Speksifikasi dan Harga Samsung M30


Pada awal tahun 2019 silam, Samsung telah resmi menghadirkan smartphone seri M terbarunya di pasar Indonesia. Smartphone itu adalah Samsung Galaxy M30 yang melengkapi Samsung seri M lainnya seperti Samsung Galaxy M10 dan Samsung Galaxy M20.

Samsung M30 ini tidak berbeda jauh dengan versi M20, namun memiliki beberapa keunggulan dari speksifikasinya. Maka dari itu untuk mendapatkan info lebih lengkap mari kita bahas Harga dan Speksifikasi Samsung M30.




Speksifikasi Samsung M30

 Dibanding seri sebelumnya yang menggunakan layar bertipe IPS, Samsung M30 ini sudah menggunakan layar Infinity U Super AMOLED 6,4 inci. Sehingga layar pada smartphone ini bisa memanjakan dan membuat nyaman mata kita.

Dengan menggunakan layar Super Amoled ini, Samsung Galaxy M30 mempunyai kekuatan resolusi FULL HD Plus 1.080 x 2.340 px. Dengan aspek rasio 19,5:9 dan 16M warna serta kerapatan piksel 403 ppi density.

Pada bodi Samsung Galaxy M30 masih mengusung material yang sama seperti seri M20 yaitu menggunakan polycarbonate. Material ini cenderung digunakan untuk perangkat  kelas menengah kebawah yang menginginkan harga murah tapi tampilan perangkat mewah.

Samsung Galaxy M30 juga dibekalkan dengan chipset Exynos 7904. Chipset Exynos 7904 ini khusus didesain Samsung untuk smartphone kelas menengah dan menawarkan kemampuan yang sangat baik.
Serta pada chipset Exynos 7904 ini menggunakan teknologi 14nm yang membuat konsumsi daya baterai tetap terjaga dan tetap dingin saat digunakan. Dan Chipset Exynos 7904 ini menggunakan processor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A73 dengan kecepatan 1,8Ghz dan hexa-core ARM Cortext-A53 dengan kecepatan 1,8Ghz.

Samsung Galaxy M30 di Indonesia ini hanya tersedia memori RAM/ROM 4/64 GB saja dengan GPU Mali-G71 MP2. Tersedia juga slot Micro-SD yang bisa di ekspansi sampai 1 TB, hal ini membuat kita menjadi tidak repot membersihkan memori

Untuk sistem operasi dari Samsung Galaxy M30 menggunakan OS android terbaru yaitu Andorid versi 9 atau biasa disebut dengan Pie.Untuk daya tahan baterai, Samsung Galaxy M30 ini memiliki kapasitas 5.000 mAh yang bisa terbilang sangat besar.

Serta Samsung Galaxy M30 ini sudah didukung fitur pengisian baterai dengan cepat atau Fast Charging . Pada fitur keamanan pada Samsung Galaxy M30 selain fingerprint, Pola, dan PIN smartphone ini juga sudah memiliki fitur pendeteksi wajah sebagai pengaman tambahan.
Kamera pada Samsung Galaxy M30 ini mengalami perubahan dibanding seri sebelumnya, dimana ada tiga kamera belakang dan satu kamera depan. Kamera belakang pada Samsung M30 ini utamanya adalah 13MP, kamera ultra-wide 5MP dan kamera depth sensor 5MP.

Sementara kamera depan 16MP sehingga sangat cocok untuk kita yang suka selfie. Dan dari segi fotografi ini Samsung M30 menghasilkan foto yang sangat berkualitas dan bagus terutama pada kamera depannya yang mempunyai resolusi 16 MP.

Harga Samsung Galaxy M30

Untuk harga dari Samsung Galaxy M30 ini sudah mengalami penurunan dibanding saat pertama kali smartphone ini masuk ke pasar Indonesia. Sekarang ini harga untuk Samsung Galaxy M30 adalah 2,8 jutaan sangat pas dijajarkan pada smartphone kelas menengah lainnya.

Score Antutu Benchmark Samsung Galaxy M30

Setelah berkenalan singkat dengan Samsung Galaxy M30, langkah selanjutnya ialah dengan mengetes skor pengujian smartphone tersebut di aplikasi benchmark antutu. Karena sebagian orang sangat memerhatikan skor dari benchmark smartphone incarannya.

Sebelum kita melakukan pengujian pada smartphone Samsung Galaxy M30, mari kita bahas dulu apa si Antutu Benchmark itu ? yap, Antutu Benchmark adalah sebuah aplikasi untuk menguji sebuah smartphone yang nantinya akan muncul sebuah skornya.

Mengapa mengujinya dengan Antutu ? karena sebagian banyak orang menggunakan aplikasi ini dan benar akurat hasilnya. Yang diuji pada aplikasi Antutu ialah dengan membandingkan performa UX,RAM,CPU serta GPUnya.

Namun yang unik pada aplikasi penghitung skor smartphone ini adalah tidak hanya dengan membandingkan hardware, namun juga software turut di perhitungkan.

Hasil pengujian dari aplikasi benchmark antutu pada Samsung Galaxy M30 mencapai skor 102.270, dengan skor yang dihasilkan pada Samsung Galaxy M30 ini bisa dibilang smartphone ini cukup bersaing dengan smartphone kelas menengah lainnya.

Namun chipset Exynos 7904 ini memang terlihat masih kalah pada chipset saingannya seperti Snapdragon 636 atau MediaTek Helio P60/70.  Karena chipset yang dedesain Samsung tersebut hanya dikhususkan untuk kelas menengah.

Performa dari Samsung Galaxy M30 sudah sangat baik dan cukup untuk bersaing, namun dengan skor antutu pada Samsung Galaxy M30 yang pas-pasan masih kalah jauh dengan smartphone asal china yang memiliki skor antutu rata-rata 130.000 an.

Dibanding dengan seri sebelumnya yaitu Samsung Galaxy M20, Samsung Galaxy M30 memiliki skor antutu yang sedikit lebih besar. Karena memang pada Samsung Galaxy M30 ini tidak terlalu banyak perubahan dari seri sebelumnya.

Dan yang menjadi perubahan primadona dari Samsung Galaxy M30 ialah pada baterai nya yang bisa dibilang sangat besar yaitu 5.000 mAh ditambah dengan iritnya konsumsi baterai membuat kesan bahwa Samsung M30 ini memiliki kelebihan yang sangat terasa dibanding dengan seri sebelumnya.

Dengan harga yang cukup mahal memang seharusnya Samsung Galaxy M30 mempunyai skor benchmark antutu yang lebih tinggi lagi dan membuat speksifikasi dari Samsung M30 yang lebih tinggi dibanding Samsung Galaxy seri M lainnya.

Tidak semua orang menjadikan benchmark sebagai acuan, karena kinerja smartphone di dunia nyata bisa saja lebih berfungsi lebih baik lagi. Walau score antutu Samsung Galaxy M30 pas-pasan namun kinerja pada Samsung M30 ini bekerja dengan sangat baik.

Sangat cocok bagi mereka yang suka ber aktivitas atau bekerja dengan smartphone. Dan yang menarik pada Samsung Galaxy M30 ini adalah sanggup menangani tugas yang berat seperti bermain game yang memiliki speksifikasi perangkat yang tinggi dengan mulus tanpa kendala.

Ditambah dengan kapasitas baterai yang sangat besar serta konsumsi daya baterainya pun sangat irit jadi membuat kita betah berlama lama berhadapan dengan Samsung Galaxy M30 ini.


Muhammad Gusti Apriansyah Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.
Tampilkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel