Pengertian dan Cara Install QBasic




Mempunyai impian sebagai programmer atau seorang yang membuat berbagai program adalah hal yang wajar sekarang ini. Kita bisa menggunakan Bahasa pemrograman tingkat tinggi untuk belajar seperti QBasic. Mari kita bahas pengertian dan cara install QBasic.

Pada zaman sekarang ini banyak sekali program desktop maupun website yang tercipta oleh programmer. Majunya perkembangan teknologi sehingga munculnya Bahasa pemrograman High Level memudahkan para programmer dalam membuat dan mengembangkan program.

QBasic adalah salah satu Bahasa pemrograman High Level dan cocok kita gunakan untuk memulai pembelajaran menjadi programmer handal. Untuk memperdalam pengetahuan kita, mari kita bahas pengertian QBasic.


Pengertian QBasic

QBasic adalah Bahasa pemrograman High Level yang sangat cocok digunakan pemula yang ingin menjadi programmer. QBasic merupakan salah satu versi dari bahasa Basic (Beginner’s All-Purpose Symbolic Instruction Code).

QBasic diciptakan oleh perusahaan Microsoft Corporation dan pertama kali disediakan untuk sistem operasi DOS. Bahasa pemrograman QBasic mempunyai syntax yang sederhana, sehingga mudah dipahami dan bisa mengasah logika kita untuk menjadi programmer.

Cara Install QBasic

Setelah kita memahami pengertian dari bahasa pemrograman QBasic lebih baik langsung kita coba saja. Karena QBasic diciptakan untuk sistem operasi DOS, maka Pertama kita harus mendownload Dosbox dan QBasic terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara install QBasic :

Langkah pertama sebelum menginstall QBasic ialah memasang dahulu DOSBox yang telah kita download tadi dengan cara :


1. Buka file DOSBox yang telah didownload. Jika benar maka akan muncul tampilan seperti berikut ini dan kita klik next.


2. Jika kita klik next maka akan muncul tampilan seperti berikut ini. Pada menu ini, kita akan memilih komponen apa saja yang ingin diinstall. Kita centang keduanya dan klik next.


3. Setelah diklik maka akan muncul tampilan untuk kita memilih lokasi penginstallan dari DOSBox. Jika di Local Disk C maka kita klik install saja.


4. Maka akan menuju ke proses penginstallan DOSBox. Dan jika sudah selesai kita bisa pilih close.



Setelah berhasil menginstall DOSBox pada komputer kita, maka selanjutnya kita menjalankan QBasic didalamnya. 

Kita dapat menggunakan fungsi mount untuk membuka dan menjalankan bahasa pemrograman QBasic. Untuk lebih jelasnya kita simak berikut ini :

1. Langkah pertama ialah mengekstrak QBasic yang telah kita download sebelumnya dan menjalankan basic2dos.exe. Maka akan muncul tampilan seperti berikut ini.


Pada kolom Path to DOSBox Executable kita klik button titik tiga dan pilih folder DOSBox yang telah diinstall sebelumnya. Pada Path to BASIC Destination Folder kita klik button titik tiga dan pilih mau diletakkan dimana filenya tersebut.

2. Langkah selanjutnya ialah membuka Dosbox sehingga muncul tampilan seperti berikut.



3. Selanjutnya kita script “mount c c:\qb45” maka akan dibalas dengan pesan “Drive C is mounted as local directory c:\qb45\. Kita ketik c: dan QB.exe untuk memanggil atau menjalankan bahasa pemrograman tersebut.



4. Setelah berhasil maka akan muncul tampilan seperti berikut ini.


Sekarang kita dapat memulai membuat program sederhana dengan menggunakan bahasa pemrograman QBasic yang berhasil kita install. Untuk membuat program baru kita bisa klik File dan pilih New Program.

Pada tutorial ini, saya menggunakan Windows 10 64bit. QBasic juga support untuk windows 7 dan 8 cara penginstallannya pun sama. QBasic ini sangat ringan untuk dijalankan, jadi tidak perlu khawatir akan kurangnya memori komputer kita.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian dan cara install QBasic. Dengan demikian kita dapat lebih memahami arti dari QBasic dan proses penginstallannya. Semoga informasi yang telah disajikan bermanfaat dan mudah diterapkan oleh kita semua.




Muhammad Gusti Apriansyah Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.
Tampilkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel