Cara Memberikan Review di Google Play Store

 

Cara Memberikan Review di Google Play Store

Sebagai bentuk mengapresiasi aplikasi yang telah dibuat oleh Developer, kamu bisa memberikan sebuah masukan, review dan rating pada aplikasi yang sudah dibuat.

Memberikan ulasan ini sangat penting bagi para Developer yang membuat aplikasi. Karena dapat memberikan atau mengembangkan kembali aplikasinya menjadi lebih baik.

Kamu bisa memberikasi ulasan atau review dengan natural tanpa harus dibuat-buat. Ketika kamu telah memberikan review tentunya ulasan tersebut akan bersifat publik agar orang lain dapat melihat.


Cara Memberikan Review di Google Playstore

Mungkin masih ada beberapa pengguna smartphone Android yang belum mengerti bagaimana cara mereview di Google Playstore. Untuk memberikan review di Google Playstore sebenarnya sangat mudah.

Tapi perlu kamu ketahui dalam memberikan review ini sifatnya publik yang tentunya review yang telah kamu berikan akan dilihat pengguna lain.

Berikut ini adalah cara-cara untuk memberikan review di Google Playstore:

1. Buka Google Playstore

Buka Play Store

Cara pertama kamu buka dulu aplikasi Google Playstore di smartphone Android tersebut agar bisa memberikan review.

Pastikan Google Playstore kamu sudah terhubung dengan akun Google yang telah dimiliki karena jika belum, kamu tidak bisa memberikan review pada aplikasi, konten atau lainnya.

2. Mencari Aplikasi yang akan di Review

Pilih Ulasan Aplikasi

Kemudian, kalau Google Playstore sudah terbuka kamu bisa mencari aplikasi atau konten yang akan di review pada Search Bar dibagian atas.

Kamu dapat mencari aplikasi apapun yang mungkin telah kamu gunakan sebelumnya dan ingin memberikan ulasan atau masukan agar aplikasi atau konten yang digunakan tersebut menjadi lebih baik.

Kalau sudah, ketuk kolom Ulasan.

3. Mereview Aplikasi atau Konten

Pilih Jumlah Bintang

Jika aplikasi yang akan di review sudah muncul, kamu lihat pada Beri rating aplikasi ini. Pada tab tersebut kamu bisa memberikan rating pada aplikasi tersebut dari bintang satu hingga bintang lima.

Dimana, untuk bintang satu berarti tidak bagus dan jika bintang lima sempurna atau sangat bagus. Dan selain memberikan rating, kamu bisa memberikan ulasan seperti saran, kritik dan lainnya.

Kamu bisa klik Tulis Ulasan agar kamu bisa memberikan ulasan tersebut dan nantinya akan dilihat oleh Developer dan para pengguna lainnya.

4. Memposting Review Aplikasi

Tulis Ulasan Anda

Setelah kamu memberikan rating dan ulasan pada aplikasi tersebut kamu dapat memposting review tersebut agar bisa terlihat.

Kalau sudah menuliskannya, kamu hanya perlu klik Posting di bagian sebelah kanan atas. Nantinya, review yang telah kamu buat akan ter-update. Selesai.

Cara Menghapus Review di Google Playstore

Selain kamu bisa memberikan review di Google Playstore, kamu juga bisa menghapus review tersebut yang mungkin sebelumnya kamu memberikan ulasan buruk pada aplikasi atau konten tersebut.

Karena kamu tidak ingin review kamu dilihat oleh banyak pengguna lainnya, kamu bisa menghapusnya agar tidak terlihat kembali.

Berikut ini cara untuk menghapus review di Google Playstore dengan mudah:

1. Membuka Aplikasi Google Playstore

Jalankan Google Play Store

Hal pertama yang kamu lakukan adalah dengan membuka aplikasi Google Playstore di smartphone Android tersebut.

Pastikan akun kamu sudah terhubung dengan Google dan data internet kamu dalam keadaan stabil agar bisa menghapus reviewnya.

2. Mencari Aplikasi yang akan di Hapus Reviewnya

Pilih Kolom Pencarian

Selanjutnya, kamu mencari aplikasi yang sebelumnya sudah kamu review dan akan dihapusnya. Kamu bisa mencari aplikasinya di bagian Search Bar bagian atas.

Setelah menemukan aplikasi yang telah kamu review sebelumnya dan akan dihapus kamu klik pada aplikasi tersebut.

3. Menghapus Review

Pilih Hapus Review

Kemudian, pada aplikasi tersebut kamu akan melihat ada tab Ulasan Anda. Tab tersebut adalah review yang telah diberikan oleh kamu sebelumnya.

Kalau kamu ingin menghapusnya, klik Titik Tiga pada review yang telah diberikan. Lalu, kamu klik Hapus pada option tersebut.

Selesai, review yang sudah kamu berikan sebelumnya akan menghilang dan kamu bisa memeberikan rating dan ulasan kembali.

Baca Juga :

Penutup

Nah itulah cara-cara untuk kamu yang ingin mereview atau menghapus review pada aplikasi atau konten yang kamu inginkan. Perlu diketahui ulasan kamu sangat berguna untuk Developer agar lebih baik lagi.

Tentunya untuk kamu, jangan lupa untuk menghubungkan akun Google ke Google Playstore agar kamu bisa memberikan review.

Tentunya cara ini hanya bisa digunakan oleh para pengguna Android. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat ya.

Semoga berhasil

 

Devi Tiarasari Suka membaca dan menulis informasi yang berkaitan dengan teknologi :)
Tampilkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel