Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel







Sebelumnya, kita telah memahami pengertian beserta fungsi dari Microsoft Excel. Dimana pada software ini berguna dalam membantu kita untuk pembuatan laporan keuangan, gaji karyawan dan sebagainya. Adapun manfaat Microsoft Excel yang harus kita ketahui.

Manfaat-manfaat pada Microsoft Excel tentunya sangat berguna dan penting dalam membantu pekerjaan kita. selain akan dibahasnya manfaat Microsoft excel, kita pun akan membahas kelebihan dan kekurangan software tersebut.

Untuk lebih memperdalam pengetahuan maka kali ini kita akan membahas Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel


Manfaat Microsoft Excel

Sebagai software pengolah angka terbaik, Microsoft Excel memiliki banyak manfaat didalamnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang ada jika kita menggunakan Microsoft Excel :
  • Pengolahan Data Statis

Microsoft Excel dapat digunakan untuk mengelola data berupa angka dan menghitung perhitungan statistic. Perhitungan ini bisa dilakukan jika kita menggunakan formula atau rumus yang disediakan.

Dengan menggunakan formula tersebut, kita bisa menghitung nilai tengah, nilai maksimum dan minimum, rata-rata dan sebagainya. Tentunya ini membuat pekerjaan kita menjadi lebih cepat terselesaikan.
  • Pembuatan Data Berupa Grafik

Microsoft Excel dapat juga membuat sebuah grafik dari data yang telah diolah sebelumnya. Seperti grafik perkembangan kerja karyawan, Besar income perusahaan dan sebagainya.
  • Di Bidang Akuntansi dan Keuangan

Dibidang ini, Microsoft Excel berperan penting sebagai software pengolahan data mereka. Dengan menggunakan Microsoft Excel di bidang tersebut, kita bisa membuat laporan laba rugi, menghitung gaji karyawan dan sebagainya.
  • Di Bidang Pendidikan

Pada bidang pendidkan, Microsoft Excel biasanya dipakai untuk membuat laporan nilai siswa serta data absensi. Karena didalamnya terdiri dari cell baris dan kolom, menjadikan software tersebut sangat cocok untuk membuat laporan tersebut.

 Kelebihan Microsoft Excel

Microsoft Excel memiliki berbagai macam manfaat yang sangat membantu pekerjaan kita sehari-hari. Adapun kelebihan Microsoft Excel dibanding software pengolah data berupa angka lainnya adalah sebagai berikut:
  • Adanya Fitur Formula atau Rumus

Adanya Formula pada software tersebut sangat membantu kita dalam menjumlahkan atau menghitung sebuah data. Dengan demikian pekerjaan kita menjadi lebih cepat selesai berkat kepraktisannya fitur tersebut.
  • Formatnya Fleksible di Software Data Entry

Karena menjadi sebuah software pengolah angka terbaik, menjadikan format Microsoft Excel ini digunakan di sebagian besar perangkat lunak data entry. Kita pun jadi lebih mudah menkonversikan data Microsoft Excel ke software data entry lain.
  • Dapat Menampung Data Besar Setiap Sheet

Dalam 1 sheet, Microsoft Excel dapat mendampung data 1 juta baris dan 16.000 kolom di tiap cellnya. Tentunya ini sangat berguna sekali untuk kita yang bekerja dibidang keuangan untuk membuat laporannya.
  • Fleksible Penggunaanya

Ini salah satu kelebihan utama Microsoft Excel, bisa diakses baik di PC ataupun Smartphone. Kita pun akan jadi lebih mudah jika ingin mengedit data walau hanya menggunakan smartphone.

Kekurangan Microsoft Excel

Sebelumnya kita telah mengetahui manfaat dan kelebihan dari Microsoft Excel. Microsoft Excel tentunya memiliki kekurangan. Untuk memperdalam pengetahuan kita lagi, berikut ini adalah kekurangan dari Microsoft Excel :
  • Sulit Digunakan secara Bersamaan

Kini banyak aplikasi dan website yang berguna sebagai database perusahaan. Dengan menggunakan aplikasi atau website maka perusahaan dapat memperbaharui data nya secara bersamaan.
Pada Microsoft Excel itu hanya bisa dilakukan jika kita menggunakan versi online atau dikenal dengan Office 365. Jika kita hanya menggunakan Microsoft Excel versi offline maka kita tidak bisa menggunakan atau mengelola data tersebut bersamaan.
  • Tidak Ada Histori Perubahan Data

Histori perubahan data dalam pencatatan laporan sangat penting agar dapat mengembalikkan data jika terjadi kesalahan. Pada Microsoft Excel tidak terdapat histori perubahan data jika program tersebut sudah ditutup.
Kemungkinan saja kesalahan input saat pembaruan data terjadi dan kita menyadarinya setelah program tersebut sudah ditutup. Tentunya kita akan mengecek ulang dan memperbaikinya karena tidak adanya histori tersebut.
  • Harga yang Kurang Bersahabat Untuk Pelajar dan Pengusaha Kecil

Microsoft Excel di bundle pada satu paket yang bernama Microsoft Office. Jika kita ingin menggunakan versi originalnya maka kita harus membayar cukup besar. Meskipun kita akan selalu mendapat update, namun biaya yang dikeluarkan kurang bersahabat bagi pelajar dan pengusaha kecil.

Akhir Kata

Kesimpulan dari pembahasan kali ini adalah dengan menggunakan Microsoft Excel kita mendapatkan banyak manfaat. Selain itu banyaknya kelebihan dari software tersebut sangat membantu kita dalam mengelola sebuah data berupa laporan.

Demikianlah pembahasan tentang Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel. Dengan demikian kita dapat lebih memahami tentang Microsoft excel. Semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua.






Muhammad Gusti Apriansyah Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.
Tampilkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel