Cara Download Komik Webtoon Terbaru, Mudah Banget!

Cara Download Komik Webtoon

Webtoon adalah salah satu aplikasi penyedia komik online yang dikembangkan oleh NAVER Corporation. Komik-komik yang ada di aplikasi tersebut terjamin original buatan para kreator terpilih di Webtoon.

Maka dari itu, tidak jarang banyak pembaca setia Webtoon ingin download komik Webtoon tersebut. Supaya komik Webtoon yang disukainya bisa dibaca secara offline.

Bagi kamu yang ingin mengetahui cara download komik Webtoon dapat menyimak panduan secara lengkap di sini.

Contents

Apakah Bisa Download Komik Webtoon?

Kamu dapat download komik Webtoon secara gratis. Tapi, komik Webtoon tersebut hanya bisa dibuka melalui aplikasinya saja.

Selain itu, komik Webtoon yang kamu download juga hanya bisa digunakan selama 30 hari saja. Setelah 30 hari, kamu harus download komik Webtoon lagi supaya bisa dibaca offline.

Menurut Naver Corporation, hal tersebut dapat mencegah terjadinya pelanggaran hak cipta. Intinya sih kalau kamu ingin download komik Webtoon PDF, itu belum bisa ya. Karena perizinannya dibatasi oleh pengembang aplikasi Webtoon itu sendiri.

Cara Download Komik Webtoon

Meskipun tidak dapat di download secara permanen, namun kamu tidak perlu khawatir. Karena waktu 30 hari terbilang cukup untuk menamatkan komik Webtoon yang ingin kita baca.

Asalkan kamu punya waktu luang setiap harinya. Nah, kalau kamu ingin tahu cara download komik Webtoon terbaru agar bisa dibaca offline, bisa lihat panduan berikut:

1. Pilih Komik Webtoon

Buka Menu Genre

Pertama, pastikan kamu sudah memiliki aplikasi Webtoon versi terbaru. Kemudian kamu dapat membuka aplikasi Webtoon, pilih Genre » ketuk Komik yang diinginkan.

Misalnya di sini saya memilih komik Webtoon baru, yaitu Weapon Creator. Supaya lebih mudah memilihnya, kamu dapat menggeser tab Genre ya. Karena saya suka komik isekai, maka saya pilih genre Fantasy.

2. Unduh Komik Webtoon

Unduh Komik Webtoon

Setelah komik yang kamu pilih terbuka, selanjutnya silahkan tekan ikon More Options yang ada di bagian atas sebelah kanan. Lalu akan muncul pop up di bawah, tekan Unduh.

3. Konfirmasi Unduh Komik

Download Komik Webtoon

Centang semua Episode yang ada pada komik Webtoon tersebut dan tekan tombol Unduh. Nantinya akan muncul pop up lagi dan tekan menu Lanjutkan.

Terakhir, kamu hanya perlu menunggu selama beberapa saat sampai semua Episode Komik Webtoon berhasil di download. Apabila sudah berhasil, akan muncul pop up lagi.

Kamu dapat pilih Baca Sekarang! Kalau ingin langsung membacanya. Atau bisa juga ketuk Tutup jika ingin download komik Webtoon lain.

Cara Melihat Komik Webtoon

Setelah komik Webtoon di download, nantinya akan langsung ke menu Favoritku pada aplikasi tersebut. Jadi kalau kamu ingin melihatnya, maka harus mengakses menu tersebut.

Supaya lebih jelas, kamu dapat ketahui cara melihat komik Webtoon di bawah ini:

1. Pilih Menu Favoritku

Pilih Menu Favoritku

Pastikan kamu masih membuka Webtoon. Selanjutnya kamu dapat dapat menekan menu Favoritku yang ada di bagian bawah.

2. Buka Komik Webtoon

Buka Komik Webtoon

Arahkan ke tab Unduhan. Lalu pilih komik Webtoon yang telah berhasil di download dan ingin kamu baca sekarang.

3. Pilih Episode yang Ingin Dibaca

Cara Melihat Komik Webtoon yang Di Download

Nantinya akan diarahkan ke komik Webtoon tersebut. Terakhir, kamu hanya perlu memilih Episode mana yang ingin dibaca.

Penutup

Jadi, seperti itulah cara download komik Webtoon. Kesimpulannya, komik Webtoon hanya bisa di download sementara atau selama 30 hari.

Setelah 30 hari, kamu harus download kembali. Karena hal ini bertujuan untuk menjaga hak cipta kreator Webtoon.

Misalnya kamu memiliki pertanyaan, dapat kirim langsung ke komentar ya. Sekian, Terimakasih!

Kenapa tidak bisa download komik Webtoon permanen?

Menurut Naver Corporation, tidak bisanya download komik Webtoon permanen agar tidak terjadi pelanggaran hak cipta. Karena jika dapat di download permanen, bisa saja pembaca mengklaim komik tersebut buatannya.

Kenapa tidak terdapat tombol download pada Webtoon?

Jika kamu membuka Webtoon lewat situs resminya di HP, maka fitur Download Komik tidak bisa didapatkan. Solusinya, kamu harus buka aplikasi Webtoon atau membukanya melalui PC/Laptop.

Adakah solusi jika gagal download komik Webtoon terus menerus?

Umumnya gagal download komik Webtoon dikarenakan koneksi internet yang kurang stabil. Jadi, kamu dapat periksa koneksi internet lalu ganti ke provider lain. Apabila masih tidak bisa, silahkan update aplikasi Webtoon.

Suka membaca dan menulis informasi yang berkaitan dengan teknologi :)

19 komentar

  1. Loh baru tau bisa di downlod, kirain gak bisa loh.. Wuahhhh mantap ni, bisa baca offline mode :D
  2. Waaaah, sebagai emak yang kudet soal webtoon, aku jadi tertarik nih pengen coba baca komik online via aplikasi ini. Ga apa2 walaupun cuma bisa download selama 30 hari, kan lumayan buat me time ibu2 hehehe :D TFS ya nanti tinggal diikuti aja langkah2nya mantap nih :)
  3. Terima kasih infonya, Kak. Ternyata kita bisa membaca komik webtoon secara offline, ya. Lumayan juga bisa bebas baca meskipun harus download per-30 hari sekali, ya.
  4. Oh rupanya bgitu. Cuma bisa terdownload selama 30 hari. Baguslah itu, sdh baik hati banget. Mestinya seminggu aja klo menurutku.
  5. Wahhh kalau sudah didownload bearti bisa baca kapanpun dan dimanapun dong ya. ini jadi solusi kalau lagi gabut sih ya
  6. Wah... saya lama ga buka2 akun webtoon-ku. sekarang sudah bisa download ya
  7. Belum pernah download komik Webton sih, infonya bermanfaat banget. Biasanya cuma buka-buka saja, gk download. Mungkin ini fitur terbaru
  8. Bagus banget dong kalau Webtoon peduli pada hak cipta para komikusnya. Jangan seperti platform sebelah-sebelah yang nggak peduli pada masalah hak cipta ini.
  9. wah ternyata mudah ya download komik webtoon, gapapa sementara ..waktu 30 hari terbilang cukup untuk menamatkan komik Webtoon yang ingin kita baca.
  10. loh saya baru tahu malah kl bisa download ternyata hihi lumayan bget download pas ada wifi terus dijalan jd bisa baca offline gak ngurangi kuota selulernya, thanks kak
  11. ohh ternyata komik webtoon itu bisa didownload ya, kirain itu harus online bacanya. oke juga nih, nanti saya bilangin ke Adik ahh yang suka baca kartun gitu ;D
  12. Walaupun ada masa keberlangsungan untuk menyimpan hasil downloadnya, tapi ini lebih baik daripada harus online terus hehehe... Itu secara saya pribadi ya. Ga apa kalau harus di-update terus hasil downloadnya. Kan emang. Air bisa menghargai hak cipta pemilik juga ya
  13. Artikel yang sangat bagus dan berguna bagi penyuka komik. Saya sendiri juga suka baca komik. Tapi belum pernah berkonjung ke Webtoon. Mungkin karena genre komiknya berbeda. Apakah ada One Piece di sana?
  14. Wah ini ini sumbernya drama korea yang sering ku tonton. Banyak banget drakor yang diadaptasi dari webtoon dan rata-rata semuanya bagus. Salut sama para pembuat komiknya. Ide ceritanya selalu unik dan menarik. Ternyata mudah ya untuk download komiknya
  15. Bakalan lebih nyaman baca ketika sudah diunduh dulu gini sih webtoon-nya. Karena rawan signal hilang pas adegan genting itu menyebalkan. Bisa dibaca pas gabut pemadamn listrik juga
  16. Terus terang aku baru tau ini bisa didownload biasanya baca online aja hehe. Aku save aja info ini barangkali suatu saat membutuhkan atau ada orang lain yang membutuhkan infonya, Terima kasih :D
  17. Oalahh bisa di download yaa.. baru tau. Jadi lebih gampang bacanya kalau di download.Thank you kak infonya
  18. Aku suka baca webtoon juga, tapi jarang download soalnya gak terlalu banyak yang aku baca. Untuk komik komik favorit suka aku beli pakai koin juga, ihihi. Penasaran banget sama ceritanya soalnya
  19. Wah, Terima kasih nih sudah sharing pembahasan ini. Meski sering baca ulasan tentang webtoon, saya belum pernah sekalipun baca webtoon. Hehehe