Cara Restart Chrome Tanpa Menutup Tab Aktif, Mudah!

Restart Chrome

Tidak jarang saat lagi browsing di Google Chrome kita menemukan berbagai macam masalah. Misalnya saja seperti masalah lag atau sering not responding.

Masalah-masalah ini tentunya membuat kita merasa kesal. Lalu untuk penyebabnya sendiri ada beberapa, mulai dari cache menumpuk, masalah RAM pada perangkat dan lainnya.

Nah, solusi untuk mengatasi masalah yang ada Google Chrome adalah dengan melakukan restart. Karena biasanya sih setelah restart Google Chrome di PC atau laptop kamu dapat berjalan normal lagi.

Lalu bagaimana cara restart Google Chrome? Lalu adakah cara restart Chrome tanpa menutup semua tab aktif? Tenang, semua ada caranya dan telah saya siapkan di artikel ini.

Contents

Manfaat Restart Chrome

Proses restart Chrome memiliki sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan. Terutama ketika browser tersebut sudah mulai terasa berat.

Ini dia beberapa manfaat restart Google Chrome:

  • Mengatasi beberapa masalah pada Google Chrome
  • Meningkatkan performa Google Chrome
  • Menghapus cache tidak penting yang sebelumnya tersimpan

Sekedar informasi saja, apabila kamu telah lama menggunakan Google Chrome. Biasanya akan sering timbul masalah, seperti lag hingga muncul notifikasi not responding. Terutama kalau kamu membuka banyak tab.

Cara Restart Chrome

Banyak orang yang berfikir untuk membuka tutup Google Chrome supaya bisa melakukan restart. Sebenarnya hal ini juga termasuk proses restart, namun akan membuat seluruh tab aktif sebelumnya tertutup.

Lalu apakah ada cara restart Google Chrome tanpa menutup tab aktif?

1. Buka Tab Baru

Buka Tab Baru

Pertama, pastikan kamu telah membuka Google Chrome. Kemudian silahkan buka Tab baru lebih dulu di Chrome yang nantinya digunakan untuk memasukkan perintah restart.

2. Masukkan Perintah Restart

Masukkan Perintah Restart

Kalau sudah, sekarang kamu dapat ketik perintah Restart, yaitu chrome://restart pada kolom URL. Lalu tekan tombol Enter untuk melakukan restart Chrome.

Tunggu beberapa saat, sampai semua tab aktif terbuka lagi di Google Chrome.

3. Akses Perintah Bookmarks

Pilih Add New Bookmark

Misalnya kamu ingin menyimpan perintah Restart tersebut agar tidak lupa, maka dapat disimpan melalui fitur Bookmarks.

Caranya, kamu bisa akses perintah Bookmarks lebih dulu di chrome://bookmarks dan tekan Enter. Selanjutnya klik ikon More Options » Add New Bookmark untuk membuat Bookmark baru.

4. Buat Bookmarks Baru

Simpan Perintah Restart

Lalu pada Name silahkan isi nama Bookmark sesuai keinginan, misalnya Restart Chrome. Setelah itu, isikan kolom URL dengan perintah Restart tadi, yaitu chrome://restart.

Tekan tombol Save bila sudah selesai melengkapi semua kolom.

5. Restart Chrome Melalui Bookmarks

Restart Chrome Lewat Bookmark

Terakhir untuk mengaksesnya, kamu tinggal pergi ke More Options » Bookmarks and Lists dan cari dan klik Bookmark dengan nama Restart Chrome.

Maka Google Chrome kamu akan langsung di restart ketika menekan Bookmark tersebut.

Penutup

Sekarang kamu sudah mengetahui cara restart Chrome tanpa menutup tab aktif. Bila perintahnya sulit diingat, kamu bisa simpan melalui Bookmarks. Caranya juga telah saya sediakan di atas ya.

Apabila kamu punya pertanyaan terkait masalah di atas, jangan sungkan untuk tanyakan melalui kolom komentar di bawah ini.

Sekian, Terimakasih!

Apakah perintah restart Chrome di atas bisa dilakukan di Chrome versi mobile ?

Ya, kamu dapat menggunakan perintah restart Chrome di atas untuk Google Chrome versi mobile di Android atau iOS.

Bagaimana kalau setelah restart namun Chrome masih terasa lag?

Restart hanyalah salah satu solusi saja untuk mengatasi masalah lag. Kalau masih terasa lag, maka kemungkinan besar masalahnya ada pada RAM kamu yang pemakaiannya tinggi. Disarankan untuk menutup beberapa tab untuk mengurangi pemakaian RAM tersebut.

Tips meningkatkan performa Google Crhome selain proses restart di atas?

Kamu harus rutin membersihkan cache Chrome, jangan membuka banyak tab dalam satu waktu dan tidak instal banyak ekstensi Chrome.

Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.

23 komentar

  1. Perintah sederhana namun cukup bermanfaat bagi yang sering berselancar. Terima kasih.
  2. wah aku baru tahu ada perintah gini. mana simpel banget ternyata buat diikuti. selama ini, kalau hang, ya paksa tutup tab. risiko ulang dari awal lagi. kalau seperti contoh di artikel ini, jadi ringkas banget
  3. Wah aku baru tau sih cara ini... simple ya hanya dengan sekali klik dari google chromnya sendiri
  4. Wuihhhihi.. aslinya nih aku baru tau ada trik matiin sat set sat set . Abis ini auto nyobain ah mumpung gampang triknya haha
  5. Wah caranya mudah banget ya kak. Ini bs dilakukan di semua perangkat (ga cuman Windows kan ya)? Asal pake mesin peramban Chrome.

    Mayan ga perlu ngetik2 lagi di tab Chrome. Bisa berabe aktivitas kita kalo lagi hang/ngadat tuh mesin perambannya.
  6. Ya ampun aku baru tahu kalau chrome perlu direstart biar cache nya ilang. Berarti selama inu chace chrome ku numpuk banget kali yaaa.
  7. Woo... Baru tahu nih cara restart chrome tanpa menutup tab aktif. Diriku sering buka tab banyak banget dan kadang ngelag suka bikin sebel. Nanti mo praktekin ah caranya.
  8. baru tauuuu cara seperti ini. selama ini saya langsung tutup semua tab, trus bahkan restart laptop. Buka chrome dan hapus canche. Makasih ilmunya
  9. teriam kasih tipsnya, jadi enak nih ga perlu kehilangan history situs apa aja yang terbuka, banyak membantu nih
  10. Informatif banget deh pastinya ini karena aku tuh biasa langsung tutup aja sih. Ternyata ada caranya gini kan makin tau untuk restart chrome nya.
  11. Ternyata ada caranya khusus ya buat restart chrome, aku baru tahu. Jadi lebih mudah buat lanjut yang tadinya udah dikerjakan, tinggal melanjutkan.
  12. Wah info baru banget nih buat aku, jujur baru tahu. Langsung aku praktekin biar makin lancar jaya internetannya nih ^^ apalagi nggak usah closed tab pula
  13. Sebuah trik yang bermanfaat. Semacam short-cut, jadi bisa lebih mudah ketika ingin memuai ulang browser Chrome.
  14. Wah mkasih banget nih tipsnya jadi tahu atasinnya buat cegah Chrome pas bermasalah aku mau praktekan nih supaya pas buka chrome lancar jaya
  15. Oh bisa gitu ya, restart nya gampang banget ini mah. Bisa dicoba dan diterapkan.
  16. Nah simple nih, jadinya kan gak perlu menutup tab, apalagi tab nya pas ada kerjaan kan
  17. Di laptop yang lama sempet ngerasain tuh nge-lag atau not responding berkali-kali. Terus karena belum tahu info ini jadinya saya restart aja hehe. Makasih kak infonya. bermanfaat banget.
  18. walah aku baru tau cara ini. simple ya ternyata tinggal sekali klik dari google chromnya sendiri
  19. aku sering banget nih ngalamin google nge hang, tiba tiba freeze aja gitu. eh malah ikutan laptop juga jadi nge hang. biasanya aku matiin aja laptopnya. tapi cara ini riskan banget kan ya ke memori. auto pake cara ini ah, pake chrome://restart terus di bookmark. semoga di aku berhasil ya
  20. Oh, karena yang sering nge-lag tuh chrome-nya yaa..
    Beranfaat sekali how to restart chrome. Apakah proses ini akan memakan waktu lama?
  21. Hmmm kalo saya lebih tepatnya mozila sih kak, apa caranya sama juga. Karena geregetan banget sih ngerjain tugas eh not responding
  22. Kalau mau mengulik ternyata ada banyak hak baru yang bisa kita ketahui. Terimanaksih, Kak, jadi tahu tentang restart chrome ini.
  23. Sumpah, aku juga baru tau kalau bisa restart chrome tanpa harus nutup tab. Paling males kalo chrome nge-lag, terus harus restart dulu. Web yang tadinya kebuka jadi terpaksa ditutup. Thank you banget infonya kak