Yuk Bayar Zakat Untuk Kebaikan Berbagi Sesama Muslim  


Zakat

Zakat – Membayar zakat merupakan suatu hal yang wajib kita lakukan dan bertujuan untuk menebar kebaikan berbagi sesama muslim. Kita juga harus bisa melihat saudara sesama muslim yang tidak mempunyai rezeky atau harta seberuntung kita.

Oleh sebab itu kita wajib untuk selalu bersyukur dan membantu mereka dengan cara membayar zakat. Lalu apakah arti zakat sebenarnya sehingga kita wajib untuk selalu membayarnya?

Jika sahabat muslim ingin mengetahuinya, pada artikel ini kita akan membahas pengertian zakat dan macam-macam zakat dengan lengkap.



Pengertian Zakat

Membayar Zakat
Sumber: Pixabay.com

Secara harfiah zakat mempunyai arti suci, bersih, berkembang dan berkat. Sedangkan menurut istilahnya zakat berkaitan dengan harta yang wajib dibayarkan oleh setiap kaum muslim. Harta yang dibayarkan itu nantinya akan diberikan kepada saudara kita yang membutuhkan dan berhak untuk menerimanya.

Zakat ini merupakan salah satu ibadah yang wajib untuk dilakukan bagi kaum muslim. Selain itu zakat juga termasuk kedalam rukun Islam ke empat. Perintah Allah SWT mengenai wajibnya kaum muslim untuk membayar zakat juga tersedia didalam ayat di kitab suci Alqur’an.

Surat Al Baqarah ayat 43
Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku.”

Surat At Taubah ayat 104
Tidaklah mereka mengetahui, bahwasanya Allah menerima taubat dari hamba-hambanya dan menerima zakat dan bahwasanya Allah maha penerima taubat lagi maha penyayang.”

Bagi sahabat muslim, ketahuilah bahwa zakat merupakan pembersihan harta kita yang didalamnya ada bagian untuk saudara kita yang membutuhkan.

Manfaat Membayar Zakat

Zakat Dompet Dhuafa
Sumber: Dompetdhuafa.org

Zakat merupakan salah satu cara kita untuk beribadah kepada Allah SWT. Tentunya ada manfaat yang akan kita dapatkan setelah menunaikannya, diantaranya:
  • Menebar kebaikan berbagi sesama saudara kaum muslim.
  • Menghilangkan rasa kesombongan diri.
  • Membersihkan harta kita yang sebagiannya merupakan hak saudara kita yang kurang mampu.
  • Dapat memberikan dukungan materi dan moral terhadap saudara kita yang baru mempelajari agama Islam.
  • Dapat menjadi modal bagi saudara kaum muslim yang membutuhkan untuk mengembangkan potensinya.

Syarat Wajib Membayar Zakat

Mungkin sahabat muslim ingin mengetahui mengenai syarat-syarat wajib membayar zakat. Maka ini dia pembahasannya:
  • Beragama Islam.
  • Mempunyai akal sehat.
  • Sudah Balig.
  • Mempunyai harta yang sudah mencapai nisab.
  • Pada waktu bulan Ramadhan (zakat fitrah)

Golongan Wajib Penerima Zakat

Menurut salah satu surat yang ada didalam kitab suci Alqur’an, ada delapan golongan wajib penerima zakat, diantaranya:

Fakir dan Miskin
Menurut bahasa kata fakir adalah seseorang yang tidak mempunyai usaha atau harta. Fakir ini dapat juga diartikan sebagai seseorang yang mempunyai usaha namun tidak mencukupi seperdua dari kebutuhan pokoknya.

Sedangkan kata miskin adalah seseorang yang memiliki sepertdua harta namun tidak dapat mencukupi kebutuhan pokoknya.

Harta zakat ini akan diberikan kepada mereka supaya dapat memenuhi kebutuhan pokoknya selama satu tahun.

Amil Zakat
Amil zakat merupakan seseorang yang diangkat sebagai pengurus atau pengelola pembayaran zakat. Mereka dengan golongan ini berhak mendapatkan dana zakat meskipun mempunyai harta yang mencukupi kebutuhannya.

Mualaf
Mualaf merupakan seseorang yang baru memasuki ajaran agama Islam dan belum mempunyai keimanan yang kuat. Golongan ini termasuk sebagai orang yang wajib menerima zakat untuk memperteguh keimanannya.

Riqab
Riqab merupakan seseorang yang belum merdeka atau diperlakukan sebagai budak. Maksudnya seseorang yang dikatakan riqab itu seperti mereka yang dibebaskan oleh tuannya jika diberikan uang tebusan.

Garim
Garim merupakan seseorang yang sedang terlilit hutang, baik itu hutang individu, hutang untuk mendamaikan seseorang atau hutang jaminan dari orang lain. Golongan garim wajib menerima zakat yang bertujuan untuk membantu mereka melunasi hutangnya.

Fi Sabilillah
Fi Sabilillah merupakan seseorang yang berjuang dijalan Allah SWT atas kehendaknya sendiri. Meskipun seseorang yang berjuang itu kaya, namun mereka tetap wajib menerima zakat yang bertujuan untuk membeli perlengkapan peperangan.

Ibnu Sabil
Ibnu sabil merupakan seseorang yang sedang didalam perjalanan namun kehabisan biaya ongkos. Mereka membutuhkan biaya ongkos supaya dapat sampai ke tujuannya. Golongan ini wajib hukumnya untuk menerima zakat guna mereka untuk sampai ke tujuannya.

Macam-Macam Zakat

Secara umum zakat terbagi menjadi dua macam, yaitu zakat maal (harta) dan fitrah. Kedua zakat ini hukumnya wajib untuk dilaksanakan jika syarat-syarat nya sudah terpentuhi. Lalu apakah perbedaan dari zakat maal dan fitrah?

Zakat Maal (Harta)

Zakat maal merupakan salah satu dari dua macam wajib zakat yang harus ditunaikan. Cara untuk membayar zakat maal dengan memberikan 2,5% dari harta yang kita miliki.

Adapun beberapa harta yang termasuk, diantaranya seperti uang, rumah, mobil, hasil pertanian, emas, perak, hasil ternak, hasil berniaga, harta perusahaan, hasil tambang dan laut.

Namun zakat maal ini hanya wajib dilakukan jika seseorang mempunyai syarat-syarat seperti berikut ini:

Mencapai Nisab
Nisab adalah jumlah minimum total harta yang sudah wajib dibayarkan untuk berzakat.
Salah satunya jika sahabat muslim mempunyai tabungan emas yang sudah mencapai 20 dinar (85gr emas murni). Harta berupa emas dengan jumlah 20 dinar ini merupakan syarat minimum dari nisab dan sudah wajib sahabat muslim bayarkan zakat maal nya.

Kepemilikan Harta yang Mutlak
Harta yang dimaksud adalah harta yang sudah mutlak atau pasti kita miliki dan memungkinkan untuk dapat menggunakannya dengan utuh. Harta ini bisa didapat dari hasil pekerjaan yang halal atau dari warisan dan sudah mempunyai syarat wajib untuk membayar zakat.

Kepemilikan Harta Satu Tahun Penuh
Harta yang dimaksud adalah harta yang didapatkan atau disimpan selama 1 tahun (perhitungan tahun hirjirah). Misalkan jika sahabat muslim sudah bekerja diperusahaan tertentu selama 1 tahun dan mempunyai gaji yang cukup.

Maka sahabat muslim dapat menyisihkan gajinya setiap bulan untuk membayar zakat maal atau dapat juga dengan cara menghitung total gaji selama 12 bulan lalu dibagi 2,5%.

Selain itu ada juga kategori harta yang wajib dibayarkan ketika mempunyai masa satu tahun, seperti hasil ternak, emas dan lain sebagainya.

Terbebas Dari Hutang
Seseorang yang mempunyai hutang tidak diwajibkan karena dianggap sebagai orang yang kurang untuk mencukupi kebutuhannya. Orang tersebut harus menyelesaikan seluruh hutang-hutangnya supaya dapat membantu saudara muslim lainnya dengan membayar zakat.

Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah salah satu dari dua jenis zakat yang wajib untuk ditunaikan setiap kaum muslim. Selain itu zakat fitrah juga dapat bermanfaat untuk membersihkan harta dan melengkapi ibadah kita di bulan suci Ramadhan.

Lalu bagaimana cara membayar zakat fitrah?

Pertama, sahabat muslim harus membayar zakat fitrah sebelum dilaksanakannya shalat Idul Fitri. Adapun yang berpendapat bahwa zakat fitrah wajib dibayarkan setelah matahari terbenam disaat akhir bulan Ramadhan (Takbiran). Namun, jika zakat fitrah baru dibayarkan setelah melewati waktu tersebut maka hukumnya menjadi haram.

Kedua, jumlah yang harus dibayarkan harus disesuaikan dengan makanan pokok kita sehari-hari. Karena kita berada dinegara Indonesia, maka mayoritas makanan pokok masyarakatnya adalah beras.
Zakat fitrah bersifat individu, jadi jika sahabat muslim mempunyai anak bahkan yang masih balita maka zakat fitrah tersebut menjadi tanggungan saudara. Lalu untuk perhitungannya baik balita maupun dewasa wajib membayar zakat fitrah sebanyak 3,5 liter beras.

Jika sahabat muslim tidak ingin membayar dengan beras namun dengan uang, maka dapat menunaikannya dengan memberikan uang sesuai dengan harga 3,5 liter beras tersebut.

“Tulisan ini diikut sertakan dalam Lomba Blog Menebar Kebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”

IG POST POSTER MENEBAR KEBAIKAN
Sumber: Dompetdhuafa.org

Akhir Kata

Nah demikianlah pembahasan mengenai membayar zakat untuk kebaikan berbagi sesama muslim. Selain itu pada penjelasan diatas kita juga mempelajari pengertian zakat, manfaat zakat, macam-macam zakat secara lengkap.

Jika sahabat muslim ingin bertanya maka dapat berkomentar dibawah ini, atau ingin membayar zakat dapat menghubungi website Dompetdhuafa.org. Semoga apa yang sudah dibahas ini menjadi manfaat untuk kita semua. Terimakasih.


Muhammad Gusti Apriansyah Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.
Tampilkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel