Cara Membuat Tipografi di Adobe Illustrator

 


Cara Membuat Tipografi di Adobe Illustrator

Ada banyak desain yang bisa kamu buat dengan menggunakan Adobe Illustrator, salah satunya adalah teks tipografi.

Secara umum, tipografi adalah teks yang didesain khusus supaya tulisannya menjadi lebih terlihat menarik. Bentuknya sendiri juga bermacam-macam, seperti graffiti, tambahan objek gambar dan lainnya.

Oh iya, selain itu tipografi ini juga sering digunakan sebagai bahan uji coba orang yang baru belajar desain. Jadi tidak hanya yang sudah pro saja ya. Panduan lengkapnya kamu bisa lihat di bawah ini.




Cara Membuat Tipografi di Adobe Illustrator

Untuk cara membuat tipografi di Adobe Illustrator sebenarnya tidak sulit. Karena kamu hanya perlu memakai beberapa tools di dalamnya saja.

Tapi hal ini tergantung desain yang ingin kamu buat ya. Karena semua tools pada Adobe Illustrator ini, bisa kamu pakai untuk mengkreasikan desain tipografi tersebut.

Ini dia panduan untuk membuat tipografi di Adobe Illustrator:

1. Buat Lembar Kerja

Buat Lembar Kerja di Adobe Illustrator
Langkah awal, kamu harus membuat lembar kerja di Adobe Illustrator lebih dulu. Untuk cara membuatnya, kamu bisa tekan tombol Ctrl + N di keyboard.

Kemudian pilih deh jenis lembar kerja yang kamu inginkan. Pada panduan ini, saya akan memakai lembar kerja A4.

Kalau sudah memilih jenis lembar kerja, silahkan klik tombol Create.

2. Masukkan Teks

Pilih Jenis Font

Setelah lembar kerja berhasil dibuat, sekarang kamu tinggal masukkan teks kedalamnya. Caranya, kamu klik dulu Type Tool di toolbar sebelah kiri.

Lalu ketik teks di dalam lembar kerja tersebut. Kalau sudah, silahkan pilih jenis font dan ukurannya sesuai keinginan. Pada panduan ini, saya pakai font Mark My Words Clean dengan ukuran 100.

Tips: Kalau bingung pilih font, kamu bisa klik kolom Selected Text dan pilih opsi Typography. Di opsi ini, semua teks yang biasa digunakan untuk membuat desain tipografi akan muncul.”

3. Copy Teks

Copy Teks di Adobe Illustrator

Langkah selanjutnya, kamu harus copy teks tersebut dengan menekan tombol Ctrl + C. Kemudian langsung paste dengan menekan tombol Ctrl + V.

Sekarang kamu ubah warnanya pada teks yang sudah di paste. Pada panduan ini akan memakai warna putih dengan stroke hitam.

4. Blending Teks

Buka Blend Options
Pada tool blending ini, nantinya saya akan membuat efek bayangan dari teks tersebut. Untuk itu, silahkan klik teks dengan warna hitam.

Lalu klik tab Object > pilih Blend > klik Blend Options. Nantinya kotak dialog Blend Options akan muncul, kamu pilih opsi Specified Steps dengan value 100 di Spacing.

Pada Orientation, silahkan pilih opsi Align to Page. Setelah itu, klik OK untuk menyimpan konfigurasi blending. Sekarang tekan tombol Alt + Ctrl + B pada keyboard untuk menerapkan efek blending.

Note: Untuk value, kamu bisa atur sesuai kebutuhan. Karena biasanya sih beda jenis font dan ukuran akan mempengaruhi value dari efek blending tersebut.

5. Cek Hasilnya

Cara Buat Tipografi di Adobe Illustrator
Setelah teks sudah di blending, sekarang kamu hanya perlu mengatur posisinya saja. Silahkan letakkan teks yang berwarna hitam di bagian belakang.

Maka hasilnya akan seperti gambar di atas.

Tips: kalau posisi teks berwarna putih ada dibelakang, kamu bisa tukar urutan layers-nya.”

Baca Juga :

Akhir Kata

Nah demikianlah bahasan mengenai cara membuat tipografi di Adobe Illustrator. Panduan yang saya berikan ini hanya dasarnya saja.

Kalau kamu punya ide lain, bisa dikembangkan dengan menambahkan beberapa objek atau efek lainnya.

Selamat mencoba.

Muhammad Gusti Apriansyah Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.
Tampilkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel