Standar Manajamen Pelayanan Tokopedia


STANDAR NATIONAL MANAJEMEN PELAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERUSAHAAN TOKOPEDIA


Latar Belakang

            Tokopedia ialah perusahaan Jual-Beli online yang dibuat oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Tokopedia memungkinkan setiap individu,Toko Kecil,dan Brand/Merk dagang untuk membuka & meng elola toko daring. Tokopedia kini menjadi perusahaan Jual-Beli online pertama asal asia tenggara yang berhasil mendapatkan kepercayaan pendanaan sebesar 100juta dollar dari Softbank dan sequoia capital. Pengembangan sebuah perusahaan tentunya tidak terlepas dari adanya 5 domain utama system informasi, yaitu :

1. Service Strategy
Dalam sebuah perusahaan/organisasi pastinya harus memiliki sebuah strategi pelayanan yang baik. Strategi ini berisi bagaimana cara dan mekanisme yang dianut serta perlu dilakukan oleh para pengembang / orang orang penting yang ada didalam perusahaan untuk mencapai pelayanan yang optimal. Pada Tokopedia, service strategy yang terlihat ialah pelayanan yang dihandle dengan sangat baik dari Customer Service(CS) Tokopedia tersebut. Bahkan pengguna Tokopedia bisa saling berinteraksi langsung ke sesame penggunanya yang bertujuan untuk mempermudah proses jual beli nya. 

2. Service Design
            Service Design sangatlah penting bagi sebuah perusahaan. Selain untuk menarik minat untuk menggunakan aplikasi perusahaan adanya service design yang baik juga akan mempermudah para pengguna aplikasi untuk menjalankannya. Pada Tokopedia ini mereka merancang dan mendesign sebuah Aplikasi untuk mobile dan Web untuk PC dan bisa juga via mobile untuk melakukan proses jual beli. Tokopedia sangat memperhatikan design bukan hanya tampilan Aplikasi nya tampilan Aplikasi nya saja yang menarik namun juga mempermudah para penggunanya memahami fitur fitur yang tersedia dari aplikasi itu sendiri bahkan untuk orang awam sekalipun. Dimana pada saat proses mencari barang yang kita inginkan , pembayaran , sampai tranksaksi terkahir dijalani sangat mudah untuk dipahami.

3. Service Transition
          Menggambarkan bagaimana organisasi bertransformasi menuju pelayanan yang lebih baik lagi. Tahapan ini harus dikawal dengan sangat baik agar efektif. Di Tokopedia ada sebuah fitur yang bernama “Saldo Tokopedia”, sekarang ini saldo bisa di Top Up melalui bank / minimarket yang berkerja sama. Jadi dengan adanya saldo tokopedia ini penggunaan akan di permudah dalam proses pembayaran. Tidak perlu lagi ke bank,buka mbanking atau transfer, cukup dengan pilih gunakan saldo Tokopedia media masa otomatis pesanan kita telah dibayarkan sangat menghemat waktu.

4. Service Operation
          Mendeskripsikan secara detail dan jelas mengenai inti dari rangkaian proses manajemen yaitu pengelolaan pelayanan itu sendiri, pada Tokopedia sendiri mempunyai fitur anti penipuan, markanya penipuan belanja online tentunya sanga meresahkan para pembeli yg biasa membeli secara online, namun fitur yang ada pada tokopedia ini sudah pasti aman, karena pada saat pihak pembeli melakukan pembayaran nantinya akan masuk ke rekening tokopedia terlebih dahulu, begitu proses nya selesai maka nantinya penjual akan diminta untuk mengirimkan barang yang telah dipesan pembeli, jika sudah maka input nomor resinya sebagai bukti. Jika barang yang dipesan sudah sampai ketangan pembeli maka pembayaran pembeli itu akan masuk ke rekening si penjual. Jika belum sampai maka dana tidak bisa dicairkan.

5. Continual Service Improvement

          Perlunya perbaikan pelayanan secara teruss menerus harus sangatlah diperhatikan. Tokopedia pun terus meningkatkan servicenya. Banyak perubahan fitur dan kebijakan pada tokopedia sekarang dibandingan saat Tokopedia baru di rilis. Fitur fitur yang terdapat ditokopedia sangatlah mudah dipahami, kita bisa mencari produk yang kita inginkan dengan mudah dan bisa menggunakan bantuan Katalog/Hot List. Yang sangat menarik ialah fitur Gold Merchant yang ada ditokopedia,Gold Merchant itumerupakan fitur berbayar yang bisa memberikan kemudahan untuk penjual mengelola toko. Fasilitas yang ada di Gold Merchant yaitu: Perhitungan Kurs Dollar. Penambahan admin untuk mengelola toko. Informasi toko fisik pada katalog, dan masih banyak lagi.

Source

  • https://en.wikipedia.org/wiki/Tokopedia
  • https://www.tokopedia.com/terms.pl
  • https://masamalas.com/tugas-apsi-1-analisis-sistem-informasi-pada-tokopedia/
Muhammad Gusti Apriansyah Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.
Tampilkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel