Pengertian dan Fungsi Microsoft Excel





Pastinya kita sudah sering mendengar software pengolah angka yang dibuat oleh Microsoft Corporation ini, yaitu Microsoft Excel. Agar kita mengenal lebih dalam tentang perangkat lunak tersebut, mari kita bahas pengertian dan fungsi Microsoft Excel.

Microsoft Excel kini menjadi salah satu software pengolah angka yang paling banyak digunakan dibandingkan perangkat lunak lainnya. Biasanya, Microsoft Excel digunakan untuk membuat laporan keuangan, administrasi dll.

Tentunya dengan menggunakan perangkat lunak ini, kita dapat mengolah data berupa angka dengan mudah dan cepat.



Pengertian Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah sebuah perangkat lunak yang dapat mengolah angka seperti membuat laporan keuangan, administrasi dan sebagainya. Memiliki interface yang mudah dipahami membuatnya menjadi software pengolah angka terbaik.

Microsoft Excel juga disertai formula atau rumus-rumus yang membantu kita menghitung angka didalamnya. Tentunya bagi kita yang bekerja diperusahaan sebagai pembuat laporan keuangan, software ini sangat membantu untuk mempermudah pekerjaan.

Tampilan didalamnya ada sebuah lembar kertas yang disebut spreadsheet yang mempunyai cell baris dan kolom. Nantinya, kita bisa mengetikkan atau menginput sebuah angka dan menghitungnya dengan sangat praktis.

Perangkat lunak ini menjadi satu paket di Microsoft Office bersama Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, Microsoft Access dll. Jika kita penggunakan sistem operasi Windows, maka paket tersebut biasanya sudah terinstall secara default pada PC kita.

Sejarah Microsoft Excel

Doug Klunder berhasil membuat dan mengembangkan Microsoft Excel sebagai software pengolah angka terbaik sampai saat ini. Pada tahun 1985, perangkat lunak ini hanya tersedia untuk sistem operasi Mac OS dan saat itu dikenal dengan nama Excel saja tanpa Microsoft.

Pada saat peluncuran Excel, pihak Microsoft dituntut perusahaan lainnya yang juga bergerak dibidang teknologi finansial yang saat itu dinamai Excel. Setelah pihak Microsoft dikalahkan perusahaan yang menuntutnya, nama software itu pun menjadi Microsoft Excel.

Setelah dikalahkan oleh perusahaan penuntutnya, pihak Microsoft membeli nama perangkat lunak tersebut. Hal ini dilakukannya agar tidak terjadi masalah persoalan nama Excel kedepannya.

Akhirnya pada tahun 1987, Microsoft meluncurkan Excel di sistem operasi Windows. Saat itu perangkat lunak yang baru dirilis Microsoft tersebut dinamai Excel versi 2.0. Tidak lama setelah diluncurkan, Excel berhasil mengalahkan software pesaing terberatnya lotus 1-2-3.

Pada tahun 1988, Excel berhasil menggeser para pesaingnya dan rivalnya hingga ia menjadi software spreadsheet yang sangat populer. Semenjak saat itu sampai sekarang perangkat lunak ini menjadi software spreadsheet terbaik.



Fungsi Microsoft Excel


Sebelumnya kita telah mengetahui pengertian dari Microsoft Excel dan mengambil kesimpulan bahwa software ini berguna untuk mengolah angka. Selain itu, ada beberapa fungsi Microsoft Excel yang harus kita ketahui :

  • Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika
  • Membuat, mengedit, mengurutkan, menyajikan dan mengolah angka yang kita inputkan
  • Dapat membantu menyelesaikan persoalan matematika dan logika
  • Dapat membuat grafik dan diagram yang telah diolah datanya
  • Menghitung penjualan, inventaris, pinjaman dan dapat mengelola investasi
  • Dapat membuat daftar hadir serta daftar nilai dibidang Pendidikan
  • Bisa melakukan penkonversian mata uang
  • Melakukan perhitungan dari sebuah hasil penelitian
  • Membuat catatan keuangan, anggaran, golongan gaji karyawan dan sebagainya

Akhir Kata

Kesimpulan dari pembahasan kali ini adalah dengan menggunakan Microsoft Excel kita dapat membuat sebuah laporan data berupa angka dengan mudah. Karena memiliki interface yang baik dan mempunyai rumus atau formula didalamnya.


Demikianlah pembahasan tentang pengertian dan fungsi Microsoft Excel. Dengan demikian kita dapat lebih memahami tentang Microsoft excel dan sejarahnya. Semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua.



Muhammad Gusti Apriansyah Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.
Tampilkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel