Teknologi Sistem Cerdas pada "Virtual Reality"

                                       
     Teknologi semakin berkembang sangat pesat. Adanya teknologi yang semakin maju tentunya sangat baik untuk mempermudah pekerjaan manusia. Pengembangan teknologi yang sangat tren ialah Artificial Intelegence atau biasa disebut AI. AI adalah kecerdasan yang diciptakan oleh manusia dan dimasukkan ke mesin(komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan manusia.

     Salah satu hasil dari perkembangan AI ialah Virtual Reality, Virtual Reality adalah hasil visualisasi suatu kejadian yang digambarkan ke dalam bentuk 3 dimensi. Didalam Virtual Reality pengguna bisa merasakan visualilasi dengan memanfaatkan indra penglihatan dan audio dengan indra pendengaran. tentunya dengan bantuan AI maka pengguna bisa me-Realisasikan seakan sedang mengalami kejadian sebenarnya. Saat ini Virtual Reality sangat tren di dalam dunia Games , Medis maupun kemiliteran.

     Untuk memasuki dunia di Virtual Reality, pengguna harus menggunakan sarung tangan khusus , earphone , dan kacamata khusus yang terhubung dengan komputer dan sistem yang ada di dalamnya. 
hal tersebut untuk membuat komputer dapat merasakan sensor yang akan kita kirimkan dari gerak tubuh kita.

     Peranti yang ada di Virtual Reality :
  •      Headset
                Fungsi dari Headset ini sebagai peranti Input dan Output sebagai alat untuk                                        mendapatkan sensor dari kepala. dan dari Headset ini pengguna dapat melihat sebuah                           pandangan seolah sedang melihat dunia nyata.

  •      Glove


                    Glove berfungsi untuk menangkap sensor gerakan tangan atau mengirim informasi                             gerakan tangan ke sistem Virtual Reality


  •    Walker
                      Walker sebagai penangkap gerakan kaki. Pemakai Virtual Reality seakan sedang                                   berjalan didunia nyata.

Elemen-Elemen yang ada pada Virtual Reality :

  • Virtual World konten yang terdapat dalam medium yang diberikan. konten ini dapat berupa script.
  • Immersion, sensasi pengguna serasa seperti dilingkungan nyata.
  • InterActivity,Virtual Word merespon aksi Pengguna.
  • Sensory Feedbacck, informasi mengenai Virtual World ditampilkan di indra pengguna. seperti Visual,Audio maupun sentuhan.
Kesimpulan



Sumber :
https://www.richardvanhooijdonk.com
https://www.amazon.com
https://moviepower.en.made-in-china.com
https://idzamdewandaru.wordpress.com



               


Muhammad Gusti Apriansyah Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.
Tampilkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel