Cara Daftar Akun MyPertamina, Cuma 1 Menit!

Cara Daftar Akun MyPertamina

Pemerintah memberikan kebijakan bagi pengendara yang ingin membeli BBM Pertalite untuk membelinya melalui aplikasi MyPertamina.

Sedangkan kalau kamu tidak mempunyai akun MyPertamina, tentunya tidak akan bisa membeli BBM pertalite. Melainkan akan diarahkan ke jenis BBM lainnya, salah satunya seperti Pertamax.

Dari masalah ini, tentunya membuat kamu mau tidak mau harus membuat akun di aplikasi MyPertamina. Nah kalau tidak tahu, berikut saya akan jelaskan cara daftar akun MyPertamina sampai bisa digunakan untuk membeli BBM.


Apa Itu Aplikasi MyPertamina?

Bagi yang belum tahu, MyPertamina merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mempermudah kamu dalam membeli BBM di Pertamina. Menariknya, pembayaran dalam membeli BBM ini bisa menggunakan E-Wallet, yaitu aplikasi LinkAja.

Selain bisa membeli BBM, aplikasi MyPertamina juga menyediakan fitur lainnya. Misalnya seperti delivery service, asuransi pengendara, beragam promo MyPertamina dan sebagainya.

Oh iya, aplikasi MyPertamina ini juga dikembangkan langsung oleh PT Pertamina lho. Kamu juga bisa coba cari-cari informasi lebih jelasnya tentang aplikasi ini melalui MyPertamina id.

Cara Membuat Akun MyPertamina

Syarat utama untuk bisa membuat akun MyPertamina ialah mempunyai nomor HP yang aktif. Karena nantinya kamu perlu menulis OTP yang akan dikirim ke nomor yang didaftarkan.

Kalau kamu sudah mempunyai nomor aktif, langsung saja ikuti panduan berikut untuk membuat akun MyPertamina.

1. Download Aplikasi MyPertamina

Buka Aplikasi MyPertamina

Langkah pertama, kamu harus mengunduh aplikasi MyPertamina lebih dulu. Aplikasi ini bisa kamu download melalui Google Playstore bagi pengguna Android.

Sedangkan untuk pengguna iOS, bisa download melalui AppStore. Kalau sudah berhasil di download, kamu bisa langsung buka aplikasi MyPertamina tersebut.

2. Pilih Menu Daftar

Pilih Menu Daftar

Setelah membukanya, kamu akan diarahkan ke halaman awal aplikasi MyPertamina. Di langkah ini, silahkan ketuk tombol Daftar.

Catatan: Kamu bisa langsung ketuk MyPertamina login kalau sudah memiliki akunnya.”

3. Lengkapi Form Registrasi

Registrasi Akun MyPertamina

Lalu kamu akan diarahkan ke form register akun MyPertamina. Silahkan kamu lengkapi, mulai dari Nama Lengkap, Nomor HP aktif, Tanggal Lahir dan PIN sesuai keinginan.

Misalnya sudah kamu lengkapi semuanya, langsung ketuk tombol Daftar.

4. Verifikasi Kode OTP

Verifikasi Kode OTP

Selanjutnya kamu harus mengetuk tombol Kirim Dengan SMS untuk mengirimkan Kode OTP ke nomor yang sudah didaftarkan.

Kalau sudah dapat kode OTP-nya, langsung saja kamu masukkan di kolom yang tersedia dan tunggu proses verifikasi selama beberapa waktu.

5. Hubungkan Akun LinkAja

Kalau kode OTP benar, kamu akan langsung diarahkan ke dashboard pengguna. Tandanya kamu sudah berhasil melakukan pendaftaran akun MyPertamina.

Tapi sayangnya, saat ini akun kamu belum bisa dipakai untuk membeli BBM di MyPertamina karena belum terhubung akun LinkAja.

Nah untuk cara menghubungkan MyPertamina dengan akun LinkAja, caranya bisa kamu lihat di bawah ini:

1. Ketuk tombol Aktifkan.
Aktifkan LinkAja di MyPertamina
2. Pilih opsi Sudah.
Konfirmasi Akun LinkAja
3. Masukkan Nomor HP LinkAja dan PIN-nya.
4. Kalau sudah, ketuk tombol Lanjutkan.
Login Akun LinkAja
5. Lalu masukkan Kode Verifikasi dan ketuk tombol Proses.
Verifikasi Akun LinkAja
6. Apabila berhasil, akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah ini.
Berhasil Menghubungkan Akun LinkAja

Sekedar informasi tambahan, sebelum itu kamu harus sudah mempunyai akun LinkAja lebih dulu. Disarankan sih memakai nomor LinkAja yang sama dengan yang didaftarkan dengan akun MyPertamina supaya prosesnya lebih mudah.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah cara untuk daftar akun MyPertamina sampai bisa dipakai untuk membayar BBM. Kesimpulan dari pembahasan ini, kamu bisa daftar akun MyPertamina kalau punya nomor HP aktif.

Lalu kalau ingin akun MyPertamina bisa membayar pembelian BBM kamu, maka kamu harus menghubungkannya ke akun LinkAja lebih dulu.

Kalau ingin kirim pertanyaan atau pesan terkait pembahasan saya di atas, boleh tulis di komentar.

Selamat mencoba ya!

Muhammad Gusti Apriansyah Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.
Tampilkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel