Pengenalan Bahasa Pemrograman C# dan Sejarahnya




Bahasa Pemrograman C#

Bahasa Pemrograman C# -- Seorang programmer diharuskan mengenal berbagai macam bahasa pemrograman. Tujuannya supaya programmer dapat lebih mudah memahami konsep yang berbeda-beda dari setiap jenis bahasa pemrograman.

Umumnya bahasa pemrograman terbagi menjadi dua jenis, yaitu Struktur dan OOP (Object Oriented Programming). Pada jenis OOP, bahasa pemrograman C# sangat populer dan masih banyak digunakan hingga saat ini.

Kira-kira kenapa ya bahasa pemrograman C# sangat populer? Selain itu, gimana si sejarahnya dari bahasa pemrograman C#? Kalau penasaran, mari kita simak pembahasannya secara lengkap.






Bahasa Pemrograman C#

Logo C#
Photo by wikipedia.org


C# adalah salah satu bahasa pemrograman OOP (Object Oriented Programming) yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Microsoft merancang bahasa pemrograman C# sebagai komponen dari inisiatif kerangka .NET Framework.

Bahasa pemrograman C# dibuat dan dikembangkan dari bahasa pemrograman C++ yang dilengkapi fitur dan aspek-aspek didalamnya.

Pembuatan C# juga terinspirasi dari bahasa pemrograman Java, Visual Basic, Delphi dan lain sebagainya dengan adanya penyerdehanaan.



Sejarah Bahasa Pemrograman C#

Microsoft .Net Framework
Photo by hopetutors.com
Pada tahun 1990-an, Microsoft membuat bahasa pemrograman Micorsoft Visual J++ yang merupakan percobaan untuk menjalankan Java di sistem operasi Windows.

Tujuan dibuatnya Microsoft Visual J++ ialah untuk mengembangkan interface dari MCOM (Microsoft Componen Object Model).

Namun Microsoft mendapatkan masalah hak cipta dari pemilik bahasa pemrograman Java dan menghentikan pengembangan Visual J++.

Setelah itu Microsoft berinisiatif menggantinya dari compiler dan virtual machine sendiri dengan menggunakan bahasa program bersifat general purpose.

Microsoft menggandeng Anders Helsberg untuk menangani proyek baru ini. Anders Helsberg adalah seorang mantan karyawan dari Borland yang mengembangkan Turbo Pascal dan Borlan Delphi. Anders Helsberg juga diketahui menjadi seorang desainer Windows Foundation Classes.

Tidak berselang lama, pada Juli 2000 akhirnya bahasa pemrograman C# tercipta sebagai jenis dari OOP. Selain itu bahasa pemrograman C# menjadi bahasa utama dalam pengembangan platform Microsoft .NET Framework.


Tujuan Desain Bahasa Pemrograman C#

Standar bahasa pemrograman C# diterima oleh ECMA (European Computer Manufacturers Association) pada bulan Desember 2001.

Pada bulan Desember 2002, ECMA mengambil standar kedua dari bahasa pemrograman C# dan kemudian diterima oleh ISO (Organization for Standardization).

Adapun tujuan desain bahasa pemrograman C# yang didaftarkan ECMA, yaitu:

  • Bahasa pemrograman C# difokuskan untuk digunakan didalam pengembangan komponen software yang dapat mengambil profit dari lingkungan terdistribusi.
  • Bahasa C# diciptakan sebagai bahasa yang bersifat general purpose, berorientasi objek (OOP), sederhana dan modern.
  • Dukungan multi language sangat penting pada bahasa pemrograman C#.
  • Portabilitas programmer sangat penting terutama yang memfokuskan pada bahasa pemrograman C dan C++.
  • Bahasa pemrograman C# bertujuan untuk menulis program aplikasi hosted system ataupun embedded system.
  • Bahasa pemrograman C# juga bertujuan untuk menulis program di software yang sangat besar dan menggunakan operation system canggih maupun software yang sangat kecil dan memiliki fungsi dedikasi.
  • Meskipun software dari C# bersifat ekonomis dalam hal kebutuhan memori komputer dan pemrosesan, bahasa ini tidak dibuat untuk bersaing dari software yang diciptakan dari bahasa C ataupun rakitan.
  • Bahasa pemrograman C# mempunyai type checking yang akurat seperti pengecekan array, pendeteksian percobaan terhadap penggunaan variable yang belum diketahui nilainya, adanya garbage collection secara otomatis dan portabilitas source code.

Kelebihan Bahasa Pemrograman C#

Setiap bahasa pemrograman pastinya mempunyai kelebihannya masing-masing, sama halnya pada C#.

Lalu apa saja kelebihan bahasa pemrograman C#?
  • Powerfull
C# merupakan bahasa yang dikembangkan dari bahasa  C++, sehingga mempunyai perintah yang lengkap. Selain itu perintah-perintah pada C# juga sangat mudah dipahami.
  • Flexible
Bahasa pemrograman C# dapat dieksekusi pada platform tersendiri maupun ditransmisikan pada web browser.
  • Easier To Use
Selain perintah-perintah C# sangat mudah dipahami, bahasa pemrograman ini juga dapat digunakan dengan mudah bahkan oleh pemula sekalipun. Jika ada error saat menulis program, maka C# akan mempermudah penggunanya dengan memberitahu letak kesalahannya.



Akhir Kata

Nah gimana, sangat lengkap ya pembahasan dari pengenalan bahasa pemrograman C#. Selain itu kita juga telah membahas sejarah bahasa pemrograman C#, Tujuan desainnya dan kelebihan  C#.

Cukup sekian pembahasan yang Mangtoypedia telah sampaikan, semoga informasi ini dapat menjadi wawasan yang bermanfaat. Terimakasih.
Muhammad Gusti Apriansyah Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.
Tampilkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel