Postingan

Review Jurusan Geologi

Review Jurusan Geologi






                Hay Sobat Blogger kembali lagi dengan mang gusti panggil aja MangToy, kali ini saya akan membahas tentang Jurusan Teknik Geologi. Untuk peminatnya memang belum sebanyak Jurusan Teknik Perminyakan/Pertambangan tapu Jurusan ini sangat FLEKSIBEL, kalian dapat mempelajari keduanya pada Jurusan ini yaa tentu saja JURUSAN TEKNIK GEOLOGI

Geologi itu apa si ?

                Tak kenal maka tak sayang, itu pribahasa orang dulu hehe *lanjut mang*, Geologi merupakan ilmu/seni untuk mempelajari bumi, meliputii proses yang terjadi pada bumi/sejarah pada bumi itu sendiri. Pada penjelasan diatas dijelaskan bahwa geologi merupakan jurusan yang Fleksibel. Pada jurusan ini kita dapat mempelajari segala bidang keilmuan ke bumian,meliputi dunia Perminyakan(Migas),Pertambangan,Geotermal,Mitigasi Bencana,dll. Hal ini dikarenakan ilmu keilmuan yang kompleks (mempelajari segala macam yang terjadi dan yang ada di bumi)

Apa aja si yang di Pelajari anak TEKNIK GEOLOGI ?

                Yang dipelajari dijurusan ini kita akan lebiih banyak kegiatan dilapangan (FieldTrip,Ekskursi,Kuliah Lapangan,dll) karena dalam dunia kerja nantinya, seorang ahli geologi merupakan seorang ahli Eksplorasi, yang akan selalu turun kelapangan.

Prospek JURUSAN TEKNIK GEOLOGI ?

                Untuk ke depan nya Jurusan ini masih sangat menjanjikan, Seorang ahli Geologi masih sangat dibutuhkan dalam dunia eksplorasi. Contoh, saat ini lapangan Migas Indonesia masih banyak yang belum ter eksplorasi. Indonesia masih banyak memanfaatkan sumur migas tua yang cadangan migasna sudah berkurang / bahkan sudah mau habis, oleh karena itu diperlukan banyak eksplorasi (Tugas utama seorang ahli Geologi) dalam mencari sumur sumur migas yang baru.

Kampus-Kampus yang terdapat Jurusan Teknik Geologi
                Jika kalian berminat pada jurusan Teknik Geologi ini, kalian dapat mendaftarkan di PTN/PTS yang menyelanggarakan pendidikan Jurusan Geologi ini. Berikut beberapa PTN/PTS tersebut :
1. Institut Teknologi Bandung (ITB) / Fakultas Ilmu Teknologi Kebumian (FITB)
2. Universitas Gadjah Muda (UGM)
3. Universitas Pembangunan Nasional (UPN)
4. Universitas Padjajaran (UNPAD)
5. Universitas Diponegoro (UNDIP)
6. Universitas Jendral Soedirman (UNSOED)
7. Universitas Sriwijaya (UNSRI)
8. Universitas Hassanudin (UNHAS)
9. Universitas Trisakti
10. STTNAS Yogyakarta

Ya itulah sedikit ulasan tentang JURUSAN TEKNIK GEOLOGI, semoga bermanfaat, dan ingat masih banyak ahli ahli Geologi yang dibutuhkan dalam kegiatan Eksplorasi di Negeri Tercinta kita ini !
!
Jika sobat bersungguh sungguh maka Niatkan lah,Tawakal lah dan terus berusaha agar mendapatkan jalan yang terbaik untuk hidup sobat J


Terimakasih telah mampir di blog sederhana ini Sukses Indonesia ……
Seorang pria introvert yang suka banget ilmu teknologi dan senang menggali informasi.

Posting Komentar