapun beberapa contoh program BIOS, diataranya sebagai berikut:
  • Phoenix BIOS 
  • Award BIOS
  • AMI BIOS

Sistem Operasi (Operating System)

Jenis-jenis software-Operating system
https://gamebrott.com/

Sistem Operasi (operating system) adalah sebuah software yang berfungsi sebagai nyawa dari komputer itu sendiri. Tanpa adanya Sistem Operasi disebuah komputer, maka user tidak akan bisa menjalankan program, hardware dan lain-lain.

Selain itu, Sistem Operasi ini berperan sebagai pengontrol yang selalu memperhatikan program berjalan pada komputer. Sistem Operasi juga mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup semua perhitungan memori, pemrosesan data dan sebagainya.

Adapun beberapa contoh sistem operasi, diantaranya sebagai berikut:
  • DOS
  • Windows
  • Linux
  • Unix
  • Mac OS
  • Amiga
  • Google Chrome OS
  • Garuda OS
  • BlankOn



Aplikasi (Application)

Jenis-jenis software-apllication
https://pixabay.com/

Aplikasi adalah sebuah software yang dirancang untuk membantu penggunanya menyelesaikan pekerjaan dengan mudah dan cepat. Dengan adanya aplikasi, maka user akan dapat memaksimalkan efektivitas dan efesiensi-nya dalam bekerja.

Banyak sekali aplikasi yang berguna untuk membantu pekerjaan kita sesuai dengan jenisnya. Biasanya setiap aplikasi hanya mencakup satu tugas, seperti dikhususkan untuk pekerjaan multimedia, programming, membuat dokumen dll.

Adapun beberapa contoh software Aplikasi, diantaranya sebagai berikut:
  • Multimedia: Adobe Photoshop, Blender, Inkscape, Movie Maker dan sebagainya
  • Programming/Compiler: Netbeans, Notepad++, Visual Studio, Jetbrains PHP Storm dan sebagainya
  • Pembuat Dokumen: Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint), OpenOffice (Writter, Calc, Impress), Latex dan sebagainya

Utilitas (Utility)

Jenis-jenis software-utility
https://esd.codes/

Utility Software adalah sistem yang dirancang untuk membantu mengkonfigurasi, menganalisis, mengoptimalkan dan melindungi komputer dari malware. Ringkasnya, Utility Software merupakan jenis sistem yang berfungsi untuk mendukung infrastruktur komputer.

Utility software umumnya dapat terbagi menjadi dua jenis, yaitu internal utility program dan eksternal utility program.

Internal utility program ialah software utilitas yang sudah terinstall secara otomatis di sistem operasi tersebut. Sedangkan Eksternal utility program ialah software utilitas yang harus diinstall dahulu atau sebagai program tambahan disistem operasi.

Adapun beberapa contoh Software utilitas, diantaranya sebagai berikut:
  • Internal Utility Program: Windows Defender, System RestoreDisk DefragmenterUninstaller dan sebagainya
  • Eksternal Utility Program: Winamp, Smadav, TuneUp Utilities, CD/DVD Burning software dan sebagainya

Malware

Jenis-jenis software-malware
https://technologue.id/

Malware (Malicious Software) adalah sebuah software yang dirancang dengan tujuan untuk menyusup atau merusak sebuah perangkat komputer. Malware juga biasa didefinisikan sebagai kode berbahaya.

Software ini bisa melumpuhkan atau mengganggu sistem operasi dan memungkinkan peretas (hacker) untuk mendapatkan akses ke informasi penting penggunanya. Jika komputer kita sudah terinfeksi, maka biasanya hacker dapat memata-matainya.

Selain itu, biasanya para hacker akan meng-encrypt semua data kita dan meminta bayaran untuk membukanya. Malware dibuat secara khusus, sehingga bisa tetap berada didalam sebuah sistem komputer tanpa sepengetahuan penggunanya.

Supaya dapat mengatasinya, kita dapat menggunakan antivirus seperti Windows Defender, MalwareBytes, Kapersky, Smadav dan sebagainya. Adapun beberapa contoh malware, diantaranya sebagai berikut:
  • Trojan Horse
  • Ransomware
  • Worm
  • KeyLoggers
  • Adware
  • Dan sebagainya

 Apa Itu Hardware

apa itu hardware
https://pixabay.com/

Hardware atau perangkat keras berfungsi sebagai pendukung segala proses dalam komputerisasi dan bekerja sesuai perintah yang sudah ditentukan penggunanya. Dengan adanya perangkat hardware, maka bentuk output dari setiap proses bisa direalisasikan.

Selain itu, banyak juga yang beranggapan bahwa hardware merupakan suatu perangkat/alat komputer yang mempunyai bentuk fisik untuk memproses data.

Sedangkan menurut James O’Brien,
 "Hardware adalah semua peralatan fisik yang digunakan dalam pemrosesan informasi, termasuk diantaranya CPU, RAM, monitor, mouse, keyboard, printer, scanner, dan lain-lain. Jadi, perangkat keras merupakan media komunikasi yang menghubungkan beberapa jaringan dan memproses paket data sehingga transmisi data lebih efektif.”

Karena kedua perangkat komputer saling berhubungan, maka hardware merupakan alat pengolah input dan output. Sehingga, nantinya hardware berguna sebagai penghubung komunikasi antara user dan komputernya.

Jadi tanpa adanya hardware, maka komputer tidak bisa melakukan fungsinya (Input – Process – Output).

Jenis-Jenis Hardware

Hardware merupakan salah satu perangkat penting pada sebuah komputer, sehingga mempunyai beberapa jenis supaya mudah dikenal oleh penggunanya. Kira-kira apa saja ya jenis-jenis hardware?

Input Device

Jenis-jenis hardware-input device
https://pixabay.com/

Input device (perangkat masukan) adalah hardware yang berfungsi untuk memasukkan data atau informasi ke dalam program komputer. Data atau informasi tersebut dapat berbentuk gambar, teks, video, dan audio.

Adapun beberapa contoh dari input device, diantaranya sebagai berikut:
  • Keyboard
  • Mouse
  • Scanner
  • Joystick
  • WebCam
  • Dan Sebagainya


Process Device

Jenis-jenis hardware-process device
https://www.pexels.com/

Process device merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah atau memproses berbagai data yang berasal dari masukannya (input).

Misalnya seperti interfaces pada sistem operasi (output), maka VGA-nya merupakan process device yang dijalankan setelah user menghidupkan komputer (input).

Adapun beberapa contoh process divice, diantaranya sebagai berikut:

Output


Jenis-jenis hardware-output device
https://www.pexels.com/

Output device adalah perangkat dalam komputer yang berfungsi untuk menampung dan diolah sehingga menghasilkan data digital maupun fisik. Selanjutnya, setelah data diolah kemudian dikeluarkan melalui perangkat lain yang terhubung ke komputer.

Data yang dikeluarkan dapat berupa bentuk gambar, video, teks, dan audio. Adapun beberapa contoh ouput divice, diantaranya sebagai berikut:
  • Monitor
  • Proyektor
  • Printer
  • Speaker
  • Dan Sebagainya

Media Penyimpanan

Jenis-jenis hardware-media penyimpanan
https://www.pexels.com/

Media penyimpan adalah salah satu hardware yang dapat menyimpan informasi dan data, baik didalam komputer maupun di luarnya. Pada komputer, media penyimpanan umumnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu Internal Storage dan Eksternal Storage.

Adapun beberapa contoh media penyimpanan, diantaranya sebagai berikut:
  • Internal Storage: RAM, ROM, Harddisk Internal dan sebagainya
  • Eksternal Storage: Flashdisk, CD/DVD kosong, Memory Card, Harddisk Eksternal dan sebagainya.

Perbedaan Software dan Hardware

Setelah membaca dan memahami pengertian software dan hardware diatas, tentunya kita mendapatkan point-point perbedaannya.

Berdasarkan bentuknya, software tidak mempunyai tampilan fisik melainkan bentuk digital. Sedangkan hardware mempunyai bentuk fisik dan bekerja jika sudah ter-install kedalam sebuah sistem operasi.

Berdasarkan artinya, software merupakan perangkat lunak yang terdiri dari sekumpulan data dan dapat berguna untuk menjalankan perintah serta program komputer.
Sedangkan hardware merupakan perangkat keras yang berguna sebagai alat yang mendukung pemrosesan data dan informasi.

Karena kedua perangkat komputer saling berhubungan, maka software yang merupakan jembatan penghubungnya. Sehingga, nantinya hardware akan dapat berfungsi setelah mendapatkan perintah (Install) yang di input kan oleh software.

Sedangkan hardware merupakan alat pengolah input dan output untuk membantu penggunanya mengolah data atau program-program komputerSehingga, nantinya hardware berguna sebagai penghubung komunikasi antara user dan komputernya.


Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan software dan hardware. Selain itu kita juga telah membahas pengertian, jenis software dan hardware. Semoga informasi ini dapat berguna dan menjadi manfaat untuk kita semua.
Muhammad Gusti Apriansyah Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.
Tampilkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel