Manusia Dan Kebudayaan

Manusia Dan Kebudayaan



Sebagai masyarakat Indonesia kita pasti sering mengenal kata kebudayaan yang pastinya tiap daerah atau suku mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda. Sebelum saya membahas lebih jauh mari kita bahas dulu arti dari  “Kebudayaan”, Budaya dalam Bahasa belanda Cultuur / dalam Bahasa inggrisCulture yang berarti mengolah, mengerjakan, menyuburkan atau mengembangkan. Dari segi arti ini berkembang lah arti sebgai “segala daya dan aktivitas manusia untuk mengolah dan mengubah alam”.  Ada juga yang berpendapat bahwa kata budaya adalah perkembangan Antara kata budi dan daya. Maka dari itu dibedakan lah arti budaya dan kebudayaan.
Selain itu terdapat tiga wujud kebudayaan,  yaitu :

1.      Wujud Fisik, ialah yang merupakan seluruh total hasil dari aktifitas perbuatan dan karya manusia dalam masyrakat.
2.      Wujud berupa gagasan / fikiran , ide-ide , norma-norma ,  peraturan dan sebagainya. Dan mempunyai ideology yang berada dalam pikiran masing-masing daerah / anggota masyarakat
3.      Wujud sebagai suatu aktifitas kelakuan berpola manusia dalam bermasyarakat atau adat mereka , bagaimana mereka saling berinteraksi. Atau biasa disebut system social yang bersifat konkret atau nyata.
Dengan adanya kebudayaan maka kita juga akan mengenal adat istiadat di tiap tiap daerah.

1. FungsiAdanyaKebudayaanBagiManusia
          Kebudayaan mempunyai fungsi yang sangat besar bagi manusia dan masyarakat. Manusia memiliki kebutuhan yang harus di penuhi dalam menjalani kehidupannya. Kebutuhan tersebut sebagian besar dipenuhi oleh kebudayaan yang bersumber pada masyarakat itu sendiri. Fungsi kebudayaan adalah untuk mengatur manusia agar dapat mengerti bagaimana seharusnya bertindak atau bersikap untuk menentukan sikap untuk menjalani hidupnya. Berikut adalah fungsi-fungsi kebudayaan bagi manusia :
·         Suatu hubungan pedoman antar manusia atau kelompok
·         Wadah untuk menyatukan perasaan dan di kehidupan lainnya
·         Pembeda antar manusia dan binatang
·         Pembeda antar daerah yang mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda
·         Pembimbing kehidupan manusia

Kebudayaan mengatur supaya manusia dapat mengerti bagaimana cara berhubungan dengan orang lain atau dalam bertindak untuk dirinya sendiri. Setiap orang pastinya mempunyai suatu kebiasaan. Kebiasaan merupakan suatu prilaku pribadi yang berarti kebiasaan  orang itu berbeda-beda dan kita harus bias menyesuaikan nya.

2. Hubungan Manusia Dengan Kebudayaan
Hubungan manusia dengan kebudayaan sangatlah penting ,  karena manusia yang tidak berbudaya bias dikatakan manusia itu kurang tatakrama. Manusia juga diberi akal budi yang mampu membeda kan suatu hal baik atau buruk nya. Akal juga adalah kemampuan manusia untuk berfikir sebagai kodratnya. Dengan adanya akal dan budi inilah manusia mampu menciptakan berbagai hal :
  • Kreasi
  • Seni
  • Memperbaiki
  • Memperlakukan
  • Mengembangkan
  • Membuat Hal Baru


Kalau di tinjau dari sudut antropologis manusia dapat di klarifikasi dari dua jenis :
  •     Manusia sebagai mahluk biologi
           Manusia sebgai makhluk biologi artinya manusia suka mempelajari ilmu biologi dan anatomi.

  •     Manusia sebagai makhluk social budaya
           Manusia yang mempelajari sudut pandang antropologi budaya. Antropologi budaya sendiri                    mengenai seluruh cara hidup manusia, bagaimana manusia menggunakan akal budi nya                        untuk mengubah atau merespon suatu lingungan nya


Jadi sangat lah penting kebudayaan bagi hidup manusia jika kita tidak mempunyai budaya sama saja kurang tatakrama dan kurang nya etika, dengan ini sulit lah kita untuk berhubungan dengan orang lain dan tidak berkembang nya kehidupan kita. 
Muhammad Gusti Apriansyah Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.
Tampilkan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel